Loading Aptana

Pahlawan yang Selalu Jadi Andalan

Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh 10 Nopember setiap tahunnya selalu menjadi momentum untuk mengenang dan mengingat perjuangan para pahlawan.

Bicara soal pahlawan memang selalu identik dengan nama-nama seperti Soekarno, Ki Hajar Dewantara, Sultan Hasanuddin, Kartini dan yang lainnya. Namun saat ini makna pahlawan sudah semakin luas. Tidak melulu berbicara tentang orang yang berperang menggunakan bambu runcing maupun senjata lainnya. Di sisi bisnis, banyak perusahaan yang telah menjadi pahlawan bagi banyak orang. Value mereka mampu mengatasi masalah banyak orang dan juga bermanfaat bagi orang lain.

Salah satunya adalah Gojek, Perusahaan anak bangsa ini telah bertransformasi dari layanan berbasis transportasi (ride healing) menjadi super app service. Artinya, Gojek memberikan berbagai layanan dalam satu aplikasi agar memudahkan aktivitas keseharian kita. Seperti layanan antar makanan Gofood, layanan pengiriman barang Go Send, layanan transaksi Gopay hingga layanan kesehatan Gomed, semuanya tersedia dalam satu aplikasi. 

Value Perusahaan Yang Jelas

Mengusung sosial impact sebagai value perusahaan, Gojek telah membuktikan bahwa perusahaan dengan tujuan yang jelas di awal akan membawa banyak perubahan dan dampak positif yang sangat signifikan. Bukan hanya tentang seberapa laku produk/ jasa yang ditawarkan. Lebih dari itu layanan Gojek telah memberi dampak nyata dalam keseharian warga Indonesia.

Membantu ratusan mitra untuk dapat menghidupi keluarganya, mendorong kemajuan UMKM yang menjadi mitra Go-food mereka. Hingga di tahun 2019 lalu, Gojek telah berkontribusi sebesar US$7,1 triliun bagi ekonomi Indonesia, serta membantu pembukaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan dan kualitas hidup masyarakat.

Jika melihat sejarah singkat Gojek, awal terbentuknya perusahaan ini berasal dari keresahan seorang Nadiem Makarim yang melihat ketidakefektifan sistem ojek pangkalan, baik dari segi penumpangnya maupun dari pengemudi ojeknya sendiri. Dari sini, ia kemudian melihat peluang  untuk membuat sebuah layanan yang dapat menghubungkan penumpang dan pengemudi ojek agar lebih efektif dan efisien.

Setelah menjadi solusi transportasi, Gojek kemudian perlahan-lahan menjadi sebuah ekosistem yang menawarkan solusi beragam untuk memudahkan kita dalam satu aplikasi.

Tujuan Yang Jelas, Strategi yang Cerdas

Gojek sangat lihai melihat peluang marketing sehingga dapat diterima secara luas oleh masyarakat dengan baik. Setidaknya ada tiga strategi yang dijalankan Gojek untuk menjangkau konsumennya.

  1. Mengutamakan Customer Experience

Dengan berbagai layanan dalam satu aplikasi, Gojek sangat memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan harian dan melakukan transaksi tanpa perlu beranjak dari aplikasinya. Di sisi lain, Gojek paham betul bagaimana membuat konsumennya merasa dekat. Lihat saja bagaimana Gojek mempromosikan makanan lokal dengan cara yang tak biasa.

 

  1. Selalu Mengikuti Trend Kekinian

Sebagai startup company yang sebagian besar diisi oleh kaum milenial, kŕeativitas dan inovasi Gojek sudah tidak perlu diragukan lagi. Gojek sangat mengerti bagaimana untuk selalu terhubung dengan konsumen. Setiap promosi ataupun campaign yang sedang dijalankan, terutama di media sosial, selalu mengikuti apa yang sedang viral. Dalam dunia marketing, istilah ini disebut sebagai “riding the wave”, dimana sebuah brand atau company memanfaatkan isu yang sedang viral sebagai strategi marketing.

 

  1. Memberikan Social Impact

Dari awal terbentuk, Gojek sudah menjadikan social impact  sebagai salah satu pilarnya. Sehingga dalam proses perkembangan menjadi perusahaan besar seperti sekarang pun, Gojek selalu mengedepankan dampak sosial yang bisa diberikan. Misalnya membantu UMKM tumbuh 80% sejak pandemi dengan memberikan solusi program digitalisasi untuk UMKM. Hal ini tentunya menjadi branding yang sangat bernilai bagi Gojek.

Selama satu dekade berdiri, Gojek telah bertransformasi menjadi pahlawan digital yang memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan Indonesia saat ini. Semuanya tidak lepas dari banyak hal yang mendorong perkembangan Gojek. Termasuk strategi-strategi yang dijalankan selama ini untuk mencapai goal yang jelas.

Dari perjalanan Gojek, kita dapat belajar banyak bagaimana membangun sebuah brand diantaranya :

  1. Start With Why

Perusahan harus dimulai dengan tujuan yang jelas, sehingga dapat menciptakan value yang diterima oleh masyarakat.

 

  1. Customer Centric

Segalanya dimulai dengan konsumen, perkembangan Gojek sangat kental dengan kebutuhan konsumen. Setiap perkembangan produk/ layanannya didasari oleh keresahan dan kebutuhan konsumen. Sehingga produk yang diciptakan juga fit dengan konsumen.

 

  1. Right Strategy in The Right Market

Peran penting selain produk/ layanan yang bermanfaat adalah strategi marketing yang tepat. Bagaimana cara Gojek membangun brand mereka (brand building) terbukti sangat efektif.

Tiga hal yang selalu digunakan gojek dalam strategi promosinya adalah konten yang relevan dengan target market, pemilihan channel media yang sesuai dengan behaviour konsumennya, dan bagaimana mereka mengelola eksisting konsumen dengan reward (loyalty program).

ngin bisnis Anda juga punya strategi marketing yang efektif dan tepat sasaran? Aptana punya solusinya. Di Aptana promosi Anda akan dijangkau konsumen yang lebih relevan. Karena para konsultan kami memberikan strategy yang tepat untuk perusahaan. Selain itu di setiap produk/ layanan kami telah disematkan fitur analytic & measurement untuk mengetahui keberhasilan setiap promosi sehingga budget promosi anda lebih hemat. Konsultasi sekarang di sini.

Punya pertanyaan tentang layanan kami?

Konsultasi Gratis