Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Whatsapp Business API: Pengertian, Manfaat dan Fitur yang Wajib Anda Ketahui

Whatsapp-Business-API-Pengertian-Manfaat-dan-Fitur-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Aplikasi Whatsapp saat ini menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang menggunakannya untuk berkomunikasi. Layanan ini sangat mirip dengan layanan SMS yang digunakan untuk mengirimkan pesan teks. Bedanya, Whatsapp menggunakan internet untuk mengirim pesan, sehingga biaya penggunaannya jauh lebih murah dibanding SMS. Selain itu lewat layanan Whatsapp, Anda tidak hanya bisa mengirimkan pesan teks saja, tetapi juga bisa mengirimkan gambar, audio bahkan dalam format video.

Seiring perkembangannya, Whatsapp tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi antar individu saja. Saat ini Whatsapp juga banyak digunakan pebisnis untuk berkomunikasi dengan customernya. Ini disebut sebagai Whatsapp Business API.

Di artikel ini kita akan membahas lebih detail tentang apa itu Whatsapp Business API, manfaat untuk bisnis Anda, hingga perbedaannya dengan Whatsapp reguler.

Daftar isi

Apa Itu Whatsapp Business API?

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Whatsapp Business API?

Manfaat Menggunakan Whatsapp Business API

  1. Relevan Dengan Customer
  2. Membangun Kedekatan Dengan Customer
  3. Informasi Diterima Dengan Cepat
  4. Lebih Aman
  5. Meningkatkan Penjualan

Fitur Whatsapp Business API

  1. Whatsapp Multi-user
  2. Chatbot
  3. Masking Sender yang Terverifikasi
  4. Profil Bisnis
  5. Integrasi Channel
  6. Report & Analytic

Perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Business API

  1. Whatsapp Business
  2. Whatsapp Business API

Kesimpulan

Apa Itu Whatsapp Business API?

WhatsApp Business API adalah sebuah layanan aplikasi dari Whatsapp yang dapat membuat interaksi antara customer dan perusahaan berjalan dengan lebih efisien. Kata API sendiri memiliki artian Application Programming Interface yang berisi serangkaian kode yang nantinya akan terkoneksi dengan software perusahaan.

Layanan ini pertama kali diluncurkan di tahun 2018 dan memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dan merespon customer hingga 24 jam. Lewat layanan ini, bisnis Anda dapat terhubung dengan para pelanggan di Whatsapp dengan cara yang sederhana, aman dan reliable.

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Whatsapp Business API?

Aplikasi WhatsApp dengan cepat muncul sebagai aplikasi layanan perpesanan dengan penggunaannya lebih dari 2 milyar di seluruh dunia. Sebagai platform komunikasi, Whatsapp merupakan cara yang cepat, sederhana, dan nyaman bagi keluarga dan teman untuk mengobrol, membuat teks grup, berbagi foto dan video, mengirim dan menerima dokumen, dan terlibat dalam percakapan pribadi yang aman kapan saja.

Di dunia yang serba digital saat ini, customer semakin ingin berinteraksi dengan bisnis dengan cara yang sama seperti mereka terhubung dengan keluarga dan teman mereka. Ternyata aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, LINE, dan Facebook messenger memimpin sebagai saluran komunikasi pilihan customer yang digunakan saat ini. Faktanya, Whatsapp masih menjadi pilihan nomor satu sebagai saluran pesan paling populer di dunia dengan pengguna di lebih dari 180 negara dan  mengirimkan lebih dari 60 miliar pesan setiap hari.

Menggunakan WhatsApp Business jelas menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Manfaat Menggunakan Whatsapp Business API

Menggunakan Whatsapp Business API menawarkan banyak keuntungan dan manfaat bagi bisnis Anda. Whatsapp Business API ini telah terbukti mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas layanan pelanggan. Beberapa manfaat lain yang Anda rasakan dari Whatsapp Business API antara lain:

1. Relevan Dengan Customer

Whatsapp merupakan aplikasi  layanan pesan yang hampir semua orang menggunakannya, jadi Anda tidak perlu meminta customer Anda untuk mengunduh aplikasi baru atau belajar menggunakannya. Ini adalah sesuatu yang sudah mereka miliki dalam hidup mereka dan kemungkinan besar digunakan setiap hari untuk berbicara dengan orang-orang yang paling penting bagi mereka, seperti teman dan keluarga mereka.

2. Membangun Kedekatan Dengan Customer

Sesuai fungsinya sebagai alat berkomunikasi, jadi ketika Anda melakukan percakapan dengan customer Anda ini akan membangun kedekatan antara bisnis Anda dengan customer layaknya teman. Indikator bawaan (sistem centang) berarti Anda dapat dengan mudah melacak status pesan dan bahkan melihat saat balasan sedang diketik, cocok untuk memulai percakapan interaktif dua arah dan mempertahankannya!

3. Informasi Diterima Dengan Cepat

Ketika Anda mengirimkan pesan atau informasi kepada pelanggan, mereka akan dengan segera membukanya saat handphone mereka berbunyi atau berdering. Informasi yang Anda kirimkan pun akan diterima dengan cepat oleh customer Anda.

4. Lebih Aman

Whatsapp Business API telah dikembangkan agar aman bagi semua orang, termasuk melindungi bisnis Anda dan end user atau customer Anda lewat fitur end-to-end encryption. Tujuannya untuk menjaga tentang data privasi semua penggunanya. Sehingga customer Anda menjadi lebih tenang dan merasa aman.

5. Meningkatkan Penjualan

Hal ini menjadi hasil dari semua manfaat Whatsapp Business API sebelumnya, yaitu dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Whatsapp Business API menawarkan peluang nyata yang memungkinkan konsumen segera mulai mengobrol dengan bisnis Anda hingga menyebarkan pesan siaran dalam kampanye pemasaran digital, dan menjadi pelanggan setia Anda hanya lewat obrolan di Whatsapp.

Fitur Whatsapp Business API

1. Whatsapp Multi-user

Satu hal yang tidak bisa Anda hindari adalah ketika banyaknya pelanggan yang menanyakan seputar produk Anda di Whatsapp, belum lagi ketika ada keluhan. Hal ini tentu membutuhkan beberapa orang untuk meresponnya agar pelanggan tidak menunggu lama.

Whatsapp Business API memiliki fitur multi-user yang dapat digunakan dan diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui perangkat yang berbeda. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir ada pertanyaan atau keluhan customer yang terlewat.

2. Chatbot

Chatbot adalah sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia. Anda dapat mengintegrasikan chatbot dengan Whatsapp Business API sehingga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis kepada banyak pelanggan sekaligus.

3. Masking Sender yang Terverifikasi

Masing sender merupakan fitur dimana identitas pengirim yang muncul di layar ponsel penerima dapat disesuaikan dengan nama perusahaan, nama instansi atau organisasi, nama produk atau jasa dan lain sebagainya, meskipun mereka belum menyimpan nomor Anda.

Selain itu hampir sama dengan akun official di media sosial lainnya yang memiliki tanda verifikasi di profilnya, Whatsapp Business API juga memungkinkan nomor Anda memiliki logo verifikasi di profil Anda. Ini akan membuat bisnis Anda lebih terpercaya dan profesional.

4. Profil Bisnis

Tak hanya masing sender saja yang membuat Whatsapp Business Anda lebih profesional, fitur profil bisnis dimana Anda bisa menyimpan informasi singkat seputar bisnis Anda juga akan semakin membuat customer percaya.

Saat mereka mengklik profil Anda, mereka akan melihat semua informasi yang relevan secara sekilas, seperti foto sampul, deskripsi, alamat, email, website, dan jam buka toko Anda.

5. Integrasi Channel

Whatsapp Business API menawarkan integrasi menawarkan banyak integrasi dengan sistem lain seperti CRM, cistem contact centre, payment system dan lain sebagainya sehingga memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis dalam satu platform.

6. Report & Analytic

Whatsapp Business API dilengkapi dengan laporan analitik yang terperinci dan  interaktif dalam satu dashboard. Laporan ini menampilkan semua hal tentang interaksi pelanggan Anda, tren penjualan, hingga data pelanggan yang digunakan tim CS Anda untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik lagi.

Perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Business API

1. Whatsapp Business

  • Menyimpan nomor secara manual
  • Hanya bisa digunakan untuk 2 perangkat (HP & desktop)
  • Tidak dapat diintegrasikan dengan CRM dan Chatbot.
  • Tidak bisa mengirim pesan blast
  • Sinkronisasi dan menyimpan riwayat percakapan dilakukan secara manual.
  • Tidak memiliki masking sender dan centang verifikasi
  • Saat perangkat utama offline, maka koneksi akan ikut terputus.

2. Whatsapp Business API

  • Nama dan nomor tersimpan secara otomatis
  • Bisa digunakan di beberapa perangkat
  • Dapat diintegrasikan dengan channel atau sistem lainnya.
  • Dapat mengirimkan pesan blast
  • Secara otomatis menyimpan dan menyinkronkan riwayat percakapan
  • Memiliki masking sender dan centang verifikasi
  • Selama nomor yang digunakan masih aktif, maka akun WhatsApp juga akan aktif.

Kesimpulan

Whatsapp Business API memungkinkan bisnis Anda untuk selalu berhubungan dan berinteraksi dengan pelanggan kapanpun dan dimanapun. Meskipun mendapatkan akses ke API dulunya rumit, sekarang ada banyak penyedia solusi yang memudahkan untuk bisnis dan anggaran apa pun. Salah satunya adalah Aptana.

Sebagai penyedia jasa digital marketing, Aptana menghadirkan Whatsapp Tools API untuk bisnis Anda. Dengan berbagi fitur yang memudahkan bisnis Anda, seperti Satu dashboard untuk semua interaksi, integrasi ke berbagai channel digital yang Anda miliki, hingga aporan terperinci performa setiap customer service bisnis Anda.

Informasi selengkapnya bisa dicek di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda