Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Direct Marketing?

Kenapa-Bisnis-Anda-Membutuhkan-Direct-Marketing

Direct marketing terdiri dari setiap pemasaran yang mengandalkan komunikasi langsung atau distribusi kepada konsumen individu, bukan melalui pihak ketiga seperti media massa. telemarketing, email marketing, media sosial, dan SMS adalah beberapa sistem pengiriman yang digunakan. Disebut pemasaran langsung karena umumnya menghilangkan perantara, seperti media periklanan. Strategi marketing in dinilai sangat efektif dalam meningkatkan penjualan, karena langsung berhubungan dengan pelanggan.

Sebenarnya apa itu direct marketing? Dan bagaimana ia memberi manfaat untuk bisnis Anda? Yuk kita simak secara detail.

Apa itu Direct Marketing?

Direct marketing adalah metode promosi yang melibatkan penyajian informasi tentang perusahaan, produk, atau layanan Anda kepada pelanggan target Anda tanpa menggunakan perantara periklanan. Ini adalah bentuk pemasaran yang ditargetkan yang menyajikan informasi tentang minat potensial kepada konsumen yang telah ditentukan untuk menjadi pembeli potensial. Melalui direct marketing ini, Anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda langsung ke audiens audiens Anda dan mengukur hasilnya dengan cepat.

Jenis-jenis Direct Marketing

Ada banyak sekali jenis-jenis direct marketing yang bisa Anda lakukan untuk menjangkau konsumen Anda. beberapa diantaranya, yaitu:

1. Telemarketing

Ini adalah salah satu jenis direct marketing yang paling umum. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan telepon untuk menghubungi pelanggan, baik pelanggan baru maupun potensial pelanggan. Jenis marketing satu ini sangat berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru dalam jumlah yang besar. Selain itu, ini juga menjadi cara yang tepat untuk menindaklanjuti campaign pemasaran langsung.

Sebelum melakukan telemarketing,  Anda harus menelusuri informasi mengenai pelanggan terlebih dahulu. Siapa dia, dimana dia berada, apakah dia cocok dengan produk bisnis Anda, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

2. Email Marketing

Email marketing memungkinkan Anda menargetkan kelompok pelanggan tertentu atau bahkan individu tertentu. Anda dapat menawarkan newsletter yang berisi promo, pemberitahuan mengenai produk Anda. Anda bahkan dapat mengirimkan ucapan selamat ulang tahun khusus kepada pelanggan Anda melalui email marketing. Dengan begini, pelanggan Anda akan merasa dekat dengan bisnis Anda.

3. Direct Selling

Direct selling adalah cara menawarkan produk bisnis Anda dengan mendatangi langsung konsumen, misalnya lewat door-to-door. Strategi ini melibatkan perwakilan bisnis Anda untuk menjual produk dan layanan sekaligus secara langsung kepada pelanggan. Sehingga, orang yang melakukan direct selling ini tidak hanya memiliki kemampuan menjual, tapi juga melayani. 

4. Distribusi Katalog

Distribusi katalog adalah salah satu teknik paling awal yang terkait dengan direct selling. Untuk melayani pelanggan yang tinggal jauh dari toko fisik, produsen dan pengecer akan mendistribusikan katalog melalui surat dan memberdayakan pelanggan untuk mengirimkan pesanan melalui pos untuk barang yang ingin mereka beli. Ini berarti bahwa pelanggan pedesaan tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk membeli produk dari perantara.

5. Social Media Marketing

Social media marketing adalah salah satu platform yang efektif untuk iklan langsung, karena memfasilitasi komunikasi dua arah langsung antara pelanggan dan bisnis sambil mendorong keterlibatan dan interaksi. Anda dapat membuat konten yang relevan dengan pelanggan, agar mereka dapat membagikan konten Anda ke market yang lebih luas lagi.

6. Mobile Marketing

Mobile marketing memungkinkan Anda menjangkau konsumen kapan dan dimanapun mereka berada. Contohnya SMS. Konsumen dapat memilih untuk menerima pesan pemasaran SMS langsung dari merek pilihan mereka. Mobile marketing juga ada dalam bentuk iklan spanduk seluler, pemberitahuan push, kode QR, dan saluran langsung lainnya antara bisnis dan pelanggan.

7. Kiosk Marketing

Kios merupakan sebuah stan kecil, sementara, berdiri sendiri yang digunakan di area lalu lintas tinggi untuk tujuan pemasaran. Sebuah kios biasanya terdapat satu atau dua orang yang membantu menarik perhatian gerai untuk mendapatkan pelanggan baru. Meskipun terkesan jadul, tapi strategi marketing ini masih dianggap efektif. Anda dapat meletakkan kios di pusat perbelanjaan atau di jalan-jalan kota yang ramai

direct marketing

Manfaat Direct Marketing

1. Segmentasi dan Penargetan yang Tinggi

Anda dapat menjangkau segmen audiens tertentu dengan pesan yang dipersonalisasi. Agar berhasil, Anda harus menginvestasikan waktu untuk meneliti dan mengidentifikasi konsumen yang kemungkinan besar akan berkonversi.

2. Mengoptimalkan Anggaran

Menargetkan direct marketing online ke audiens tertentu memungkinkan Anda menetapkan tujuan yang realistis dan meningkatkan penjualan dengan anggaran yang ketat. Jika Anda mengoptimalkan kampanye pemasaran langsung dengan benar, Anda akan mencapai hasil hanya dengan sebagian kecil dari biaya periklanan tradisional.

3. Menjaga Hubungan dengan Klien Lama dan Baru

Direct marketing memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda saat ini untuk menjaga hubungan tetap hidup sambil terus memberikan produk yang bernilai. Ini juga memungkinkan Anda untuk berhubungan kembali dengan pelanggan lama dan menghasilkan peluang penjualan baru

4. Meningkatkan Strategi Loyalitas Anda

Kontak langsung dengan pelanggan memungkinkan Anda menyesuaikan promosi dan konten email dengan kebutuhan mereka. Untuk memaksimalkan hasil, Anda dapat menggabungkan metode pemasaran langsung dengan program loyalitas Anda.

5. Menciptakan peluang bisnis baru

Direct Marketing memungkinkan Anda untuk beradaptasi dengan permintaan pasar setiap saat dan merespons dengan lebih efektif.

6. Menguji dan menganalisis hasilnya

Kampanye pemasaran langsung memberi Anda kesempatan untuk mengukur hasil dan membuat keputusan secara real-time.

Elemen Penting dalam Direct Marketing

Dalam membuat direct marketing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang menjadi kerangka dasar teknik direct marketing, diantaranya:

1. Offering

Ini menjadi hal yang utama yang harus Anda perhatikan. Apa yang bisnis Anda tawarkan langsung kepada konsumen. Penawaran ini biasanya dibuat dalam bentuk proposal lengkap yang berisi produk, layanan, harga, serta hal-hal lainnya yang terdapat pada produk yang akan ditawarkan.

2. Creative

Ketika Anda menawarkan produk kepada pelanggan, Anda harus memperhatikan sisi kreatif Anda sehingga pelanggan tidak bosan dengan cara penawaran Anda. Berbagai hal kreatif yang termasuk di dalamnya antara lain platform penyalin, teknik, elemen desain grafis dan seluruh aspek manufaktur yang dibuat sekreatif mungkin.

3. Media

Elemen ini berhubungan dengan dimana Anda menawarkan produk Anda? Ada berbagai macam, media yang bisa Anda gunakan. Seperti telepon, sms, email, media sosial dan lain sebagainya.

4. Timing and Sequencing

Dalam melakukan direct marketing, Anda juga harus memperhatikan waktu dan urutan komunikasinya. Direct marketing memiliki kontrol yang lebih tinggi dari teknik marketing lainnya, seperti saat mengirimkan email, pilihan media yang digunakan, dan segmen apa saja yang dilakukan.

5. Customer Service 

Hal ini berkaitan dengan pelayanan yang dilakukan. Dalam artian, ketika Anda melakukan direct marketing, pelanggan bisa dengan mudah dan cepat dalam mengakses seluruh informasi, dan Anda harus bisa memberikan tanggapan, keluhan, ataupun saran pelanggan pada pihak perusahaan

Kelebihan dan Kelemahan Direct Marketing

Tidak seperti iklan massal yang disajikan kepada semua orang, direct marketing disajikan hanya kepada orang-orang yang diduga memiliki minat atau kebutuhan pada produk perusahaan Anda, berdasarkan informasi yang dikumpulkan tentang mereka.

Sementara dari segi goal sebagian besar pemasaran bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atau untuk mendidik pasar tentang produk atau layanan perusahaan, Sementara  tujuan direct marketing adalah membujuk audiens untuk mengambil tindakan terhadap produk Anda.

Melalui direct marketing, Anda juga dapat membuat pesan dan promosi jadi lebih personal. Ini membuat konsumen merasa bahwa pesan itu dimaksudkan hanya untuk mereka. 

Meskipun direct marketing dinilai cukup efektif, tapi ternyata strategi marketing ini juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah bersifat mengganggu. Konsumen yang terlalu sering mendapatkan telemarketing dari bisnis Anda akan merasa terganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan jadwal Anda melakukan direct marketing melalui telemarketing. 

Selain itu, banyaknya keuntungan langsung ke penjualan yang ditawarkan oleh direct marketing ini membuat banyak perusahaan juga menerapkan strategi marketing ini, sehingga tingkat kompetisinya cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat strategi direct marketing yang unik dan berbeda dari yang lain.

Kesimpulan

Direct marketing sangat berkaitan erat dengan bagaimana Anda menciptakan komunikasi langsung dengan pelanggan maupun potensial pelanggan Anda. Jika dilakukan dengan tepat, maka strategi marketing ini akan memberikan hasil penjualan yang tinggi untuk bisnis Anda. 

Meski begitu, direct marketing harus didukung dengan promosi yang relevan dan tertarget kepada pelanggan Anda. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pihak ketiga untuk menjalankan promosi tersebut.

Aptana menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menjalankan promosi terbaik. Sebagai bagian dari Facebook Business Partner, kami memberikan solusi untuk bisnis Anda bisa melakukan promosi di seluruh teknologi Meta secara lebih relevan dan terukur melalui fitur tambahan seperti analitik, rekomendasi dan laporan dari Meta Facebook.

Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda