Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Apa itu Brand Image? Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis Anda

Apa-itu-Brand-Image-Pengertian-dan-Pentingnya-untuk-Bisnis-Anda

Beberapa waktu belakangan masyarakat Indonesia dihebohkan dengan brand lokal yang berhasil ‘tampil’ di Paris Fashion Week 2022. Ini bukanlah kali pertama brand Indonesia jadi perbincangan netizen setelah berhasil tampil di kancah internasional.

Tahun lalu, banyak brand Indonesia yang berlomba-lomba untuk tampil di New York Time Square. Meski banyak yang mengapresiasi dan memberikan kata-kata pujian, namun tak sedikit juga yang ternyata menganggap ini berlebihan dan memberikan image yang kurang baik terhadap brand tersebut.

Semua yang dilakukan oleh brand ini adalah salah satu cara untuk membentuk sebuah brand image di masyarakat.

Brand image bisa dibilang memainkan peran penting dalam menentukan merek mana yang dapat bertahan dan berhasil serta diterima dengan lebih baik di pasar. Di artikel kali ini kita akan membahas apa itu brand image, seberapa penting dan berpengaruh terhadap bisnis Anda serta bagaimana membangun brand image dengan baik.

  1. Membuat Bisnis Anda Berkesan di Mata Konsumen
  2. Membangun Kepercayaan untuk Mendapatkan Kredibilitas
  3. Memperkuat Misi Bisnis Anda
  4. Menciptakan Loyalitas Konsumen dan Mempertahankannya
  5. Merepresentasekan Bisnis Anda
  1. Identifikasi Audiens Anda
  2. Sesuaikan Dengan Tujuan Bisnis Anda
  3. Tentukan Persona Brand Anda
  4. Kembangkan Pesan Utama Dari Brand Anda
  5. Lakukan di Tiap Channel dan Tetap Konsisten

Pengertian Brand Image

Brand image adalah sebuah pandangan pelanggan saat ini terhadap suatu brand. Ini dapat didefinisikan sebagai kumpulan asosiasi unik di dalam benak pelanggan sasaran. Ini menandakan seperti apa suatu brand saat ini berdiri dan dikenal oleh konsumen maupun non konsumen.

Ini adalah seperangkat keyakinan yang dipegang tentang merek tertentu. Singkatnya, tidak lain adalah persepsi konsumen tentang produk. Ini adalah cara di mana merek tertentu diposisikan di pasar. Brand image tidak hanya berbicara tentang bentuk fisik dan mental suatu brand, namun juga menyampaikan nilai dan sisi emosionalnya.

Fungsi Brand Image

1. Membuat Bisnis Anda Berkesan di Mata Konsumen

Banyak konsumen yang meluangkan waktu mereka untuk meneliti dan membandingkan brand satu dengan brand yang lainnya. Tak sedikit pula yang menjatuhkan pilihannya terhadap brand apapun yang mereka kenali dan membuat mereka terkesan.

Ketika bisnis Anda memiliki brand image yang kuat dan berkesan, maka konsumen akan dapat dengan mudah mengenali Anda dan mengaitkan bisnis Anda dengan produk dan layanan yang Anda miliki.

2. Membangun Kepercayaan untuk Mendapatkan Kredibilitas

Membangun brand image yang kuat memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun ketika bisnis Anda mendapatkan ini, kepercayaan dan kredibilitas terhadap bisnis Anda akan meningkat dengan pasti. Oleh karena itu, konsistensi adalah kunci dari suksesnya brand identity Anda.

Sebagai contoh website web yang dirancang dengan cerdas dapat membuat perusahaan Anda tampak lebih kuat dan lebih besar dari pesaing. Pelanggan tentu akan cenderung menempatkan kepercayaan yang lebih besar pada perusahaan yang lebih terlihat mapan di internet.

3. Memperkuat Misi Bisnis Anda

Apa yang menjadi passion bisnis Anda? Mengapa Anda menyediakan layanan yang Anda berikan? Dan mengapa orang harus peduli terhadap brand Anda?

Brand image memperkuat misi Anda. Ketika Anda yakin dengan brand Anda, yang merupakan kepribadian dan identitas bisnis Anda, maka Anda dapat berdiri teguh dalam misi Anda. Jadilah bisnis dengan tujuan, dan beritahu orang lain tentang tujuan Anda juga!

4. Menciptakan Loyalitas Konsumen dan Mempertahankannya

Ketika Anda percaya pada bisnis Anda dan memberitahu orang-orang melalui brand image, tanpa disadari orang lain juga akan ikut serta. Salah satu dari banyak keuntungan brand image adalah jika Anda memiliki brand yang disukai pelanggan Anda, mereka pasti ingin berbagi bisnis Anda dengan orang lain secara sukarela.

Brand yang kuat pada dasarnya akan membuat ‘duta besarnya’ sendiri. Jika pelanggan Anda percaya pada misi Anda dan menyukai brand Anda, mereka ingin orang lain juga mengalaminya. Dengan cara ini, Anda akan mempertahankan pelanggan setia yang sudah Anda miliki dan mendapatkan lebih banyak lagi.

5. Merepresentasikan Bisnis Anda

Tidak bisa dipungkiri bawah brand image mewakili bisnis Anda secara keseluruhan. Brand Anda menceritakan sebuah kisah melalui situs website, produk, kartu nama, infografis, di toko Anda, dan selama interaksi dengan klien dan pelanggan.

Membangun brand image Anda adalah proyek yang melibatkan penelitian tentang audiens Anda dan waktu untuk mengembangkan identitas bisnis Anda. Ini seperti halnya dengan manusia. Ketika kita bertemu seseorang, kita menilai kepribadiannya dan membentuk persepsi tentang dia dalam pikiran kita berdasarkan interaksi kita. Demikian pula, kita juga membentuk persepsi ketika kita mendengar tentang orang itu dari beberapa teman kita.

marketing branding

Pentingnya Brand Image untuk Bisnis Anda

Brand image berbicara tentang perasaan konsumen terhadap suatu brand dan bagaimana mereka melihatnya. Penting untuk dicatat bahwa bahkan mereka yang tidak menggunakan produk atau layanan Anda juga membentuk suatu persepsi dan menciptakan image brand Anda melalui cara yang sama dengan mereka yang menggunakannya, sehingga brand image  ini menjadi sangat penting di seluruh bidang.

Setiap bisnis, termasuk Anda pasti berusaha untuk membangun image yang baik dan kuat kepada konsumen. Karena brand image ini dapat membantu dalam memenuhi motif bisnis Anda. 

Saat ini, banyak konsumen (terutama millennial dan Generasi Z) tidak membeli produk Anda hanya karena Anda memiliki produk terbaik, tetapi karena apa yang brand Anda tampilkan kepada konsumen. Sebuah studi di Harvard Business Review menemukan jika 64% konsumen mengatakan bahwa nilai-nilai bersama adalah alasan utama mereka memiliki hubungan dengan suatu brand.

Hal ini pada umumnya menjadi pendorong terbesar, dan hanya 13% yang menyebut interaksi yang sering sebagai alasan utama untuk suatu hubungan terhadap brand. Artinya, meskipun Anda harus berinteraksi dengan pelanggan, kualitas interaksi Anda lebih penting daripada kuantitas.

Baca juga: Pentingnya Marketing Research untuk Bisnis Anda

Bagaimana Meningkatkan Brand Image?

1. Identifikasi Audiens Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin mebangun brand image adalah mengidentifikasi audiens target Anda. Audiens target Anda ini akan terdiri dari banyak campuran kelompok eksternal dan internal, termasuk pelanggan, mitra, analis industri, dan karyawan Anda sendiri.

Sangat penting untuk menjadi sangat spesifik saat menentukan audiens Anda. Anda memerlukan kejelasan tentang grup yang Anda targetkan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif yang akan berbicara langsung dengan kebutuhan dan kekhawatiran unik mereka.

Dengan begini, Anda akan lebih mudah menempatkan brand image Anda di pasar sesuai dengan target audiens Anda.

2. Sesuaikan Dengan Tujuan Bisnis Anda

Membangun brand image menjadi salah satu strategi marketing yang akan Anda jalankan. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikannya dengan tujuan bisnis Anda.

Anda harus tahu ke mana Anda akan pergi sebelum Anda bisa sampai di sana. Membangun brand image tanpa mengetahui tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang Anda tidak efektif dan membuang-buang sumber daya yang berharga.

3. Tentukan Persona Brand Anda

Setelah Anda menentukan audiens utama dan sasaran bisnis, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mulai membangun persona brand Anda. Persona Anda harus menarik bagi pelanggan, dapat menjelaskan manfaat produk Anda serta membedakan dengan bisnis sejenis atau kompetitor Anda.

Persona brand Anda mencakup tone voice, brand personality, packaging produk dan promosi hingga visual brand Anda dan lain sebagainya yang merujuk pada apa yang brand anda ditampilkan kepada konsumen.

Karena persona merek Anda menentukan citra Anda, penting untuk membuatnya tetap sederhana dan relevan dengan target audiens.

4. Kembangkan Pesan Utama dari Brand Anda

Langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menentukan dan mengembangkan pesan utama bisnis Anda, dan lagi-lagi perlu diselaraskan dengan audiens Anda. 

Pesan utama ini akan menjadi sesuatu yang penting, karena inilah yang akan diingat oleh ,audiens setelah mereka melakukan interaksi dengan brand Anda. Pesan utama ini harus menggabungkan aspek unik bisnis Anda dan nilai tambah bagi konsumen, dengan memasukkan unsur kepribadian bisnis Anda

5. Lakukan di Tiap Channel dan Tetap Konsisten

Penting agar brand image Anda konsisten di tiap saluran. Baik itu cara Anda berkomunikasi di media sosial, gaya pemasaran Anda di email marketing, atau desain layout website Anda, semuanya harus mewakili brand image bisnis Anda secara konsisten.

Dengan menjadi konsisten, ini akan mempengaruhi Return of Investment (ROI) Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, sebaliknya bran yang tidak konsisten dapat membuat kebingungan dan menurunkan status brand Anda di mata konsumen. Selain itu, konsistensi brand dapat menghasilkan prospek dan konversi pelanggan baru.

brand image

Kesimpulan

Brand image merupakan bagian penting dari keberhasilan pemasaran bisnis Anda karena Inilah yang membedakan produk dan bisnis Anda dari kompetitor melalui nama, desain, simbol, dan fitur lainnya.

Namun, meski berbeda dengan kompetitor, memiliki brand image yang baik saja tidak cukup. Perusahaan harus mengembangkan merek agar memberikan kesan positif di benak konsumen. Pada akhirnya, kesan positif akan membuat pelanggan setia dan mau membeli kembali produk di kemudian hari.

Selain itu menjalankan berbagai macam promosi untuk meningkatkan brand image juga menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan. Misalnya melalui social media marketing, mobile marketing dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki waktu atau masih bingung dalam melakukan promosi, sebaiknya Anda mempercayakan promosi bisnis Anda di Aptana. Sebagai Official Meta Business Partner, kami memberikan solusi untuk bisnis Anda bisa melakukan promosi di seluruh teknologi Meta, memenuhi pesanan, menjual secara online, dan meningkatkan engagement agar bisnis Anda lebih dekat dengan konsumen.

Konsultasi GRATIS di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda