Loading Aptana

5 Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Social Media

5-Keuntungan-Promosi-Bisnis-Lewat-Social-Media

Saat ini social media tidak hanya menjadi sebuah pilihan untuk bisnis Anda, melainkan ini adalah sebuah tools sekaligus strategi yang harus Anda miliki untuk menjangkau audiens secara lebih luas, mendapatkan insight seputar bisnis Anda yang bisa membantu meningkatkan hingga mendapatkan lebih banyak revenue dan mengembangkan bisnis Anda. 

Media sosial bisa dibilang menjadi perpanjangan tangan yang sangat penting antara brand Anda dengar target konsumen Anda. Meskipun beberapa orang mungkin tidak melihat media sosial sebagai platform paling pribadi untuk membangun hubungan dengan pelanggan, jika dilakukan dengan cara yang benar, Anda dapat membuat hubungan yang bermakna dengan audiens online Anda.

Di artikel ini kita akan membahas apa saja keuntungan social media untuk bisnis Anda dan bagaimana mengelolanya secara optimal agar berguna untuk bisnis Anda.

Daftar isi:

Mengenal Social Media Marketing

Keuntungan Social Media untuk Bisnis Anda

  1. Meningkatkan Brand Awareness
  2. Lebih Dekat dengan Audiens Anda
  3. Menjadi Top of Mind
  4. Mendapatkan Leads
  5. Meningkatkan Penjualan

Bagaimana Mengelola Social Media Marketing?

  1. Tentukann Tujuan dan Metrik yang Jelas di Awal
  2. Riset Target Audiens
  3. Lakukan Riset Kompetitor
  4. Tentukan Di Platform Mana Anda Akan Beriklan
  5. Buat Konten yang Menarik
  6. Boost Konten Anda dengan Advertising
  7. Analisis dan Evaluasi

Kesimpulan

Mengenal Social Media Marketing

Social media marketing atau juga dikenal sebagai social media advertising adalah penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens Anda dengan tujuan membangun merek Anda, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan traffic website

Semuanya dilakukan melalui berbagai proses yang melibatkan penerbitan konten yang disesuaikan untuk setiap platform media sosai, melibatkan audiens, menjalankan iklan atau promosi hingga menganalisisnya.

Social media marketing berbicara tentang bagaimana memahami dan terhubung dengan audiens atau pelanggan Anda. Dengan begini, ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Keuntungan Social Media untuk Bisnis Anda

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan lebih dari separuh populasi dunia menggunakan media sosial, platform seperti Facebook, Instagram, atau Twitter menjadi tempat yang wajar untuk menjangkau pelanggan potensial baru dan sangat tertarget.

Pikirkan orang hanya terhubung dengan merek yang sudah mereka kenal di media sosial? Pertimbangkan bahwa 83 persen pengguna Instagram mengatakan mereka menemukan produk baru di platform.

Ketika Stillhouse Spirits menjalankan kampanye Facebook untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan penggemar aktivitas luar ruangan, perusahaan mencapai peningkatan 17 poin dalam ingatan iklan.

2. Lebih Dekat dengan Audiens Anda

Saat ini, kebutuhan untuk selalu merasa terhubung dengan konsumen menjadi sesuatu yang tak bisa dihindarkan. Sebab ini adalah salah satu cara agar perusahaan berhasil dan diterima dengan baik oleh audiens. Media sosial memegang peranan penting dalam menghubungkan antara bisnis Anda dengan konsumen.

Media sosial dapat membantu Anda terlibat dengan pelanggan dan mencari tahu apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda. dengan strategi dan channel yang tepat, Anda akan dapat terhubung dengan audiens secara lebih dalam dan ini akan membuat mereka merasa dihargai oleh bisnis Anda.

3. Menjadi Top of Mind

Media sosial saat ini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Pew Research Centre tahun 2021 lalu, sebanyak 70% pengguna media sosial masuk ke akun mereka setidaknya sekali sehari. Hasil penelitian ini juga menemukan jika 49% pengguna media sosial mengaku memeriksa akun mereka beberapa kali sehari.

Dengan tingginya intensitas penggunaan media sosial, ini memberikan Anda kesempatan untuk terhubung dengan audiens Anda lebih sering. Ketika mereka sering melihat sering melihat brand Anda setiap kali mengakses media sosial, secara perlahan brand Anda akan menjadi top-of-mind bagi mereka.

Hal ini akan berdampak pada keinginan mereka untuk membeli atau menggunakan produk Anda, bahkan hingga merekomendasikan produk Anda pada orang lain. 

4. Mendapatkan Leads

Leads menjadi salah satu hal yang sangat penting di dunia bisnis. Leads merujuk pada seseorang yang tertarik dengan produk Anda sehingga mereka menjadi potential customer, atau biasa juga disebut sebagai prospect.

Namun perlu diingat, cara Anda menentukan lead yang berkualitas bergantung pada industri, campaign dan sasaran Anda. Secara umum, lead yang berkualitas akan mencakup informasi yang berguna dan telah menunjukkan ketertarikan yang besar untuk terlibat atau bahkan ingin melakukan konversi terhadap produk Anda.

Media sosial menjadi salah satu bagian dari strategi marketing yang menawarkan cara yang mudah bagi calon konsumen Anda untuk mengungkapkan minat pada produk atau bisnis Anda.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoptimasi profil Anda, menyediakan kontak informasi, menyediakan CTA yang menuju ke arah landing page dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan Penjualan

Disadari atau tidak, akun media sosial Anda adalah bagian penting dari sales funnel bisnis Anda. Menggunakan media sosial untuk awareness hanyalah bagian kecilnya saja. Media sosial bisa menjadi alat yang berharga untuk mendorong penjualan bisnis Anda.

Di media sosial inilah proses customer journey terjadi. Mulai dari yang baru mengenal produk dan bisnis Anda, mempertimbangkan hingga melakukan konversi. 

Karena jumlah orang yang menggunakan media sosial terus bertambah dan alat penjualan sosial berkembang, media sosial akan menjadi semakin penting untuk pencarian produk dan ecommerce

promosi di social media

Bagaimana Mengelola Social Media Marketing?

1. Tentukann Tujuan dan Metrik yang Jelas di Awal

Apa yang ingin Anda peroleh dari kehadiran social media marketing Anda? Apakah Anda ingin meningkatkan jangkauan Anda dengan pengikut atau mendapatkan lebih banyak konversi? Tentukan dengan jelas tujuan dan metrik Anda di awal.

Ini akan membantu Anda menyusun rencana kedepannya lebih terarah. Tanpa memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran Anda, Anda tidak akan dapat menentukan arah yang benar.

Mungkin sulit untuk mengetahui seberapa besar nilai peningkatan pengikut media sosial Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk fokus pada metrik seperti rasio konversi, klik-tayang, dan keterlibatan.

Anda dapat menetapkan tujuan yang berbeda untuk setiap jaringan media sosial dan melacak kinerja Anda sesuai dengan itu.

2. Riset Target Audiens

Target audiens media sosial Anda adalah sekelompok orang yang kemungkinan besar tertarik dengan bisnis Anda. Mereka akan berbagi demografi dan perilaku yang sama.

Anda tidak dapat menargetkan semua orang. Atau, target audiens Anda tidak semua orang aktif di media sosial, terutama saat Anda menjalankan bisnis kecil-kecilan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang mereka.

Saat Anda meneliti audiens target Anda, jangan ragu untuk menjadi sangat spesifik. Ini akan memungkinkan Anda untuk masuk ke detail yang lebih baik dan membuat konten yang relevan dengan mereka.

3. Lakukan Riset Kompetitor

Selain riset audiens, Anda juga harus melakukan riset kompetitor. Tentu saja kompetitor yang aktif di media sosial. Gali lebih dalam tentang apa yang sedang dilakukan pesaing Anda.

Ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari pesaing Anda; misalnya, strategi apa yang berhasil dan tidak berhasil untuk mereka.

Analisis kompetitif tidak hanya mengidentifikasi pesaing Anda, tetapi juga memberi Anda gambaran yang baik tentang apa yang dapat Anda harapkan dari kehadiran sosial Anda. Gunakan metode ATM atau amatai, tiru dan modifikasi dalam melakukan riset kompetitor ini.

4, Tentukan Di Platform Mana Anda Akan Beriklan

Harus disadari bahwa semua platform media sosial diciptakan berbeda. Setiap platform memiliki ritmenya sendiri dan sekelompok pengguna tertentu dengan karakteristik mereka sendiri dalam hal bagaimana mereka berinteraksi dengan konten di platform tersebut.

Karena ada banyak platform media sosial di luar sana, Anda tidak perlu memasukkan setiap platform ke dalam strategi Anda. Anda perlu memilih platform yang sesuai dengan bisnis Anda dan dimana target  audiens Anda berada.

Selain itu, Anda tidak dapat mempublikasikan konten yang sama persis di setiap platform. Jadi, penting untuk memilih platform yang ideal untuk strategi pemasaran Anda.

5. Buat Konten yang Menarik

Pada bagian ini, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang platform mana yang akan dioptimalkan. Sebab konten yang akan dibuat juga harus sesuai dengan platform tersebut.

Konten merujuk pada apa pun yang Anda posting: tweet, foto produk Anda di Instagram, pembaruan status Facebook, posting blog di LinkedIn, dan sebagainya. Anda perlu menyesuaikan konten Anda untuk setiap platform DAN tetap relevan dengan audiens Anda.

Konten yang menarik, secara umum, berarti konten Anda menarik bagi mata audiens; itu menarik minat, perhatian dan membuat mereka ingin tahu lebih banyak tentang produk Anda setelah melihat konten Anda.

Membuat konten yang menarik memang bukanlah hal yang mudah. Ini harus dilakukan dengan banyak penelitian, kerja keras, dan pemikiran. Namun perlu diingat, konten Anda tidak hanya harus menarik, tapi juga berkualitas dan membuatnya cukup layak bagi audiens untuk terlibat atau bahkan membagikannya.

6. Boost Konten Anda dengan Advertising

Untuk memaksimalkan media sosial Anda, ada rule yang yang bisa Anda lakukan, yaitu 80/20. Artinya, habiskan 20% waktu Anda untuk membuat konten, dan sisanya (80%) promosikan konten tersebut.

Saat ini media sosial telah menyediakan layanan advertising di masing-masing platform nya. Jadi Anda dapat menjalankan campaign sosial berbayar untuk memenuhi sasaran bisnis tertentu dengan biaya yang relatif rendah.

Saat membuat iklan, buat versi iklan yang berbeda dengan pesan yang berbeda untuk memastikan interaksi terbaik dan terbaik. Ini membantu Anda berbicara kepada setiap orang secara individual.

7. Analisis dan Evaluasi

Tak sedikit company yang melakukan advertising di media sosial mengabaikan bagian ini. Padahal ini sangat berguna untuk campaign selanjutnya.

 

Strategi pemasaran media sosial Anda adalah bagian utama dari keseluruhan rencana pemasaran Anda. Sulit untuk melakukannya dengan benar pertama kali. Saat Anda mulai menerapkan strategi dan mengukur kinerja, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa taktik Anda tidak bekerja sebaik yang diharapkan.

Oleh karena itu, penting untuk menganalisis hasil Anda sehingga Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalahnya.

Kesimpulan

Saat ini, social media marketing menjadi salah satu cara yang ampuh bagi bisnis untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Orang-orang menemukan, mempelajari, mengikuti, dan berbelanja dari merek di media sosial, jadi jika Anda tidak menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn, Anda akan ketinggalan!

Pemasaran hebat di media sosial dapat membawa kesuksesan luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan pendukung merek yang setia, dan bahkan mendorong prospek dan penjualan.

Meski begitu, dalam praktiknya tidak mudah. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab Aptana hadir sebagai layanan promosi  bisnis berbasis advertising untuk Anda.

Sebagai Meta Business Partner, kami memiliki akses ke berbagai manfaat yang dirancang khusus oleh Meta Facebook untuk meningkatkan perkembangan dan kinerja kami agar dapat selalu membantu dan menyelesaikan masalah promosi Anda, khususnya di ruang lingkup Meta Facebook.

Konsultasi GRATIS di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda