Loading Aptana

6 Strategi Social Media Marketing Ampuh untuk Bisnis Anda

6-Strategi-Social-Media-Marketing-Ampuh-untuk-Bisnis-Anda

Sadar atau tidak, sebagian besar bisnis di seluruh dunia telah mengalihkan fokus untuk menjangkau dan mengumpulkan customer melalui platform di social media. Kepopuleran social media sebagai platform berinteraksi di dunia maya membuatnya tidak hanya sebagai pilihan untuk sebuah bisnis, tetapi menjadi sebuah keharusan untuk semua bisnis. Social media menjadi sebuah tools yang sangat penting untuk keberhasilan strategi digital marketing. Sehingga membangun strategi social media marketing juga harus benar-benar dilakukan.

Strategi social media marketing merupakan sebuah gambaran rancangan dari semua yang Anda rencanakan untuk dilakukan dan ingin dicapai di social media. Rancangan ini memberitahu Anda tentang apa saja langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Semakin spesifik rencana strategi Anda, akan semakin efektif.

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Social Media Marketing?

6. Strategi Social Media Marketing yang Bisa Anda Coba

  1. Buat Content Marketing yang Relevan dan Efisien
  2. Buat Konten yang Beragam
  3. Buat Iklan yang Dinamis
  4. Manfaatkan Brand Advocate
  5. Jalankan Campaign di Berbagai Channel
  6. Manfaatkan Fitur Live

Langkah-langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing

  1. Lakukan Riset Terhadap Buyer Persona dan Target Audiens
  2. Tentukan Channel yang Akan Anda Gunakan
  3. Tetapkan Metrik dan KPI yang Ingin Dicapai
  4. Lakukan Analisis Kompetitor
  5. Mulailah Membuat Konten yang Unik dan Menarik

Kesimpulan

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Social Media Marketing?

Saat ini, social media tidak hanya lebih dari sekedar tren saja. Strategi social media marketing menjadi bagian penting dari strategi pemasaran bisnis Anda secara keseluruhan. Tidak peduli apakah Anda menjalankan bisnis kecil atau perusahaan nasional yang sudah besar sekalipun. Social media membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas di antara calon pelanggan, memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas dengan menggunakan banyak waktu dan upaya.

Selain itu, social media memberikan Anda kesempatan untuk membangun kedekatan dengan audiens Anda hingga membantu Anda untuk terus memperbaharui klien tentang hal yang baru dari bisnis Anda, kebijakan perusahaan serta aktivitas internal.

Baca juga: 5 Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Social Media

Social media memberikan potensi yang sangat besar bagi pebisnis karena customer terbiasa mengaksesnya setiap hari. Mereka banyak menemukan, mempelajari, mengikuti bahkan berbelanja saat mereka terpapar sebuah brand di media sosial. Sebanyak 52% social media marketers percaya jika social media secara positif mempengaruhi pendapatan dan penjualan perusahaan mereka.

6 Strategi Social Media Marketing yang Bisa Anda Coba

1. Buat Content Marketing yang Relevan dan Efisien

Pernah mendengar istilah content is the king? Ini merupakan istilah yang menunjukan jika sebuah konten sangatlah penting, di platform manapun konten tersebut ditempatkan, termasuk di media sosial. Konten yang unik, menarik, berkualitas tinggi dan relevan terbukti berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan strategi social media marketing. Content marketing yang baik akan membantu Anda mendatangkan customer yang tepat. Selain kemampuannya untuk menarik audiens organik, membuat content marketing juga dapat bersifat gratis. Sehingga ini sangat efisien untuk strategi yang sedang Anda jalankan.

2. Buat Konten yang Beragam

Selain menarik dan relevan, konten Anda juga harus beragam. Audiens menikmati gambar yang bagus, video yang menyenangkan dan beberapa podcast menarik sesekali. Anda dapat meningkatkan ketertarikan audiens terhadap konten Anda dengan menggunakan berbagai jenis media secara konsisten. Pastikan untuk menggunakan jenis media lain untuk menarik perhatian audiens Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun personality pada brand atau bisnis Anda. 

3. Buat Iklan yang Dinamis

Konten iklan yang dinamis adalah sebuah konten yang secara otomatis dapat berubah untuk menyesuaikan konten dan promosi secara khusus untuk setiap pengguna, memastikan bahwa setiap pengguna melihat materi iklan yang paling efektif untuknya Iklan dinamis pada Facebook otomatis sendiri menampilkan produk yang  tepat kepada orang yang sudah menunjukkan minat di situs web Anda, di aplikasi Anda, atau di mana saja di internet. Anda hanya perlu mengunggah katalog produk Anda dan siapkan kampanye sekali saja, lalu kampanye itu akan terus bekerja untuk Anda selama diinginkan, dengan menemukan orang yang tepat untuk setiap produk, dan selalu menampilkan harga dan ketersediaan terbaru.

4. Manfaatkan Brand Advocate

Tak ada promosi terbaik selain mereka yang menyukai produk Anda. Brand advocate memberikan ulasan positif tentang produk Anda secara sukarela dari mulut ke mulut. Mereka juga tak jarang mengajak pelanggan baru dan membuat konten ulasan yang positif untuk Anda. Menurut Marketing Charts, sebuah pusat data pemasaran yang berbasis di Florida, menemukan bahwa pendukung merek 50% lebih mungkin mempengaruhi pembelian. Ini bisa melalui berbagi dari mulut ke mulut atau menggunakan media digital seperti social media.

5. Jalankan Campaign di Berbagai Channel

Untuk lebih menjangkau lebih banyak audiens dan melibatkan mereka lebih sering, Anda dapat menjalankan campaign di berbagai lintas channel social media. Strategi ini dijalankan oleh hampir semua perusahaan, jadi Anda perlu membuat sesuatu yang berbeda untuk menonjol dari yang lain dan menarik perhatian audiens. Misalnya, dengan menambahkan komponen emosional ke kampanye media sosial Anda sehingga audiens Anda dapat berhubungan dengan tujuan Anda.

6. Manfaatkan Fitur Live

strategi social media marketing 

Konten Anda mungkin menceritakan kisah tentang produk atau bisnis Anda secara keseluruhan, tetapi mengapa tidak membagikannya langsung kepada audiens Anda secara live? Social media seperti Facebook dan Instagram telah menciptakan fitur streaming langsung mereka sendiri, Namun ini menjadi sesuatu yang belum digunakan secara maksimal oleh banyak bisnis. Live adalah cara yang sangat baik untuk membuat konten yang dapat dibagikan dan mudah diingat oleh audiens. Anda juga dapat melibatkan mereka secara langsung ketika Anda menceritakan sesuatu. Sehingga kedekatan Anda dengan customer dapat dibangun.

Langkah-langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing

1. Lakukan Riset Terhadap Buyer Persona dan Target Audiens

Langkah pertama untuk membuat strategi social media marketing adalah menentukan siapa buyer persona dan audiens Anda sehingga Anda dapat menargetkan kebutuhan dan minat mereka dengan tepat. Untuk melakukan ini, Anda dapat memikirkan tentang orang-orang yang ingin Anda jangkau dan alasannya, dan bagaimana Anda akan mengklasifikasikan mereka sebagai sebuah kelompok. Misalnya, ketika Anda di bidang sport fashion, Anda mungkin akan menargetkan audiens pria atau wanita yang senang dengan dunia olahraga, fitnes dan sejenisnya.

2. Tentukan Channel yang Akan Anda Gunakan

Sebagai bisnis yang ingin menyusun strategi sosial media marketing, sangat penting bagi Anda untuk menentukan channel tempat Anda akan membagikan konten Anda. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam hal memilih channel mana yang harus digunakan oleh bisnis Anda. Semuanya bergantung dengan kebutuhan bisnis Anda dan dimana audiens Anda berada.

3. Tetapkan Metrik dan KPI yang Ingin Dicapai

Apapun tujuan bisnis dan campaign Anda, semua strategi social media marketing Anda harus berbasis data. Artinya, semuanya berfokus pada metrik social media yang penting. Eksplor data yang selaras langsung dengan tujuan bisnis Anda. beberapa metrik di social media yang harus Anda tahu antara lain reach, click, engagements, conversion, CTR dan sebagainya.

menyusun strategi social media marketing 

4. Lakukan Analisis Kompetitor

Analisis kompetitif memungkinkan Anda untuk memahami siapa pesaing itu dan apa yang mereka lakukan dengan baik. Anda akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang apa yang diharapkan dalam industri Anda, yang akan membantu Anda menetapkan target media sosial Anda sendiri. Luangkan waktu untuk mempelajari pesaing Anda dan lihat apa yang dapat Anda pelajari dari mereka.

5. Mulailah Membuat Konten yang Unik dan Menarik

Setelah langkah di atas telah Anda lakukan, kini saatnya membuat konten yang unik dan menarik. Dengan banyaknya konten yang dilihat setiap harinya di social media, Anda harus membuat konten yang benar-benar berbeda dengan yang lain. Tidak hanya berbeda, tetapi juga dibutuhkan oleh audiens Anda. Anda harus memiliki konten media sosial menarik yang menonjol dan memberikan alasan kepada pemirsa untuk mengklik tombol CTA dan berinteraksi dengan bisnis Anda

Kesimpulan

Strategi social media marketing bisa dibilang merupakan  ringkasan dari semua yang Anda rencanakan untuk dilakukan dan ingin dicapai di media sosial. Rencana ini memandu tindakan Anda dan memberitahu hasil campaign yang dijalankan apakah berhasil atau gagal. Dalam prakteknya, ada berbagai macam strategi social media marketing yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda. Namun semuanya harus dilakukan dengan banyak pertimbangan. 

Mengembangkan strategi social media marketing mungkin tampak sulit dan harus melewati  banyak proses. Jika Anda merasa belum memahami atau tidak punya waktu untuk melakukannya, Aptana hadir untuk melakukan itu semua agar bisnis Anda dapat lebih berkembang.

Dengan pendekatan berbasis data, strategi social media marketing untuk campaign Anda akan dijalankan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan target audiens. Sehingga hasilnya lebih efektif dan terukur.

Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan