Memasarkan sebuah bisnis menjadi salah satu faktor untuk mencapai goal perusahaan. Dengan melakukan pemasaran, bisnis Anda akan dikenal luas sehingga akan mendatangkan konsumen potensial lebih banyak lagi. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan sesuai dengan market, target konsumen hingga budget yang Anda miliki. Salah satunya adalah SMS Blast.
Meski saat ini sudah banyak yang beralih ke digital, namun tak sedikit juga yang masih menggunakan SMS Blast sebagai strategi marketing. Lalu apakah menggunakan SMS Blast masih efektif di era digital saat ini?
Kenapa SMS Blast?
Jika dibandingkan dengan media promosi lain, SMS memiliki sifat yang lebih personal karena pesan yang dikirimkan akan sesuai dengan target Anda. Hal ini membuat penerimanya akan merasa jika pesan tersebut khusus ditujukan untuk mereka. Sebuah penelitian menunjukkan jika SMS Blast yang bersifat memasarkan produk memiliki tingkat potensi dibuka oleh target konsumen hingga 98%, dan sebanyak 91% diantaranya bahkan dibuka kurang lebih 3 menit.
Penelitian lain menunjukkan jika keputusan konsumen untuk melakukan pembelian atau penggunaan jasa dipengaruhi oleh faktor empati, persuasi, impact dan komunikasi. Artinya, konsumen menyukai suatu bentuk komunikasi pemasaran yang memiliki hubungan personal dengan mereka dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Hal ini mereka bisa dapat melalui SMS Blast.
Keuntungan Menggunakan SMS Blast
Strategi marketing SMS Blast ini diklaim lebih efisien dan tepat sasaran untuk ditujukan ke konsumen secara langsung, baik perusahaan yang menerapkan B2B maupun B2C. Fakta menunjukan jika lebih dari 90% populasi di dunia saat ini menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi. Maka secara otomatis setiap orang akan memiliki fitur SMS.
Lewat SMS Blast, Anda bisa menyebarkan dengan mudah informasi ke banyak konsumen secara langsung melalui handphone mereka. Hal ini membuat promosi Anda memiliki kesempatan untuk dibuka dan dilihat lebih besar oleh konsumen Anda. Dari sisi budget, biaya SMS Blast cukup efektif dibanding strategi marketing yang lain namun dapat menjangkau ratusan hingga ribuan orang.
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat SMS Blast
- Memahami Tujuan SMS Blast
Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan SMS Blast adalah memahami tujuan dari SMS Blast itu sendiri. Anda harus melakukan riset mendalam dan komprehensif. Misalnya dengan menggunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) atau SMART (specific, measureable, achievable, relevant, time specific).
Dengan melakukan riset analisis seperti ini, Anda dapat menargetkan konsumen secara jelas agar hasil kampanye SMS Blast Anda sesuai dengan goal bisnis.
- Isi Pesan dan CTA
Selain tidak memiliki gambar, karakter pesan pada SMS juga sangat terbatas, sehingga kekuatannya terletak pada copy text isinya. Anda dituntut untuk membuat pesan informasi yang jelas, singkat dan padat.
Hindari membuat pesan teks yang kaku, berbelit-belit dan membosankan. Buatlah pesan yang unik dan menarik sesuai dengan target konsumen dan bisnis Anda.
- Sisipkan URL dan CTA
CTA (call to action) menjadi hal yang sangat penting pada SMS Blast. CTA bisa jadi penentu sukses tidaknya SMS Blast Anda. Berbeda dengan CTA pada website yang berbentuk button dan link tautan, pada SMS Blast Anda bisa menambahkan CTA melalui URL.
Karena karakter pada SMS sangat terbatas, Anda dapat mempersingkat link URL Anda menggunakan bit.ly.
- Mengintegrasikan Saluran Media
Dengan mengintegrasikan saluran media, Anda dapat memperoleh informasi tentang media lain yang konsumen gunakan.
Jika konsumen membalas pesan yang dikirimkan, Anda akan mendapatkan beberapa channel seperti akun media sosial, blog hingga email konsumen Anda.
- Mengelolan SMS Blast Bersama
Perlu diingat jika SMS Blast ini tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk mencapai hasil yang maksimal, Anda perlu berdiskusi bersama dengan tim Anda dan juga bantuan dari pihak lain yang memiliki kemampuan untuk menyusun strategi yang tepat dalam melakukan campaign pada SMS Blast.
Aptana hadir sebagai layanan jasa layanan SMS Blast untuk bisnis Anda. Konsultasi gratis di sini.