Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Ini Dia Perbedaan Mobile Marketing dan Digital Marketing

Ini-Dia-Perbedaan-Mobile-Marketing-dan-Digital-Marketing

Strategi marketing dari hari ke hari selalu mengalami perkembangan. Dahulu media pemasaran bergantung pada iklan yang ditampilkan di TV, radio, koran yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Seiring perkembangannya, media pemasaran beradaptasi dengan teknologi yang ada. Beberapa diantaranya dengan hadirnya mobile marketing dan digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan segala bentuk aktivitas promosi bisnis yang menggunakan internet atau channel digital sebagai medianya. Dengan kata lain digital marketing menjadi upaya pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik yang berbasis internet dengan menggunakan berbagai strategi dan media digital. Melalui media digital inilah, Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Digital marketing memiliki banyak area yang disusun berdasarkan strategi, tools, taktik dan lain sebagainya.

Dibanding pemasaran tradisional, digital marketing menawarkan channel promosi yang lebih efektif dan efisien karena tingkat keberhasilannya yang dapat dianalisis dan diukur dengan jelas. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena sifatnya yang tidak terbatas dengan letak geografis. Selain itu, keuntungan lain ketika Anda memasarkan bisnis melalui digital marketing, Anda dapat menentukan sasaran customer yang akan Anda targetkan, misalnya dari segi lokasi, usia, profesi, dan lain sebagainya.

Beberapa channel digital marketing, antara lain:

  • Search engine. Strategi ini merupakan upaya untuk mengoptimasi website, baik secara organik atau search engine optimization (SEO), maupun berbayar atau search engine marketing (SEM) untuk mendatangkan traffic dan mendapatkan ranking di halaman pertama pencarian Google.
  • Social media. Dengan berbagai platform media sosial yang popular seperti Instagram, Tiktok, Facebook dan yang lainya, Anda bisa memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan banyak calon konsumen, bahkan dapat melakukan promosi produk atau bisnis Anda.
  • Content marketing. Anda dapat membuat konten yang memuat informasi berguna kepada orang-orang dengan menggunakan keyword yang spesifik.
  • Email marketing. Email bisa dibilang sebagai salah satu channel digital marketing yang paling lama. Meskipun begitu, email masih efektif untuk menjangkau calon konsumen atau menjaga konsumen loyal, terutama untuk bisnis yang bersifat B2B.
  • Dan channel lainnya.

Apa Itu Mobile Marketing?

Mobile marketing adalah salah satu strategi digital marketing multi-channel yang ditujukan untuk menjangkau audiens yang menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan perangkat mobile lainnya. Mobile marketing hadir untuk mengikuti perkembangan kebutuhan dan perilaku konsumen yang saat ini lebih banyak beraktivitas dan mengakses internet menggunakan perangkat mobile. Setidaknya, per 2021 pengguna internet yang mengakses melalui mobile 4,32 miliar, atau sekitar 92,6% dari total pengguna internet di seluruh dunia. Dengan banyaknya pengguna internet di mobile, potensi bisnis Anda untuk dikenal lewat mobile marketing juga akan semakin luas.

Mobile marketing menjadi salah satu bagian penting dari marketing yang dalam hal ini membangun rencana pemasaran jangka pendek maupun jangka panjang. Mobile marketing  memiliki banyak pendekatan, tetapi menyesuaikannya secara khusus untuk mereka yang menggunakan perangkat seluler untuk melakukan pencarian, mengunjungi platform media sosial, web dan lain sebagainya.

perbedaan mobile marketing dan digital marketing

Beberapa channel mobile marketing antara lain:

  • App-based marketing. Jenis mobile marketing yang paling umum dijumpai adalah app-based marketing atau pemasaran berbasis aplikasi yang mengacu pada sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk pemasaran pada berbagai perangkat seluler. Tujuannya untuk menarik sebanyak mungkin orang menggunakan aplikasi tersebut.
  • In-games marketing. Ada berbagai macam bentuk iklan dalam in-games marketing seperti spanduk iklan (banner pop-ups), iklan dengan gambar penuh (full-image ads), atau bahkan iklan dalam bentuk video (video ads)
  • SMS/MMS. Ini menjadi konsep awal mobile marketing dan masih banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis bisnis hingga saat ini. Keuntungannya, adalah SMS dapat menjangkau seluruh jenis ponsel.
  • Quick Response Code (QR code). Kode QR (Quick Responses) merupakan  kode batang yang dapat dibaca oleh smartphone dengan kamera. Cara kerjanya adalah pengguna akan diarahkan ke suatu website ketika mereka mengambil gambar kode QR-nya.
  • Location Based-Advertising. Atau pemasaran berbasis lokasi merupakan strategi pemasaran langsung yang penyebarannya dilakukan dengan menargetkan lokasi tertentu dengan memanfaatkan fitur GPS yang ada di ponsel.
  • Dan lain sebagainya

Baca juga: Ini Dia Contoh Mobile Marketing di Indonesia

Perbedaan Mobile Marketing dan Digital Marketing

Banyak orang yang berpikir jika mobile marketing merupakan sub bagian lain dari digital marketing. Namun sebenarnya ini adalah cara lain untuk melakukan pendekatan strategi marketing. Ketika digital marketing muncul, orang-orang mendesain sebuah marketing dari kacamata pengguna perangkat desktop. Bahkan orang-orang yang membuat website dan merancang campaign marketing semuanya menggunakan komputer bukan? Jadi masuk akal untuk memikirkan bagaimana campaign marketing ini akan muncul di komputer desktop atau laptop. 

Namun kemudian kita menyadari jika tidak semua orang mengakses sesuatu menggunakan desktop. Terlebih saat ini, sebagian besar pengguna mengaksesnya menggunakan perangkat seluler. Dari sinilah mobile marketing hadir melalui pendekatan yang berbeda untuk semua channel digital marketing. Maka muncullah pertanyaan bagaimana cara mengoptimasi perangkat seluler. 

Cara Menerapkan Mobile Marketing

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain, menerapkan situs web yang responsin, sesuaikan CTA untuk perangkat seluler, kembangkan aplikasi yang dibutuhkan konsumen dan sebagainya.

Jika bisnis Anda memerlukan bantuan strategi mobile marketing, Aptana siap membantu. Dengan bantuan fitur analytics & measurement, promosi yang dijalankan pada mobile marketing Aptana sangat komprehensif dan terukur. Yuk, konsultasi gratis sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda