Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Mengenal SMS Blast Sebagai Salah Satu Strategi Marketing

Mengenal-SMS-Blast-Sebagai-Salah-Satu-Strategi-Marketing

Pernahkah Anda sedang berada di sekitaran restoran cepat saji kemudian tiba-tiba mendapatkan SMS promo? Karena jarak outlet dan lokasi Anda dekat, Anda kemudian tergiur dengan SMS promonya dan mengunjungi restoran cepat saji tersebut. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dari strategi marketing dengan menggunakan SMS blast.

Meski orang-orang saat ini berkomunikasi lewat Whatsapp, namun keberadaan SMS pada ponsel tidak bisa dilupakan.

Apa Itu SMS Blast?

Sesuai namanya, SMS Blast atau SMS broadcasting merupakan salah satu channel marketing yang menggunakan SMS sebagai media pemasaran. Berbeda dengan SMS biasa, pada SMS Blast ini pesan yang terlihat oleh penerima SMS bukanlah berbentuk nomor pada umumnya, melainkan sudah berbentuk nama perusahaan si pengirim SMS. Hal ini membuat perusahaan yang mengirimkan SMS lebih kredibel dan terpercaya.

Lewat SMS Blast, Anda dapat mengatur berbagai macam informasi yang akan diberikan kepada customer Anda. Misalnya informasi terkait produk terbaru Anda, hingga promo yang sedang berlangsung.

Kamu pun hanya perlu mengatur kata-kata singkat yang menarik tanpa perlu ribet memikirkan hal lainnya. SMS Blast juga bisa kamu atur sesuai dengan jadwal pengiriman yang kamu mau.Jadwal pengiriman yang telah ditentukan tersebut nantinya akan secara otomatis dikirim pada pengguna smartphone.

SMS Blast

Jenis-jenis SMS Blast

  1. SMS Gateway

SMS Gateway dapat digunakan untuk menginformasikan promo ataupun berita bulanan secara otomatis dan terjadwal kepada customer. Misalnya notifikasi tagihan bulanan, penawaran promo poin member dan yang lainnya. Melalui SMS gateway, Anda dapat mengupdate hal-hal baru kepada pelanggan sekaligus dalam satu waktu.

Perlu diingat, jika SMS Gateway ini memerlukan maintenance database dari perusahaan.

 

  1. LBA (Location-Based Advertising)

Location Based Advertising (LBA) adalah layanan promosi yang penyebarannya dilakukan dengan menargetkan lokasi promosi. Hal ini membuat calon customer Anda memiliki lebih besar ketertarikan untuk segera ke bisnis Anda untuk mendapatkan promo yang ditawarkan karena lokasinya yang dekat.

 

  1. Targeted

Lewat fitur targeted-profiling, Anda dapat menargetkan calon konsumen Anda yang lebih relevan dengan bisnis Anda. Ini menjadi metode yang tepat untuk menjangkau calon konsumen dengan profil tertentu. Anda dapat menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan calon konsumen dengan iklan yang akan diterima.

 

  1. SMS pop-up

Layanan SMS pop-up dirancang untuk membuat promosi Anda langsung terbaca dan ditanggapi oleh penerimanya. Keuntungan menggunakan layanan SMS pop-up adalah pesan yang disampaikan langsung terbaca oleh customer dan lebih terukur karena biaya yang dikeluarkan dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan customer.

 

Keuntungan Menggunakan Layanan SMS Blast Di Aptana

Penggunaan strategi SMS blast tentu jauh lebih efektif dibandingkan dengan media promo lainnya seperti brosur. Berbagai macam manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan SMS Blast di Aptana sebagai channel marketing, antara lain:

  1. Menjangkau Berbagai Macam Handphone

Baik smartphone ataupun bukan, pasti memiliki aplikasi SMS. Tidak peduli sistem operasi apa yang Anda gunakan pada handphone Anda, secara otomatis fitur SMS sudah tertanam ketika Anda membeli baru. Sehingga pesan yang Anda kirimkan dapat menjangkau calon konsumen lebih banyak.

 

  1. Prosesnya Cepat 

Karena SMS blast tidak membutuhkan banyak media, sehingga prosesnya dapat dilakukan dengan cepat. Pesan yang dikirim juga akan sampai ke customer dengan cepat. Setidaknya, waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah 3 menit. 

 

  1. Tidak Membutuhkan Biaya Besar

Berbeda dengan strategi marketing offline lainnya seperti baliho dan iklan tv yang membutuhkan budget besar, lewat SMS blast Anda bisa lebih menghemat biaya iklan. Meski biayanya murah, namun keefektifan SMS blast ini tidak perlu diragukan.

 

  1. Lebih Personal dan Langsung

SMS Blast secara otomatis akan langsung diterima melalui smartphone yang dimiliki konsumen, sehingga pesan yang diterima lebih personal.

Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan SMS Blast sebagai strategi marketing adalah, dengan melakukan riset yang komprehensif terhadap market Anda. SMS Blast juga ini juga tidak dapat dikerjakan oleh satu orang saja. Anda perlu melakukan diskusi bersama-sama sesuai dengan goals Anda. Untuk itu, Aptana hadir sebagai jasa layanan SMS Blast untuk Anda. Konsultasi gratis di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda