SMS Gateway pada dasarnya adalah API untuk pesan teks. Anda dapat mengintegrasikan web ataupun aplikasi seluler Anda dengan satu`dashboard kemudian mengirim campaign promosi Anda sesuai jadwal yang Anda tentukan sendiri. Selain itu, Anda juga dapat menerima balasan, mengirim kampanye massal ke grup kontak, atau mengirim teks individual.
Gateway Anda akan menghubungkan Anda dengan jaringan seluler lokal dan mengubah konten pesan Anda menjadi format SMS atau MMS sehingga Anda dapat dengan cepat menghubungi pelanggan kapanpun Anda membutuhkannya.
Pelanggan Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak khusus apa pun untuk menerima pesan Anda, karena Anda akan mengirim teks langsung ke nomor telepon mereka melalui gateway SMS Anda.
Berikut penjelasan tentang cara kerja SMS gateway dan bagaimana memulai promosi lewat SMS gateway
Daftar isi
Manfaat SMS Gateway untuk Bisnis Anda
Bagaimana Memulai Promosi Lewat SMs Gateway?
Cara Membuat Campaign Menggunakan SMS Gateway
- Kenali Target Audiens dan Kembangkan Konsep
- Tentukan Goal yang Ingin Dicapai
- Analisa dan Atur Waktu yang Tepat Untuk Mengirimkan Pesan
- Selalu Sisipkan CTA (Call-to-Action)
- Jangan Lupa untuk Membuat Report
Manfaat SMS Gateway untuk Bisnis Anda
Manfaat utama untuk bisnis adalah bahwa gateway SMS akan menerjemahkan pesan Anda yang dikirim dari web ke dalam format yang kompatibel dengan pesan teks dan memastikan pesan tersebut terkirim ke siapa pun yang Anda inginkan.
Anda tidak perlu menulis ribuan pesan secara manual. Sebab Anda dapat mengirim kampanye secara massal melalui web. Babkan Anda dapat membuat sebuah trigger berbasis peristiwa yang secara otomatis mengirim pesan ke customer Anda berdasarkan tindakan spesifik yang mereka ambil.
Selain itu, menggunakan SMS gateway untuk promosi Anda bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Dalam proses pembuatan kontennya juga cukup cepat, cukup dengan merangkai kata-kata yang langsung merujuk pada goal promosi Anda.
Lalu bagaimana cara kerja SMS gateway?
Cara Kerja SMS Gateway
Seperti yang disebutkan sebelumnya, SMS gateway dapat terintegrasi dengan web atau aplikasi seluler Anda ke server yang akan mengirim pesan ke audiens Anda. SMS gateway bekerja dengan menghubungkan pesan Anda ke jaringan seluler yang paling relevan melalui interface HTTP (Hypertext Transfer Protocol Secure) atau SMPP (short message peer-to-peer), sehingga Anda dapat mengirim pesan ke penerima dimanapun mereka berada.
Pengoperasian SMS gateway dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:
- Melalui REST API. Pengembang perangkat lunak akan mengirim dan menerima pesan SMS melalui HTTP ke REST API.
- Menggunakan Halaman Web. Ketika pelanggan memasukkan informasi pribadi seperti nomor ponsel dan nama, pesan SMS akan dikirim secara otomatis.
Baca juga: Wajib tahu! Ini Pengertian, Kelebihan dan Fitur SMS Gateway
Bagaimana Memulai Promosi Lewat SMS Gateway?
1. Buat Rencana dan Strategi yang Matang
Ketika Anda memutuskan menggunakan SMS gateway, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun rencana dan strategi yang matang. Sebenarnya, langkah ini berlaku ke semua aktivitas promosi yang Anda akan lakukan.
Pada SMS gateway rencana yang Anda buat harus menguraikan bagaimana Anda akan menggunakan pesan SMS dan apa yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda dapat, mengirim pesan ke pelanggan yang ikut serta untuk mempromosikan produk atau layanan. Tujuan Anda, pada akhirnya adalah dapat meningkatkan jumlah pelanggan sebesar 20 persen pada akhir tahun.
Sertakan selalu angka dalam laporan Anda. Hal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana strategi SMS gateway Anda berhasil.
2. Pahami Secara Detail Tentang SMS Gateway
Dalam bisnis, Anda harus mengetahui dan memahami segala hal tentang langkah yang akan Anda ambil. Termasuk ketika Anda memutuskan untuk menggunakan SMS gateway untuk melakukan promosi.
Dengan memahami secara detail tentang apai itu SMS gateway, ini akan membantu Anda untuk menyusun langkah apa yang selanjutnya akan Anda ambil, terkait promosi lewat SMS gateway.
Beberapa hal yang harus Anda pahami dan perhatikan, antara lain:
- Buat pesan yang singkat: Orang tidak punya banyak waktu untuk membaca, mereka juga tidak ingin meluangkan waktu untuk membaca. Apalagi SMS memiliki keterbatasan karakter, jadi buat promosi mu sesingkat dan sepadat mungkin.
- Memiliki tujuan: Setiap pesan harus memiliki tujuan yang jelas. Jangan biarkan audiens Anda bingung.
- Tepat waktu: Jangan mengirim pesan larut malam atau terlalu pagi. Pertama, Anda ingin audiens Anda membaca pesannya. Kedua, Anda tidak ingin membuatnya merasa terganggu, yang bisa berdampak pada tingkat konversi mereka.
Cara Membuat Campaign Menggunakan SMS Gateway
Setelah Anda memahami hal apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memulai promosi lewat SMS gateway, selanjutnya adalah Anda menyusun langkah eksekusi membuat campaign yang optimal menggunakan SMS gateway. Berikut beberapa langkah yang Anda bisa terapkan:
1. Kenali Target Audiens dan Kembangkan Konsep
Langkah pertama untuk mengoptimalkan kampanye SMS gateway adalah mengembangkan konsep konten SMS Anda, menentukan tema dan pilihan kata. Karena ini adalah pesan singkat, itu berarti Anda harus membuat konten sesingkat mungkin. Dalam menentukan pilihan kata, Anda perlu mengklasifikasikan profil audiens target Anda berdasarkan pengelompokannya, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan lokasi mereka untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi dari kampanye SMS Anda. Hal ini tentu saja berhubungan dengan seberapa kenal Anda dengan audiens Anda.
2. Tentukan Goal yang Ingin Dicapai
Ketika Anda menjalankan sebuah promosi, Anda harus menentukan goal yang ingin dicapai, termasuk pada SMS gateway. Apakah campaign yang akan Anda jalankan untuk meningkatkan penjualan? Memperluas brand awareness? Atau ingin menjangkau lebih banyak audiens dan membangun hubungan dengan pelanggan agar lebih kuat dan dekat dari sebelumnya? Langkah ini akan membantu Anda mengukur efektivitas campaign SMS gateway yang Anda jalankan.
3. Analisa dan Atur Waktu yang Tepat Untuk Mengirimkan Pesan
Sadar atau tidak, waktu diterimanya pesan Anda oleh audiens menjadi salah satu faktor semakin besarnya pesan Anda dibuka. Mengatur waktu terbaik untuk mengirimkan pesan menjadi strategi ampuh untuk mendapatkan umpan balik terbaik dari audiens Anda. Waktu pengiriman SMS juga dapat disesuaikan berdasarkan pergerakan masing-masing audiens di lokasi tertentu.
4. Selalu Sisipkan CTA (Call-to-Action)
CTA adalah hal yang paling penting untuk strategi pemasaran. Sebab ini menjadi penentu langkah apa yang akan diambil oleh audiens Anda selanjutnya sesuai dengan goal Anda. Untuk menyiasati SMS yang memiliki keterbatasan karakter, Anda bisa menggunakan fitur penyingkatan URL seperti bit.ly.
5. Jangan Lupa untuk Membuat Report
Last but not least, langkah terakhir dalam aktivitas promosi Anda adalah membuat laporan analisis yang terukur setelah periode campaign. Tujuannya untuk mengevaluasi strategi yang telah dijalankan, termasuk melihat bagaimana feedback dari audiens terkait campaign yang Anda jalankan. Dari sini, Anda akan dapat melihat efektivitas kampanye SMS Anda, yang dapat berguna untuk campaign selanjutnya.
Kesimpulan
Dengan memahami cara kerja SMS gateway dan bagaimana memulainya, akan bisa membantu Anda untuk lebih mudah menggunakannya. SMS gateway pada prinsipnya merupakan tools atau channel yang memudahkan bisnis Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan yang ditargetkan dan meningkatkan konversi.
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing, Aptana menyediakan layanan SMS gateway yang dapat terintegrasi dengan dashboard atau layanan API Anda sendiri, sehingga memudahkan Anda mengirimkan pesan kepada customer. Dengan begini Anda dapat mengatur jadwal pengiriman pesan kepada customer kapanpun sesuai dengan kebutuhan Anda.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan konsultasi GRATIS di sini.