Loading Aptana

Apa itu CRM? Kenali Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Apa-itu-CRM-Kenali-Pengertian-dan-Manfaatnya-untuk-Bisnis-Anda

Di era serba digital ini, semakin banyak bisnis yang ingin membuat sistemnya menjadi mudah diterapkan. Salah satunya dengan memiliki tools atau sistem yang bertindak sebagai satu penyimpanan untuk menggabungkan semua aktivitas penjualan, pemasaran, dan customer service dalam satu sistem. Selain itu, sebuah bisnis tentu ingin semakin menyederhanakan proses, kebijakan, dan komunikasi internal dalam satu platform. Platform ini disebut sebagai customer relation management atau CRM.

CRM ini memberikan bisnis tolls untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan berinteraksi dengan customer. Lalu apa sebenarnya CRM? Kenapa bisnis Anda membutuhkannya? Dan apa saja manfaatnya? Simak artikel berikut.

Daftar isi

Apa itu CRM?

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan CRM?

Manfaat CRM untuk Bisnis Anda

  1. Memberikan Pelayanan Lebih Baik
  2. Mengidentifikasi dan Mengkategorikan Leads
  3. Meningkatkan Penjualan dan Retention
  4. Meningkatkan Produk dan Layanan
  5. Sebagai Pusat Database Customer
  6. Sebagai Tools Analytic & Measurement
  7. Alat Komunikasi Internal yang Efisien

Kesimpulan

Apa itu CRM?

CRM atau Customer Relation Management adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola hubungan antara bisnis Anda dengan pelanggan. CRM ini juga biasa disebut sebagai kombinasi dari strategi bisnis Anda, perangkat lunak atau tools dan digabung dengan serangkaian proses yang membangun hubungan baik antara bisnis dan customer.

Lewat CRM ini, Anda dapat menghubungkan semua data dari prospek penjualan dan customer Anda ke dalam satu tempat. Termasuk dokumen, kutipan, pembelian, tugas terkait dengan setiap prospek dan klien, seperti pengisian formulir, panggilan, email, pesan teks, dan lain sebagainya.

Ini memastikan bahwa setiap langkah interaksi dengan konsumen berjalan lancar dan efisien untuk meningkatkan keuntungan secara keseluruhan. Perangkat lunak ini mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran. Oleh karena itu, CRM menyimpan informasi terperinci tentang keseluruhan riwayat pembelian, info pribadi, dan bahkan pola perilaku pembelian.

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan CRM?

CRM merupakan software perusahaan terbesar dengan pertumbuhan tercepat. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan Grand View Research, Inc, market size dari sistem CRM diperkirakan akan mencapai mencapai USD 157,6 miliar pada tahun 2030, atau naik sekitar 13,3% antara tahun 2022 hingga 2030.

Jika bisnis Anda ingin bertahan lama, Anda jelas akan membutuhkan strategi untuk masa depan yang berpusat pada customer Anda dan dikelola dengan teknologi atau sistem yang tepat. Anda mungkin memiliki target untuk mencapai tujuan bisnis, meningkatkan penjualan dan profitabilitas. Namun jika target ini belum didukung dengan sistem yang memadai, bagaimana Anda dapat mengelola banyak data yang datang dari penjualan, layanan pelanggan, pemasaran dan pemantauan media sosial menjadi informasi yang berguna?

Jawabannya adalah lewat CRM. 

Sistem CRM dapat memberikan Anda gambaran yang jelas tentang customer Anda. Mulai dari data demografi, behavior mereka hingga produk apa saja yang menjadi kecenderungan mereka. Anda dapat melihat semua ini dalam satu dashboard CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Anda dapat menggunakan CRM untuk mengelola dan mengoptimalkan kampanye pemasaran dengan menggunakan pendekatan berbasis data. Sehingga Anda dapat lebih memahami alur penjualan atau prospek yang masuk, membuat perkiraan bisnis lebih sederhana tapi tetap akurat.

Manfaat CRM untuk Bisnis Anda

1. Memberikan Pelayanan Lebih Baik

Customer selalu menginginkan pelayanan yang cepat, lebih personal dan bisa dilayani kapanpun. Sistem CRM memungkinkan Anda untuk memberikan pelayanan terbaik yang customer Anda butuhkan.

Anda ataupun karyawan Anda dapat dengan cepat melihat produk apa yang telah dipesan customer, dan mereka dapat memperoleh catatan setiap interaksi sehingga mereka dapat memberikan jawaban yang dibutuhkan pelanggan dengan cepat.

2. Mengidentifikasi dan Mengkategorikan Leads

Sistem CRM dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menambahkan leads baru dengan mudah dan cepat, serta mengkategorikannya secara akurat. Dengan berfokus pada prospek yang tepat, penjualan dapat memprioritaskan peluang yang akan menutup transaksi, dan pemasaran dapat mengidentifikasi prospek yang perlu lebih dipelihara dan mengarahkan mereka untuk menjadi prospek yang berkualitas.

Dengan informasi yang lengkap, akurat, terpusat tentang klien dan prospek, penjualan dan pemasaran dapat memusatkan perhatian dan energi mereka pada klien yang tepat.

3. Meningkatkan Penjualan

Dengan mengidentifikasi dan mengkategorikan prospek yang potensial, secara perlahan penjualan Anda juga akan ikut meningkat. Sebab alat CRM dapat membantu Anda merampingkan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas-tugas utama, dan menganalisis semua data penjualan Anda di satu tempat terpusat, yang berpotensi meningkatkan penjualan dan produktivitas.

CRM membantu Anda membangun proses penjualan selangkah demi selangkah yang dapat diandalkan oleh karyawan Anda setiap saat dan dapat Anda sesuaikan dengan mudah saat masalah muncul.

4. Meningkatkan Produk dan Layanan

Sebuah sistem CRM yang baik akan mengumpulkan berbagai informasi dari banyak sumber di seluruh bisnis Anda dan dari pihak luar. Dengan kata lain, CRM dapat berfungsi sebagai mesin pendengar pelanggan, memberikan Anda informasi tentang bagaimana perasaan pelanggan Anda dan apa yang mereka katakan serta pikirkan tentang bisnis Anda.

Dengan mengetahui berbagai informasi ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah lebih awal dan menemukan solusi dengan cepat dan tepat, sehingga Anda dapat meningkatkan produk dan layanan yang Anda tawarkan kepada customer. 

5. Sebagai Pusat Database Customer

crm adalah

Sebagai sistem yang bisa terintegrasi dengan berbagai channel, sistem CRM menyediakan database yang terpusat dengan semua informasi tentang customer Anda. Dengan begini, database ini akan mudah diakses oleh siapa saja di internal perusahaan Anda yang membutuhkannya.

Database yang terpusat ini juga memudahkan tim sales untuk melihat produk apa saja yang diminati pelanggan tertentu.Misalnya, jika seorang pelanggan telah berinteraksi dengan bisnis Anda, CRM akan mencatat histori interaksi tersebut, yang nantinya berguna untuk strategi marketing dan promosi penjualan di masa mendatang.

CRM ini akan menghemat waktu Anda untuk mencari file dan catatan lama. Selain itu, CRM juga membuat pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif  bagi pelanggan.

6. Sebagai Tools Analytic & Measurement

Memiliki banyak database tentang customer Anda adalah hal yang sangat baik. Namun database yang besar jika tidak dikelola dengan baik, hasilnya juga tidak akan maksimal. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja database tersebut dan bagaimana menggunakannya.

Melalui sistem CRM, Anda dapat melakukan analisis yang mendalam seputar database tersebut dengan mudah dan mengukurnya untuk kepentingan bisnis Anda. Sebab CRM biasanya memiliki kemampuan analitik bawaan untuk menyajikan data, memecahnya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti, dan mengukurnya melalui metrik yang mudah dipahami. 

7. Alat Komunikasi Internal yang Efisien

Selain memfasilitasi komunikasi antara bisnis Anda dengan customer, CRM juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan internal perusahaan Anda dengan mudah. Misalnya CRM memudahkan untuk melihat bagaimana karyawan lain berbicara dengan calon customer. Sehingga ketika karyawan tersebut berhalangan untuk berkomunikasi dengan customer, karyawan lain dapat dengan mudah menggantikannya dengan tetap mempertahankan cara komunikasi brand Anda dengan customer.

Selain itu, CRM juga memungkinkan setiap karyawan di internal perusahaan Anda untuk mengirimkan catatan, peringatan, menandai satu sama lain pada proyek yang sedang atau telah selesai dikerjakan, hingga mengirimkan pesan atau memo dan email semuanya dalam satu sistem.

Kesimpulan

Kebutuhan bisnis akan CRM menjadi sangat penting saat ini. CRM menggabungkan proses, teknologi dan manusia di dalamnya. Sehingga CRM menjadi solusi untuk membantu bisnis Anda mengatur interaksi dan hubungan dengan pelanggan dan prospek.

Untuk sebagian bisnis, ini mungkin tidak begitu penting. Padahal berjalan tanpa CRM sama dengan membuang-buang waktu. Misalnya jika tim penjualan Anda mengalami masalah dan kehilangan efisiensi, CRM dapat melakukan banyak hal untuk membantu. Tanpa perangkat lunak yang tepat, staf penjualan Anda akan kesulitan menindaklanjuti prospek dan tetap menjadi pelanggan yang berada di top funnel. Bagian terburuknya adalah, Anda bahkan tidak akan tahu tentang bisnis yang Anda lewatkan.

Ingin memiliki CRM yang terintegrasi dengan channel pemasaran bisnis Anda? Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan