Loading Aptana

Mengenal Mobile Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Adanya perkembangan teknologi dari waktu ke waktu membawa banyak perubahan dari segala sektor, termasuk pada bisnis untuk bertransformasi ke dunia digital yang bersifat inovatif, berkelanjutan dan tidak berhenti pada satu titik. Salah satunya dengan membuat dan mengembangkan aplikasi mobile atau yang bisa juga disebut sebagai mobile marketing.

Ketika membangun sebuah bisnis online, sebuah tantangan akan selalu hadir. Salah satu pertanyaan yang sering muncul bagi para pebisnis adalah bagaimana mengetahui cara berinteraksi kepada calon pelanggan di berbagai platform dan perangkat? Hadirnya mobile marketing dapat mempermudah Anda menjangkau audience dan menyelesaikan masalah mereka. Hal ini tentu membuah semakin banyak hasil yang akan Anda dapatkan dalam bisnis yang Anda jalankan.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa itu mobile marketing, dan seberapa berpengaruh terhadap bisnis Anda? Mari kita ulas!

Apa yang Dimaksud dengan Mobile Marketing?

Mobile marketing merupakan salah satu strategi digital marketing multi-channel yang ditujukan untuk menjangkau audiens target di smartphone, tablet, dan/atau perangkat seluler lainnya, melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi. Dalam beberapa tahun terakhir, sadar atau tidak pelanggan mulai mengalihkan perhatian mereka ke seluler. Karena itu, pemasar melakukan hal yang sama untuk menciptakan omnichannel engagement yang sebenarnya. Ketika teknologi menjadi lebih terfragmentasi, begitu pula pemasaran. Dan untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian pembeli potensial, konten harus strategis dan sangat personal.

Mobile marketing menjadi salah satu bagian penting dari marketing yang dalam hal ini membangun rencana pemasaran jangka pendek maupun jangka panjang. Dari email, hingga pay per click (PPC), search engine optimization (SEO), content marketing, dan social media marketing.

Baca juga: Bagaimana Memulai Strategi Mobile Marketing yang Tepat?

Jenis-jenis Mobile Marketing

Setiap bisnis pasti memiliki strategi berbeda yang digunakan tergantung dari industri dan target marketnya masing-masing. Namun setidaknya ada 6 jenis-jenis strategi mobile marketing yang bisa di coba dalam mempromosikan bisnis Anda.

1. Pemasaran Berbasis Aplikasi (App-based Marketing)

Jenis mobile marketing yang paling umum dijumpai adalah app-based marketing atau pemasaran berbasis aplikasi yang mengacu pada sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk pemasaran pada berbagai perangkat seluler. Tujuannya untuk menarik sebanyak mungkin orang menggunakan aplikasi tersebut. Hal yang dibutuhkan dalam pemasaran berbasis aplikasi ini tentunya adalah aplikasi seluler itu sendiri. Namun Anda tidak perlu repot untuk membuat aplikasi untuk mempromosikan produknya karena banyak layanan yang disediakan oleh Google. Layanan tersebut bisa membantu Anda membuat iklan seluler muncul dalam aplikasi milik pihak ketiga.

2. Pemasaran Melalui SMS/MMS

Sebelum munculnya aplikasi marketing pada perangkat seluler, SMS (short message service) menjadi konsep awal mobile marketing dan masih banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis bisnis hingga saat ini. Begitu juga dengan MMS (multimedia message service). Perbedaan keduanya terletak pada fitur yang ditawarkan. Jika SMS hanya bisa mengirimkan teks, MMS bisa mengirimkan pesan berupa teks, foto, video dan audio. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan SMS/MMS sebagai strategi marketing adalah kita bisa menargetkan tujuan promosi secara personal kepada customer yang ingin dituju.

3. Pemasaran di Dalan Games (In-games Marketing)

Anda pasti pernah tiba-tiba mendapatkan pop-up  iklan ketika sedang bermain games. Hal inilah yang disebut sebagai In-games marketing atau pemasaran di dalam games. Ada berbagai macam bentuk iklan dalam in-games marketing seperti spanduk iklan (banner pop-ups), iklan dengan gambar penuh (full-image ads), atau bahkan iklan dalam bentuk video (video ads). Seiring perkembangan teknologi yang terus berkembang, games saat ini dibuat semakin canggih dan interaktif untuk para pemainnya. Semakin bagus kualitas games yang ada, semakin banyak peminatnya. Dengan banyaknya peminat games tersebut, Anda dapat memanfaatkan para pecinta games dengan menyajikan penawaran khusus untuk produk atau layanan dengan iklan dalam game.

4. Pemasaran Dengan Kode QR (Quick Response Code)


Kode QR (Quick Responses) merupakan  kode batang yang dapat dibaca oleh smartphone dengan kamera. Cara kerjanya adalah pengguna akan diarahkan ke suatu website ketika mereka mengambil gambar kode QR-nya. Strategi marketing menggunakan kode QR menjadi kesempatan yang sangat bagus karena saat ini hampir semua orang memiliki smartphone. Dengan menggunakan smartphone tersebut mereka menginginkan informasi yang lebih instan dan akurat. Keuntungan menggunakan kode QR adalah Anda bisa mempromosikan kode QR di mana saja, bisa di produk, jendela toko, surat kabar, di meja dan lain sebagainya.

5. Pemasaran Berbasis  Lokasi (Location-based Advertisin)

Sesuai namanya, location based marketing (LBA) atau pemasaran berbasis lokasi merupakan strategi pemasaran langsung yang penyebarannya dilakukan dengan menargetkan lokasi tertentu. LBA memanfaatkan fitur  GPS untuk mendistribusikan konten atau layanan berdasarkan lokasi dimana pengguna sedang berada. Lokasi calon customer dapat diketahui ketika mereka mengunduh suatu aplikasi dan menyetujui pelacakan lokasi di ponsel mereka.

6. Pemasaran Melalui Penelusuran Iklan (Search Ads)

Pernahkah Anda sedang sedang membuka Google atau website tertentu di ponsel Anda dan tiba-tiba mendapatkan iklan di website tersebut? Ketika Anda sedang mengetik keyword tertentu pada Google atau website lain yang muncul tidak hanya hasil pencarian, tapi juga sering kali muncul ekstensi tambahan seperti klik untuk panggil (click to call) atau peta (maps). Hal inilah yang disebut sebagai search ads.

Baca juga: Mobile Marketing: Tujuan dan Karakteristiknya yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Mobile Marketing untuk Bisnis Anda

Berikut beberapa manfaat untuk bisnis Anda ketika menggunakan strategi mobile marketing:

1. Terciptanya Channel Marketing Langsung

Melalui mobile marketing, customer Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi seputar produk atau promosi bisnis Anda yang sedang berlangsung. Anda dapat dengan mudah memberitahu pelanggan setia Anda mengenai penawaran menarik, kedatangan produk terbaru, dan penawaran khusus melalui SMS, aplikasi  atau yg lainnya.

2. Memperluas Pemasaran

Indonesia berada di peringkat keempat dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Di bawah Cina, India dan Amerika Serikat. Dengan banyaknya pengguna smartphone di Indonesia menjadi peluang besar untuk bisnis Anda melakukan branding secara lebih masif lagi. Lebih jauh Anda akan mendapatkan calon customer yang lebih banyak lagi.

3. Mudah dan Cepat untuk Diekseskusi

Strategi mobile marketing adalah sesuatu yang mudah dibuat dan cepat untuk dieksekusi. Contohnya ketika menggunakan SMS atau push notification. Maka pesan yang diterima oleh target audience akan lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya.

Dengan meningkatnya pengguna smartphone di dunia, khususnya di Indonesia menjadi alasan yang kuat kenapa bisnis Anda perlu menggunakan mobile marketing sebagai strategi bisnis Anda. Jika Anda masih bingung bagaimana cara kerja dari mobile marketing, Aptana hadir sebagai solusi permasalahan bisnis Anda. Konsultasi gratis sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan