Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui

Perbedaan-Sales-dan-Marketing-yang-Perlu-Diketahui

Sales dan Marketing bisa dibilang merupakan ujung tombak perusahaan. Keduanya secara garis besar bertujuan untuk meningkatkan revenue bisnis Anda. Namun keduanya memiliki perbedaan aktivitas untuk mencapainya. Memahami perbedaan sales dan marketing dapat membantu Anda mengintegrasikan keduanya dengan lebih baik untuk mencapai sasaran pendapatan perusahaan Anda.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa perbedaan penting antara sales dan marketing dari berbagai aspek.

 

Pengertian Sales dan Marketing

1. Pengertian Sales

Sales adalah sebuah aktivitas penjualan barang atau jasa. Seorang sales harus mampu meyakinkan konsumen potensial untuk membeli suatu produk dari bisnis Anda. Sales bisa meyakinkan dengan berbagai cara. Misalnya menjelaskan keunggulan produk dengan kalimat persuasif, memberikan iming-iming diskon dan sebagainya. Sales biasanya akan terjun langsung ke lapangan bertemu konsumen untuk menawarkan produk.

2. Pengertian Marketing

Marketing adalah suatu proses pemasaran dengan membuat orang tertarik pada produk yang Anda tawarkan. Proses pemasaran ini juga bisa melalui berbagai cara dan strategi. Misalnya penetapan harga, pengemasan, promosi dan sebagainya. Seorang marketing bisa dibilang tidak berfokus pada menghasilkan penjualan langsung, akan tetapi berfokus untuk membuat penjualan lebih mudah dan meningkatkan pendapatan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Perbedaan Sales dan Marketing

1. Proses Kerja

Seorang sales memiliki kegiatan utama pada penjualan, sehingga proses kerjanya lebih banyak berinteraksi secara langsung dengan konsumen, baik lewat tatap muka, telepon, media sosial atau media penjualan lainnya. Sales akan menjual suatu produk sebanyak-banyaknya dengan harga yang sudah ditetapkan.

Beberapa proses yang dilakukan oleh seorang sales antara lain melakukan prospek kepada calon konsumen, melakukan pendekatan, memperlihatkan produk, memberikan penjelasan atau demo produk,  mendengarkan keluhan dan kebutuhan pelanggan, melakukan negosiasi, closing sales hingga follow up kepada konsumen.

Sementara proses kerja seorang marketing adalah mendukung penjualan yang dilakukan oleh sales. Dukungan tersebut dapat berupa riset pasar yang dilakukan, menentukan target pasar, menetapkan harga, membangun brand image dan berbagai langkah strategis lainnya.

Proses kerja seorang marketing adalah melakukan riset, menetapkan segmentasi, membangun strategi, melakukan campaign, hingga melakukan evaluasi.

2. Prioritas dan Fungsi

Sales memiliki prioritas dan fungsi untuk melayani serta membantu konsumen untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhannya pada bisnis Anda. Oleh karena itu, seorang sales harus wajib mengetahui dan memahami produk secara mendalam sehingga mereka dapat menjelaskannya dengan rinci kepada konsumen.

Bagi seorang marketing, prioritasnya berada pada menjaga hubungan baik antara perusahaan, dengan konsumen secara umum, vendor, agensi dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pemasaran produk. Selain itu seorang marketing juga berfungsi untuk memasarkan produk yang disenangi oleh orang banyak

3. Ruang Lingkup dan Aktivitas Pekerjaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sales berfokus pada bagaimana menjual produk kepada konsumen. Sehingga pekerjaan sales dapat dikatakan relatif pendek. Ruang lingkup kerjanya berada pada interaksi dengan konsumen yang hanya dilakukan ketika proses penawaran dan penjualan produk terjadi. Setelah ia berhasil menjual produk tersebut, dapat dikatakan pekerjaan seorang sales sudah selesai.

Berbeda dengan seorang marketing yang lingkup kerjanya jangka panjang. Mulai dari perencanaan produk, perencanaan campaign dan promosi produk serta bisnis hingga pemasaran produk. Seorang marketing juga harus memastikan jika strategi perencanaan yang dibuat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

4. Tujuan dan Target

Baik sales maupun marketing secara umum sama-sama memiliki goal akhir untuk meningkatkan revenue bisnis Anda. Namun sales berfokus pada mencapai tujuan untuk menjual produk sebanyak-banyaknya kepada konsumen. Target utamanya adalah menarik perhatian calon konsumen pada produk yang ditawarkan.

Sementara cakupan tujuan dan target marketing lebih luas. Selain bertujuan untuk membangun kepercayaan konsumen, seorang marketing juga memiliki tujuan dan target untuk membuat dan menjalankan strategi pemasaran yang melibatkan sales di dalamnya serta pihak-pihak terkait lainnya.

5. Penerapan Strategi

Marketing menerapkan strategi untuk menjangkau target konsumen dan calon konsumen secara lebih luas. Sedangkan strategi sales adalah untuk mengubahnya menjadi konversi.

Beberapa langkah penerapan strategi dari sales adalah melakukan cold calling kepada target konsumen, door to door, memberikan diskon penjualan, mengikuti trade fairs, hingga melakukan cross-selling dan bundling untuk menarik konsumen.

Sedangkan langkah penerapan strategi oleh marketing adalah berfokus pada produk, penetapan harga jual, membuat atau menetapkan brand image, melakukan pemasaran baik online maupun offline.

Hubungan Sales dan Marketing untuk Kepentingan Bisnis

Meski sales dan marketing memiliki beberapa perbedaan, namun keduanya saling membutuhkan satu sama lain untuk memajukan bisnis Anda sehingga Anda perlu mengintegrasikan keduannya dalam bisnis Anda. Memahami garis tipis di antara sales dan marketing membantu Anda membuat mereka bekerja bersama-sama untuk meningkatkan pendapatan organisasi Anda.

Misalnya, riset yang dilakukan oleh marketing dapat membantu tim sales memproses penjualan dengan lebih efisien. Menghindari kontradiksi antara pesan pemasaran dan promosi penjualan memperkuat keyakinan pelanggan terhadap produk.

Begitu juga dengan professional sales dapat memberikan pengetahuan yang berguna tentang perilaku konsumen di lapangan kepada tim marketing untuk melakukan strategi yang lebih baik. Sebab sales menghabiskan lebih banyak waktu bersama konsumen langsung, sehingga ia dapat memahami perilaku dan kebutuhan mereka. Hal ini tentu sangat dibutuhkan seorang marketing dalam menyusun strategi.

Selain itu, umpan balik bagi keduanya juga sangat dibutuhkan. Misalnya ketika sales sedang melakukan prospek kepada calon konsumen melalui email, namun ternyata tidak berhasil karena email perusahaan diblokir atau tidak relevan dengan target sehingga email jarang dibuka. Hal ini dapat menjadi tolok ukur bagi marketing tentang seberapa efektif email digunakan.

Integrasi dan keselarasan antara sales dan marketing membantu perusahaan mengurangi biaya dan meningkatkan laba atas investasi. Selain itu saat menyiapkan anggaran organisasi, Anda perlu membuat alokasi yang tepat untuk setiap fungsi bisnis. Pemahaman yang baik tentang keduanya membantu Anda menyiapkan anggaran yang seimbang dan efisien.

Bagaimana Kerjasama Sales dan Marketing yang Berhasil?

Hubungan sales dan marketing yang baik sangat berpengaruh terhadap  keberhasilan bisnis Anda. Strategi sales yang sukses dibangun berdasarkan pekerjaan yang dilakukan oleh marketing dengan mengacu pada prosepek tertentu. Sementara strategi marketing yang sukses tidak lepas dari komunikasi yang konstan dan konsisten yang dilakukan bersama tim sales. Keduanya perlu memahami bagaimana strategi marketing untuk mengimplementasikannya pada strategi sales sehingga membantu mencapai tujuan bersama.

Dengan kata lain, ketika sales dan marketing berjalan selaras maka sebuah bisnis akan mendapatkan prospek yang baik. Bagaimana cara membuat keduanya dapat bekerja selaras? Setidaknya ada tiga hal yang harus tercapai, yaitu hubungan emosional yang baik, proses aktivitas yang saling melengkapi, dan sadar akan umpan balik yang dibutuhkan keduanya.

Kesimpulan

Disadari atau tidak, sales dan marketing dalam sebuah bisnis kadang saling bertabrakan. Baik dari segi aktivitas, maupun strategi. Namun ketika Anda berhasil menyelaraskan keduanya, maka ada banyak manfaat yang didapatkan.

Hal yang tidak mudah memang untuk menjalankan sales dan marketing secara bersamaan. Terutama untuk bagaimana mempromosikan produk atau bisnis Anda. Sehingga Anda membutuhkan pihak ketiga untuk benar-benar bisa mengelola promosi bisnis Anda.

Aptana hadir sebagai solusi terbaik promosi bisnis Anda. Dengan berbagai solusi promosi berbasis sms, advertising dan mobile, kami menjalankan promosi Anda dengan lebih relevan dan terukur. Ingin berkonsultasi GRATIS? Klik di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda