Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Platform Mobile Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya

Platform-Mobile-Marketing-dan-Bagaimana-Cara-Kerjanya

Platform mobile marketing merupakan istilah yang digunakan untuk solusi  yang dibuat khusus untuk mengoptimalkan komunikasi pemasaran melalui perangkat mobile atau seluler.

Sebagai strategi pemasaran yang mobile-centric, mobile marketing unggul dalam kemampuan komunikasi real-time, konten yang dinamis, segmentasi pelanggan hingga analitik penggunaan perangkat genggam. Sebab, platform mobile marketing memberikan wawasan unik tentang perilaku dari pelanggan.

Berbeda dari media promosi lainnya, mobile marketing memungkinkan bisnis Anda menargetkan audiens kapan dan dimana saja, dengan memanfaatkan teknologi khusus seluler, seperti GPS, aplikasi, push-notification dan lain sebagainya. Strategi mobile marketing ini membantu Anda membuat keputusan yang tepat dengan mengumpulkan data berharga tentang audiens target

Jadi, dengan kata lain platform pemasaran seluler adalah alat yang dirancang untuk membuat pengalaman pelanggan menjadi lebih mudah. Misalnya, push-notification yang dipersonalisasi dan iklan bertarget memberikan alternatif yang lebih ramah pengguna untuk iklan umum.

Alat pemasaran ini membantu pemasar dan pengembang membuat keputusan dengan mengumpulkan data berharga tentang audiens target mereka dan menggunakan data ini untuk mengoptimalkan kampanye.

Bagaimana Cara Kerja Platform Mobile Marketing? 

Dengan banyaknya traffic pengguna internet yang mengakses melalui perangkat mobile, mau tidak mau Anda harus mengoptimalkan transaksi dan marketing berbasis mobile juga.

Platform mobile marketing membantu Anda terhubung dengan audiens secara personal, sebab campaign yang Anda jalankan langsung berada di genggaman mereka.

Selain itu, karena adanya dorongan untuk melakukan pemasaran omnichannel, para pebisnis juga mencari berbagai macam fitur seperti aplikasi email, social media marketing, landing page dan lain sebagainya. 

Lewat mobile marketing, Anda dapat menjalankan campaign secara otomatis. Dengan kata lain, Anda dapat mengirimkan promosi melalui mobile untuk menargetkan waktu ketika user kemungkinan melakukan engagement.

Misalnya, ketika user sedang ingin melakukan penerbangan dan menelusuri melalui aplikasi, Anda bisa menargetkannya lewat email atau push-notification untuk memberi tahu seputar penjualan pada rute tertentu.

Saat ini industri-industri seperti toko ritel, restoran, maskapai penerbangan, hingga penyedia hiburan sudah banyak menggunakan platform mobile marketing untuk melakukan marketing kepada audiences dengan mengirimkan kupon, promosi bahkan survei pelanggan.

Dari sini, pebisnis dapat mengumpulkan data user, termasuk histori web dan lokasi. Kemudian mereka menggunakan data ini untuk melakukan interaksi khusus atau melakukan promosi secara personal  dan tepat waktu dengan pelanggan maupun non pelanggan.

Dengan kedekatan yang terjadi di platform mobile marketing, hal ini dapat berdampak dengan terciptanya pelanggan baru. Selain itu penjualan juga meningkat dengan cepat.

Anda dapat memanfaatkan email atau push-notification untuk memaksimalkan visibilitas campaign Anda agar pelanggan dapat melakukan tindakan sesegera mungkin melalui perangkat mobile mereka.

Baca juga: Mengenal Mobile Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Aspek Platform Mobile Marketing

Ada 3 aspek yang harus diperhatikan ketika Anda menggunakan mobile marketing platform yang akan memberi hasil maksimal untuk bisnis Anda, yaitu

1. Acquisition

Aspek ini mencakup sebuah campaign yang dirancang dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru atau pengguna aplikasi baru. Kemampuan untuk melakukan promosi secara real-time sangat dibutuhkan di sini.

2. Engagement

Pada aspek ini, campaign yang dijalankan adalah untuk meningkatkan share of wallet atau perbandingan antara jumlah belanja pelanggan pada sebuah perusahaan dengan keseluruhan belanjanya atas kategori  produk tertentu, mendorong repeat order, dan meningkatkan produk tambahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kemampuan segmentasi market agar dapat menargetkan pelanggan secara terperinci sesuai dengan database Anda.

3. Retention

Aspek ini bertujuan untuk melakukan melibatkan kembali pelanggan lama. Kemampuan segmentasi sekali lagi sangat penting di sini, akan tetapi Anda juga perlu melihat analitik yang digunakan untuk melihat histori aktivitas pelanggan Anda.

platform mobile marketing

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Platform Mobile Marketing

1. Channel yang Akan Digunakan

Ketika memutuskan untuk menggunakan platform mobile marketing, Anda harus melihat channel mana yang cocok digunakan sesuai dengan bisnis dan target audiens Anda. Anda dapat melakukan riset market atau bahkan riset kompetitor untuk menemukan audiens Anda berada di channel mana.

2. Skalabilitas

Apakah Anda sedang menjalankan campaign secara besar-besaran? Atau Anda memiliki aspirasi untuk melakukannya? Anda pasti ingin melakukan investasi sumber daya dalam jangka panjang. Oleh sebab itu sebuah jasa mobile marketing harus bisa mengarahkan Anda ke audiens yang lebih besar.

3. Real-time Engagement

Engagement pelanggan secara real-time semakin penting bagi sebuah bisnis. Artinya, pesan promosi dikirim segera setelah peristiwa atau aktivitas user terjadi. Ini bisa berupa apa saja, baik dari kunjungan halaman, waktu tunggu atau tindakan yang tidak selesai dan sebagainya. Hal ini menjadi penting karena ada beberapa pesan yang Anda ingin pelanggan Anda terima segera. Sehingga Anda akan dinilai dapat mengatasi masalah mereka dengan cepat.

4. Konten yang Dinamis dan Personalisasi

Konten yang dinamis menjadi sumber kehidupan dari engagement yang dipersonalisasi dalam skala besar. Namun, personalisasi di sini tidak hanya memasukan nama pelanggan saja. Sebuah brand terbaik menggunakan konten dinamis untuk melibatkan pelanggan secara cerdas dengan materi promosi yang relevan secara individual. Dengan begitu, bisnis Anda akan terlihat mengenal pelanggannya secara dalam.

5. Segmentasi

Seperti yang disebutkan pada aspek platform mobile marketing, segmentasi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Anda mungkin ingin mengelompokkan database berdasarkan kriteria seperti lokasi, perilaku atau aktivitas, versi aplikasi yang digunakan dan sebagainya.

Semakin banyak kategori yang Anda miliki untuk dipilih, semakin banyak opsi yang Anda miliki dalam hal penargetan. Ini akan membantu Anda lebih spesifik dengan komunikasi Anda, yang pada gilirannya akan menghasilkan konversi dan pencapaian sasaran yang lebih baik.

Memilih Jasa Platform Mobile Marketing

Seperti yang Anda lihat, ada banyak aspek dan hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan mobile marketing sebagai salah satu strategi bisnis Anda. Tentu saja, Anda ingin menggunakan jasa mobile  marketing yang dapat mengatasi permasalahan promosi Anda. Misalnya dalam hal memilih channel,  Di Aptana menyediakan layanan promosi berbasis SMS, push notification, media sosial, landing page dan sebagainya untuk memenuhi membantu promosi bisnis Anda dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis dan audiens Anda.

Di sisi lain, Anda juga membutuhkan promosi yang relevan dan terukur. Fitur analytic and measurement di Aptana membantu untuk melihat setiap aktivitas promosi yang dijalankan. Dari sisi relevansi, Aptana menjalankan promosi dari database yang sesuai. Selain itu ka melakukan konsultasi secara mendalam terlebih dahulu untuk melihat sejauh mana kebutuhan promosi Anda.

Ingin konsultasi GRATIS? Klik di sini sekarang.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda