Loading Aptana
Konsultasi Di Sini

Wajib Tahu! Ini 9 Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Anda

Wajib-Tahu-Ini-9-Manfaat-Social-Media-Marketing-untuk-Bisnis-Anda

[Manfaat Social Media Marketing]. Perkembangan Social Media Marketing saat ini membawa banyak manfaat untuk semua industri, baik itu bisnis kecil maupun bisnis yang sudah memiliki nama yang besar. Namun, meski Social Media Marketing telah terbukti membawa dampak yang baik, tak sedikit pebisnis yang masih bertanya-tanya apakah strategi inil sepadan dengan waktu dan usaha yang dilakukan. Jawabannya tentu saja ‘ya’.

Terlalu banyak orang yang kehilangan kesempatan luar biasa untuk mendapatkan nama mereka di luar sana dan mengembangkan basis pelanggan mereka dengan tidak menggunakan Social Media Marketing sama sekali. Dilaporkan bahwa sekitar setengah dari semua bisnis kecil tidak menggunakan media sosial untuk mempromosikan layanan dan produk mereka.

Jika saat ini Anda sedang mencoba untuk memutuskan apakah Anda harus menggunakan Social Media Marketing dalam strategi pemasaran dan periklanan Anda, pertimbangkan beberapa dari sekian banyak manfaat pemasaran media sosial.

Daftar Isi

Pengertian Social Media Marketing

Manfaat Social Media Marketing

  1. Membangun Brand Awareness
  2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
  3. Mendatangkan Traffic dan Leads
  4. Mengikuti Trend yang Sedang Viral
  5. Penargetan Audiens yang Relevan
  6. Dapat Mengatur Biaya Iklan
  7. Dapat Diakses 24/7
  8. Membangun Kedekatan Personal
  9. Dapat Diukur Secara Real Time dan Akurat

Conclusions

Pengertian Social Media Marketing

Sebelum melihat lebih jauh manfaat yang dibawa oleh strategi Social Media Marketing, ada baknya Anda memahami dulu apa sebenarnya Social Media Marketing itu. Sederhananya, Social Media Marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek, serta berinteraksi dengan audiens target.

manfaat social media marketing 

Strategi Social Media Marketing yang baik membutuhkan kombinasi pemikiran strategis dan solusi kreatif. Berbagai channel di media sosial sekarang menjadi pertimbangan penting dalam rencana pemasaran sebuah bisnis. Hal ini tidak lepas dari hematnya biaya yang dikeluarkan, tetapi dapat menghasilkan eksposur yang sangat besar untuk bisnis.

Manfaat Social Media Marketing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Social Media Marketing menawarkan banyak manfaat yang dapat membantu bisnis tumbuh dan mencapai kesuksesan bisnis. Hal ini membuat kehadirannya menjadi aspek penting dalam strategi pemasaran bisnis. Apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh lewat Social Media Marketing? Berikut penjelasannya.

1. Membangun Brand Awareness

Manfaat pertama dari Social Media marketing adalah membangun brand awareness. Sudah menjadi rahasia umum jika social media marketing memiliki peran yang krusial dalam membangun brand awareness melalui strategi konten yang kreatif dan postingan yang teratur. Selain itu, interaksi dengan audiens yang terjadi, seperti like, share, dan komentar, memberikan kesempatan untuk memperluas jangkauan dan membangun komunitas setia Anda di social media. 

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Lewat media sosial, Anda dapat menyajikan konten yang menarik dan relevan yang dapat memicu interaksi yang aktif dari pengguna. Social Media Marketing memiliki fitur like, komentar, dan berbagi sebagai wadah untuk membangun komunitas yang terlibat secara langsung dengan brand Anda. Respons cepat terhadap pertanyaan atau feedback dari pelanggan memperkuat hubungan dan meningkatkan kepercayaan. Selain itu, berbagai fitur interaktif seperti polling, kuis, dan siaran langsung akan memperkaya pengalaman pengguna hingga mendorong partisipasi lebih lanjut

3. Mendatangkan Traffic dan Leads

Social media marketing memainkan peran kunci dalam mendatangkan traffic dan leads yang berharga untuk bisnis Anda, terutama ketika Anda menjalankan social media ads. Anda dapat menautkan langsung website Anda di social media ads. Tautan ke website atau landing page ditempatkan strategis dalam konten, memberikan peluang bagi pengguna untuk mengklik dan mengunjungi lebih lanjut. selain itu, berbagai fitur iklan dan targeting di platform media sosial juga memungkinkan Anda menjangkau audiens yang tepat, yang meningkatkan kemungkinan konversi.

4. Mengikuti Trend yang Sedang Viral

Satu hal yang konstan di dunia nyata dan digital adalah adanya perubahan yang selalu terjadi. Tren, produk, merek, dan layanan baru diperkenalkan setiap harinya, yang sering kali sulit untuk diikuti. Dalam dunia yang berubah dengan cepat, perlu ada cara yang efisien agar pelanggan Anda dapat tetap mengikuti perubahan ini. Konten di media sosial adalah cara terbaik bagi konsumen untuk mengakses informasi yang menarik dan relevan yang membantu mereka untuk tetap mendapatkan informasi terbaru dari brand Anda. Ketika konsumen dibekali dengan informasi terbaru, hal ini dapat membantu mereka membuat keputusan pembelian yang tepat.

Baca juga: 10+ Tips Instagram Ads Paling Lengkap untuk Kembangkan Bisnis Anda

5. Penargetan Audiens yang Relevan

Platform Social Media Marketing menyediakan sebuah tools analytic untuk melihat profil audiens Anda. Mulai dari gender, usia, hingga lokasi. Bahkan, ketika Anda ingin beriklan di Social Media, Anda dapat menyajikan iklan Anda hanya kepada orang-orang dengan karakteristik tertentu, seperti usia, lokasi, minat, dan perilaku tertentu. Ini menjadikan social media marketing sebagai channel yang berbeda dengan yang lainnya, terutama offline channel.

6. Dapat Mengatur Biaya Iklan

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, Social Media Marketing seringkali memiliki biaya iklan yang lebih fleksibel. Sebab, Anda dapat mengatur biaya iklan Anda sendiri berdasarkan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Beberapa platform bahkan memungkinkan Anda dengan anggaran yang lebih kecil untuk memasarkan produk atau layanan mereka.

7. Dapat Diakses 24/7

Manfaat Social Media Marketing lainnya, sekaligus menjadi kelebihannya adalah, platform ini dapat diakses 24/7. Orang-orang memiliki akses penuh ke informasi terlepas dari hari atau waktu. Jadi, jika mereka ingin tahu lebih banyak tentang suatu produk atau layanan, mereka memiliki akses 24/7 ke profil media sosial merek untuk mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan.

8. Membangun Kedekatan Personal

manfaat social media marketing 

Salah satu dari sekian banyak manfaat pemasaran media sosial bagi bisnis dan pelanggan adalah konsep pengalaman yang dipersonalisasi. Maksudnya adalah bahwa bisnis dengan strategi media sosial yang baik akan dapat fokus pada target audiens mereka berdasarkan faktor-faktor yang relevan termasuk demografi, pola belanja, dan minat. Hal ini menyebabkan pelanggan hanya melihat postingan yang sesuai dengan minat mereka. Pengalaman yang dipersonalisasi seperti itu meningkatkan kemungkinan keterlibatan dan kedekatan personal antara bisnis dan pelanggan, yang pada akhirnya menghasilkan lebih banyak konversi.

9. Dapat Diukur Secara Real Time dan Akurat

Berbeda dengan media pemasaran tradisional. platform media sosial menyediakan alat analitik yang canggih. Ketika menjalankan strategi Social Media Marketing, Anda dapat mengukur kinerja kampanye, melihat tingkat keterlibatan, mengidentifikasi tren, dan menilai ROI secara lebih efektif. Anda dapat melihat semua ini secara real time. Dengan begini, Anda dapat mengukur keefektifan campaign yang Anda jalankan.

Conclusions

Secara keseluruhan, social media marketing telah membuktikan diri sebagai kekuatan tak terhindarkan dalam strategi pemasaran modern. Ini memberikan peluang besar bagi bisnis untuk memanfaatkan kekuatan konektivitas dan interaksi online untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Dengan menyatukan kreativitas, keterlibatan, dan targeting yang akurat, Anda dapat mencapai tujuan bisnis dengan lebih efektif. Perlu Anda ingat, jika social media marketing tidak hanya menjadi sarana untuk mempromosikan produk atau layanan saja, tetapi juga membangun hubungan yang berarti dan dekat dengan audiens.

Menjalankan social media marketing mungkin tampak sulit dan harus melewati  banyak proses. Jika Anda merasa belum memahami atau tidak punya waktu untuk melakukannya, Aptana hadir untuk melakukan itu semua agar bisnis Anda dapat lebih berkembang.

Dengan pendekatan berbasis data, strategi social media marketing untuk campaign Anda akan dijalankan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan target audiens. Sehingga hasilnya lebih efektif dan terukur.

Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda