Loading Aptana

SMS LBA: Cara Efektif Promosikan Bisnis Anda

SMS-LBA-Cara-Efektif-Promosikan-Bisnis-Anda

Ada sebuah studi yang menunjukan jika sebanyak 96% orang telah melihat iklan yang merujuk lokasi mereka. Studi ini dilakukan dengan mensurvei lebih dari 700 orang di seluruh AS tentang kebiasaan dan pengalaman berbagi data mereka dengan iklan menargerkan lokasi atau SMS LBA. SMS LBA telah terbukti efektif di seluruh funnel dan aktivitas customer, mulai dari awareness, engagement desire, hingga conversion dan retention.

Apa sebenarnya SMS LBA itu? Dan apa kegunaannya untuk bisnis Anda? Mari kita simak penjelasan berikut

Daftar isi

Apa itu SMS LBA?

Jenis-jenis SMS LBA

  1. Penargetan Hyper-Contextual
  2. Penargetan Geo-Aware
  3. Penargetan Geo-Fencing
  4. Penargetan Geo-Conquesting
  5. Penargetan Beacons

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan SMS LBA?

  1. Meningkatkan Traffic Pada Bisnis Anda
  2. Promosi yang Dikirimkan Lebih Relevan
  3. Buat Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Kesimpulan

Apa itu SMS LBA?

SMS LBA atau Location Based Advertising adalah strategi pemasaran langsung menggunakan fitur sms pada ponsel dengan menargetkan satu lokasi tertentu. SMS LBA memungkinkan Anda menjangkau audiens yang terperinci berdasarkan kualifikasi yang relevan seperti kedekatan dengan toko atau bisnis Anda, acara yang sedang diselenggarakan, dan yang lainnya.

Lewat SMS LBA, promosi Anda tidak dikirimkan menggunakan metode manual kepada beberapa nomor secara acak, melainkan dikirim ke beberapa nomor yang sesuai dengan sasaran geografisnya. Artinya, SMS LBA memungkinkan Anda mengirimkan pesan informasi ataupun promosi kepada customer ketika mereka berada dalam jarak geografis tertentu. Bisnis Anda dapat menyesuaikan pesan berdasarkan lokasi toko Anda, rute, cuaca, bahkan hingga pola perilaku dan aktivitas customer Anda.

Jenis-jenis SMS LBA

Promosi lewat SMS LBA dibagi dibagi kedalam berbagai macam jenis berdasarkan penerbitannya, yautu:

1. Penargetan Hyper-Contextual

Penargetan hyper-contextual dibuat untuk pesan yang dipersonalisasi dan bertujuan untuk menyampaikan data secara kontekstual yang relevan dengan target audiens. Data hiperlokal ini dikumpulkan dan kemudian digunakan untuk mengirimkan pesan promosi yang relevan ke audiens potensial.

Jenis SMS LBA ini banyak digunakan untuk meningkatkan conversion rate. Selain itu, ini juga biasa digunakan oleh agensi atau bisnis tertentu untuk menyebarkan informasi atau pesan tertentu dalam radius tertentu pula.

2. Penargetan Geo-Aware

Penargetan melalui Geo-aware ini menggunakan data lokasi secara real-time yang biasanya didapat dari penyedia layanan telekomunikasi. Penargetan ini membutuhkan kejelian untuk mengolah data perilaku audiens yang potensial. Sehingga, ketika mereka berada pada jangkauan iklan, pesan promosi Anda dapat langsung dikirimkan dalam waktu yang tepat dan membuat mereka bergerak menuju toko untuk melakukan pembelian atau sekedar mengecek produk Anda.

3. Penargetan Geo-Fencing

Penargetan ini memungkinkan Anda untuk bisa menargetkan audiens potensial yang berada pada area tertentu yang sudah ditentukan berdasarkan informasi koordinat dari ponsel mereka. Geo-fencing bekerja seperti pagar virtual yang menciptakan radius sendiri agar dapat menargetkan audiens di sekitarnya dan mengarahkan mereka ke tujuan tertentu, misalnya meningkatkan traffic ataupun conversion pada bisnis Anda.

4. Penargetan Geo-Conquesting

Penargetan geo-conquesting merupakan jenis SMS LBA yang menargetkan audiens yang secara fisik mengunjungi atau berada di sekitar bisnis atau toko kompetitor Anda. Dengan kata lain, jenis strategi marketing ini digunakan untuk “membajak” traffic pengunjung dari kompetitor Anda dengan penawaran produk atau layanan Anda yang lebih unggul. Jenis ini memanfaatkan perilaku dan pola pikir konsumen di waktu dan lokasi yang tepat melalui konten iklan yang menarik.

5. Penargetan Beacons

Penargetan beacons merupakan aspek lain dari SMS LBA. Cara kerja jenis ini hampir sama dengan geo-fencing, tetapi menggunakan objek fisik yang kecil dan disimpan di lokasi tertentu. Perangkat  ini dapat mendeteksi keberadaan orang yang menggunakan ponsel. Ketika mereka mendapatkan sinyal, server akan secara otomatis mengirimkan pesan iklan atau iklan in-app bisnis Anda kepada mereka.

sms lba 

Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan SMS LBA?

SMS LBA menawarkan sejumlah manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh Anda sebagai pebisnis, tetapi juga kepada customer Anda.

Untuk pebisnis, Anda dapat menyampaikan berbagai pesan promosi maupun informasi yang lebih tertarget yang dapat menumbuhkan awareness sekaligus memelihara hubungan bisnis Anda dengan customer ataupun leads. Karakteristik yang ditargetkan dari iklan ini juga sering menghasilkan lebih sedikit pengeluaran yang sia-sia.

Untuk konsumen, mendapatkan penawaran promosi yang dipersonalisasi pada waktu yang tepat, sehingga meningkatkan pengalaman berinteraksi dengan bisnis Anda secara keseluruhan.

Beberapa manfaat SMS LBA yang dapat Anda rasakan antara lain:

1. Meningkatkan Traffic Pada Bisnis Anda

Cara kerja SMS LBA adalah dengan mengirimkan SMS promosi Anda kepada customer yang berada di lokasi tertentu sesuai dengan yang Anda targetkan. Hal ini membuat traffic untuk bisnis Anda akan naik. Karena konten berbasis lokasi disajikan kepada konsumen secara real-time, ini meningkatkan kemungkinan merek menargetkan konsumen secara dinamis pada saat yang tepat.

2. Promosi yang Dikirimkan Lebih Relevan

Anda dapat menggunakan data lokasi real-time untuk membuat iklan yang lebih relevan dan dipersonalisasi. Ini tidak hanya terbatas pada lokasi fisik mereka saja. Data lokasi ini juga dapat memberikan Anda informasi mengenai waktu dan pesan. Misalnya, analisis dapat menunjukkan bahwa konsumen lebih cenderung terlibat dengan iklan saat mereka berada di kereta atau dalam perjalanan, membantu pemasar menentukan kapan harus menayangkan iklan dan lain sebagainya

3. Buat Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Membuat iklan yang lebih personal kepada customer berdasarkan lokasi mereka meningkatkan kemungkinan untuk menampilkan sesuatu yang relevan kepada mereka. Selain itu, dengan menargetkan pelanggan saat mereka paling membutuhkan layanan Anda, Anda dapat memberi mereka pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kesimpulan

SMS LBA dapat diterapkan secara berbeda dan akan berguna di masing-masing bisnis. Sehingga untuk menggunakan SMS LBA sebagai strategi promosi, Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu kebutuhan bisnis Anda serta customer dan lokasi yang akan Anda targetkan.

Menjalankan SMS LBA memang tidak semudah kedengarannya. Oleh karena itu, kami hadir untuk memenuhi kebutuhan promosi Anda, termasuk SMS LBA. Anda dapat menjangkau  calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis Anda dengan promosi yang menarik dan personal. Pesan promosi selalu disertai nama brand Anda sebagai pengirimnya, sehingga bisnis Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Ingin menggunakan SMS LBA? Konsultasi GRATIS di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan