Loading Aptana

Tips Memilih Jasa Whatsapp API

Tips-Memilih-Jasa-Whatsapp-API

Whatsapp API atau juga dikenal sebagai Whatsapp Business API memang sangat dibutuhkan oleh pebisnis saat ini. Dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Business API menawarkan banyak kelebihan. Salah satunya adalah aksesibilitas. WhatsApp Business API memberikan akses tanpa batas sementara WhatsApp Business terbatas hanya pada satu device saja.

Namun Whatsapp business API ini tidak dapat Anda buat dengan hanya mengunduh aplikasinya di playstore atau appstore saja layaknya Whatsapp biasa. Anda harus memilih partner atau jasa Whatsapp Business API yang resmi.

Untuk mendapatkan pelayanan yang optimal untuk bisnis Anda, pastikan memilih vendor atau partner yang tepat.

Di artikel ini kita akan membahas beberapa tips memilih jasa Whatsapp Business API serta bagaimana perhitungan biaya pada Whatsapp Business API

Daftar isi:

Kegunaan Whatsapp API untuk Bisnis Anda

  1. Layanan Customer Service
  2. Layanan Berbagai Informasi
  3. Push Notification

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp API

  1. Kelebihan Whatsapp API
  2. Kekurangan Whatsapp API

Bagaimana Perhitungan Biaya Whatsapp API?

Tips Memilih Jasa Whatsapp API

  1. Check and Recheck Profil Perusahaannya
  2. Portfolio Client yang Pernah Bekerjasama
  3. Harga dan Kualitas yang Diberikan
  4. Fitur yang Disediakan

Kenapa Memilih Aptana?

Kegunaan Whatsapp API untuk Bisnis Anda

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana perhitungan biaya dan jasa Whatsapp Business API, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kegunaan atau aktivitas bisnis apa saja yang cocok menggunakan Whatsapp Business API.

1. Layanan Customer Service

Customer Service adalah sesuatu yang memainkan peranan penting dalam proses pertahanan sebuah perusahaan yang berhubungan langsung dengan customer.  Sebab ini menjadi aktivitas terkait dengan interaksi perusahaan ke customer. WhatsApp API membantu Anda untuk memberikan kepuasan pelanggan dalam melakukan interaksi kepada customer.

2. Layanan Berbagai Informasi

Sebelum benar-benar melakukan pembelian, salah satu tujuan customer untuk menghubungi Anda melalui Whatsapp adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Melalui Whatsapp API, Anda dapat menyebarkan informasi seputar bisnis Anda kepada customer dengan cepat melalui fitur chatbot

3. Push Notification

Push notification berguna untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan customer. Pesan pemberitahuan yang masuk ke handphone mereka akan mendorong mereka untuk membuka pesannya dengan cepat. Dengan Whatsapp API anda dapat mengirimkan push notification  ataupun pesan berupa text, file, gambar dan video kepada customer Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp API

Ketika memutuskan untuk menggunakan Whatsapp Business API, Anda harus memperhatikan berbagai hal di dalamnya, seperti kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan Whatsapp API

  • Lebih profesional dan kredibel dengan adanya centang hijau sebagai tanda verifikasi dan masking sender atau nama bisnis Anda yang secara secara otomatis tersimpan meskipun customer belum menyimpan nomor Anda.
  • Anda dapat mengakses Whatsapp Business API pada banyak perangkat dalam satu waktu. Sehingga ini memudahkan Anda bersama tim untuk membalas pesan customer dengan lebih cepat
  • Dengan Whatsapp API, Anda dapat menjangkau pelanggan dan membalas pesannya secara otomatis dengan memberikan informasi yang relevan.
  • Mempercepat dan meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik dengan komunikasi dua arah layaknya teman.
  • Pesan yang dikirimkan kepada customer akan langsung diterima di waktu yang sama. Sehingga pesan Anda juga dapat langsung dibaca
  • Adanya fitur end-to-end encryption dan two-factor-authentication pada Whatsapp membuat aktifitas Anda saat berkomunikasi dengan customer akan aman dan mengurangi resiko kebocoran data dan penipuan
  • Fleksibilitas Whatsapp API memungkinkan Anda untuk melakukan integrasi dengan channel digital lain, seperti CRM. Ini akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dan mengolah data dari customer
  • Adanya fitur chatbot memungkinkan Anda dapat membalas pesan customer secepat mungkin dan dapat aktif 24 jam

2. Kekurangan Whatsapp API

  • Nama akun bisnis yang sudah Anda daftarkan tidak dapat diubah lagi. Serta nomor Whatsapp yang digunakan di akun bisnis API tidak dapat diganti ataupun diubah menjadi Whatsapp biasa lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan nama dan nomor bisnis yang akan Anda gunakan
  • Anda tidak dapat menghubungi customer terlebih dahulu. Anda harus menunggu customer menghubungi terlebih dahulu sebelum Anda mengirimkan informasi atau penawaran.
  • Berbeda dengan Whatsapp biasa, Whatsapp Business API belum menyediakan fitur seperti story, video ataupun voice call
  • Whatsapp Business API tidak bisa Anda dapatkan tanpa melibatkan pihak ketiga atau jasa Whatsapp API
  • Tidak adanya front end interface, sehingga Anda tidak bisa menggunakannya langsung melalui aplikasi WhatsApp melainkan harus melalui suatu sistem yang sudah dirancang pihak ketiga

Baca juga: Jangan salah! Begini cara membuat API Whatsapp

Bagaimana Perhitungan Biaya Whatsapp API?

Dalam pengiriman pesan lewat Whatsapp Business API, Facebook melakukan perhitungan dengan skema conversation-based pricing. Artinya, Anda dapat mengirimkan sebanyak apapun pesan template pada pelanggan dalam 1 sesi yang sama, dan biayanya hanya dibebankan pada 1 sesi percakapan saja.

Skema ini merupakan perubahan dari yang sebelumnya menggunakan harga berbasis notifikasi dan lebih memudahkan Anda, khususnya di bidang customer service, dalam menghadirkan customer engagement dan experience yang lebih berkualitas.

Hal ini karena Anda dapat lebih fleksibel dalam penggunaan template dan tidak perlu membayar setiap kali akan mengirimkan template. Ditambah lagi, skema ini akan membuat bisnis menjadi lebih interaktif dengan pelanggannya.

Dengan kata lain, adanya skema harga berbasis percakapan ini memudahkan bisnis dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggannya secara aktif. 

jasa whatsapp api

 

Tips Memilih Jasa Whatsapp API

Anda telah mengetahui secara detail manfaat Whatsapp Business API, kelebihan hingga kekurangannya. Kini Anda mempertimbangkan memilih jasa Whatsapp API, sebab untuk membuat Whatsapp API memang harus membutuhkan pihak ketiga. Lalu apa saja yang harus Anda perhatikan ketika memilih jasa Whatsapp API? Berikut tipsnya:

1. Check and Recheck Profil Perusahaannya

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memilih jasa Whatsapp API adalah mengecek dengan baik profil perusahaan vendor yang akan Anda gunakan. Pastikan perusahaan tersebut memiliki legalitas hukum yang resmi, punya lokasi atau alamat kantor yang nyata, dan informasi penting lainnya.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui semua informasi terkait perusahaan yang ingin Anda gunakan jasanya adalah dengan mengunjungi websitenya.

Aptana menyediakan berbagai informasi lengkap terkait perusahaan kami di website resmi kami. Mulai dari profil, kontak, layanan, portfolio, hingga pengembangan karir. Semuanya tersedia lengkap di website kami.

2. Portfolio Client yang Pernah Bekerjasama

Portofolio ini sangat penting untuk melihat sejauh mana kualitas dan kapabilitas suatu perusahaan atau jasa dalam mengerjakan dan membantu klien.  Perlu diingat jika penelusuran portofolio ini tidak hanya terbatas pada seberapa banyak klien yang sudah dihandle. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan kualitas pekerjaan yang diselesaikan

Sebagai perusahaan marketing dan advertising, Aptana telah menjadi mitra bagi banyak pebisnis. Berbagai layanan promosi telah memberi dampak positif bagi promosi para pebisnis. Baca cerita klien selengkapnya di sini.

3. Harga dan Kualitas yang Diberikan

Dalam memilih suatu layanan atau produk, harga tentu menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbanhan. Kebanyakan mungkin akan mencari harga yang termurah. Namun perlu diingat, harga murah selalu tidak sejalan dengan kualitas. Oleh karena itu Anda juga harus mempertimbangkan kualitas layanan yang diberikan.

4. Fitur yang Disediakan

Aptana menyediakan berbagai fitur pendukung Whatsapp API Anda untuk memudahkan dan mengefisienkan bisnis Anda. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Satu dashboard untuk semua Interaksi untuk memberikan kemudahan Anda dalam berkomunikasi dan mengolah data konsumen
  • Integrasi channel yang dapat terintegrasi ke berbagai channel digital yang Anda miliki
  • Widget Aplikasi SDK yang merupakan fitur aplikasi agar memudahkan Anda memantau interaksi pelanggan melalui mobile phone
  • Layanan otomasi customer service dengan fitur chatbot
  • Laporan hasil analisis secara terperinci terkait performa setiap customer service bisnis Anda
  • Fitur kolaborasi agar Anda dapat mengatur sistem kolaborasi dan melibatkan tim dalam menanggapi pesan konsumen

Kenapa Memilih Aptana?

Aptana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Kami membantu mitra untuk melakukan pemasaran digital yang terukur, efisien, dan relevan dengan kebutuhan bisnis dengan berbagai layanan promosi, salah satunya Whatsapp Business API.

Layanan Whatsapp Business API dari kami membantu bisnis Anda memberikan service yang excellent kepada konsumen dengan berbagai fitur-fitur pendukung, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Selain itu, kami juga telah membantu ratusan mitra bisnis beradaptasi dengan perkembangan teknologi dengan beragam pilihan promosi digital hingga platform pengolahan pesan singkat agar tetap terhubung dengan pelanggan. Pengalaman dan pelayanan extra adalah modal utama kami membangun hubungan yang produktif dengan seluruh mitra.

Untuk informasi lebih lanjut seputar layanan kami, konsultasi GRATIS di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda