Loading Aptana

Mudah! Begini 7 Cara Membuat Whatsapp Business Terlengkap 2023

Mudah-Begini-7-Cara-Membuat-Whatsapp-Business-Terlengkap-2023

Whatsapp saat ini telah menjadi salah satu alat komunikasi yang digunakan dalam keseharian. Namun tahukah Anda jika Whatsapp juga dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis yaitu lewat Whatsapp Bisnis. Lalu bagaimana cara membuat Whatsapp Bisnis? 

Daftar isi

Apa itu Whatsapp Bisnis

Fitur-fitur Whatsapp Bisnis

  1. Nama Akun Bisnis Resmi
  2. Tanda Verifikasi Sebagai Akun Resmi
  3. Deskripsi Profil Akun Bisnis
  4. Kategori Bisnis
  5. Katalog Produk
  6. Autoresponder Message
  7. Statistik Pesan

Kelebihan Aplikasi Whatsapp Bisnis

  1. Membuat Bisnis Lebih Kredibel dan Terpercaya
  2. Mempromosikan Produk dengan Lebih Mudah
  3. Dapat Digunakan Dua Admin atau Lebih Secara Bersamaan
  4. Komunikasi dengan Customer Jadi Lebih Efektif dan Efisien

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Gunakan Whatsapp Bisnis API dengan Mudah Lewat Aptana

 

Apa itu Whatsapp Bisnis?

WhatsApp Business adalah sebuah aplikasi gratis yang disediakan oleh Whatsapp untuk pemilik bisnis.  Aplikasi ini dapat diunduh melalui sistem operasi iOS maupun Android, sehingga bisa digunakan oleh siapapun.

cara membuat whatsapp bisnis

Melalui WhatsApp Business ini, pemilik bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah melalui berbagai fitur yang disediakan. Fitur-fitur ini berfungsi untuk mengotomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat. Aplikasi ini juga didesain seperti dan berfungsi sama dengan WhatsApp Messenger. Artinya, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan semua hal yang Anda biasa lakukan, mulai dari perpesanan hingga mengirim foto kepada pelanggan. Selain itu cara membuat Whatsapp Bisnis juga sangatlah mudah.

Fitur-fitur Whatsapp Bisnis

1. Nama Akun Bisnis Resmi

Salah satu hal yang membedakan antara Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Messenger adalah pada pengaturan ubah nama akun.

WhatsApp Messenger memungkinkan pengguna untuk dapat mengganti Nama Akun kapan saja. Anda bahkan dapat memasukkan emoji atau karakter apapun pada nama akun WhatsApp messenger Anda. Berbeda pada Whatsapp Bisnis yang sifatnya digunakan untuk aktivitas bisnis, oleh karena itu untuk mengubah nama akun Anda harus mematuhi ketentuan dari Whatsapp.

Berikut beberapa ketentuan dari Whatsapp untuk:

  • Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital. Kecuali untuk akronim dan hanya huruf pertama yang pada sebuah kata yang dapat dikapitalkan.
  • Tidak boleh ada spasi tambahan di antara kata. Apabila nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, pemisah kata tersebut hanyalah sebuah spasi. 
  • Tidak menambahkan tanda baca.
  • Tidak menggunakan emoji, simbol, dan karakter spesial apapun (~!@#$%^^&*()_+:;{}[]/?’”,.<>)
  • Tidak menambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang bukan berupa angka atau huruf).
  • Menulis merek WhatsApp dengan benar. Bukan whatsApp, whats app, WhatsApp, atau semacamnya. 
  • Nama akun bisnis tidak boleh hanya terdiri dari nama lengkap seseorang, istilah umum, lokasi geografis umum
  • Nama akun bisnis minimal tiga karakter

2. Tanda Verifikasi Sebagai Akun Resmi

Sama seperti media sosial lainnya, tanda akun verifikasi merupakan salah satu yang menandakan jika akun tersebut adalah resmi. Namun Untuk mendapatkan tanda verifikasi ini, WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Jika berhasil terverifikasi, maka Whatsapp Bisnis Anda akan diberikan centang hijau sebagai tanda telah terverifikasi. Tanda verifikasi centang berwarna hijau ini akan berada pada profil atau di samping nama akun bisnis. 

Whatsapp bisnis verifikasi

Dengan mendapatkan tanda verifikasi ini, maka secara otomatis nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda.  Sehingga membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan profesional.

3. Deskripsi Profil Akun Bisnis

Pada fitur Profil Akun Bisnis, Anda dapat menjelaskan informasi lengkap seputar bisnis Anda. Seperti nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, hingga situs website. Semua informasi ini dapat dilihat dengan mudah oleh pelanggan apabila mereka mengunjungi profil bisnis Anda

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram pada profil bisnis Anda Anda cukup mencantumkan URL  pada salah satu form atau kolom situs web.

Berikut langkah-langkah atau cara membuat Whatsapp Bisnis khususnya deskripsi profil akun bisnis Anda:

  • Buka WhatsApp Bisnis > klik Opsi Lainnya atau > Setelan > nama bisnis Anda
  • Klik Edit
  • Tap bidang mana saja untuk memperbarui > Simpan

4. Kategori Bisnis

Agar memudahkan pelanggan mengenali bisnis yang Anda jalankan, Anda dapat memilih Kategori Bisnis pada Whatsapp Bisnis yang telah disediakan. Akan tetapi jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam daftar, Anda cukup memilih pilihan "others" atau "lainnya". 

5. Katalog Produk

Katalog produk merupakan fitur yang disediakan oleh Whatsapp Bisnis yang mirip dengan e-commerce untuk memajang foto-foto produk bisnis Anda agar memudahkan pelanggan melihatnya. Tidak hanya melihat foto produk saja, pelanggan juga dapat melihat detail keterangan hingga harga produknya.

6. Autoresponder Message

WhatsApp Bisnis menyediakan tiga fitur autoresponder message yang memudahkan Anda untuk membalas pesan dari pelanggan. Ketiga fitur tersebut, yaitu:

  • Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Anda dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda. 
  • Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis yang akan diterima oleh pelanggan ketika pertama kali menghubungi Anda.
  • Quick Replies merupakan fitur yang digunakan untuk membuat teks balasan untuk hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Caranya mudah, buatlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan tentang bisnis Anda. 

7. Statistik Pesan

Whatsapp Bisnis menyediakan fitur statistik untuk Anda dapat melihat jumlah pesan yang terkirim, diterima, ataupun dibaca. Fitur statistik ini bertujuan untuk melihat pesanan mana saja yang efektif. Untuk melihat statistik pesani, Anda bisa membuka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Whatsapp API

Kelebihan Aplikasi Whatsapp Bisnis

1. Membuat Bisnis Lebih Kredibel dan Terpercaya

Hal yang paling dihindari oleh pelanggan ketika berinteraksi atau bahkan bertransaksi lewat Whatsapp adalah penipuan. Namun dengan fitur nama akun resmi dan tanda verifikasi pada akun Whatsapp Bisnis Anda membuat bisnis Anda jadi lebih profesional.

Pelanggan Anda dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan terhadap informasi bisnis Anda, sehingga bisnis Anda lebih kredibel dan terpercaya.

2. Mempromosikan Produk dengan Lebih Mudah

katalog produk whatsapp bisnis

Sebenarnya, Whatsapp Bisnis merupakan aplikasi berbasis komunikasi. Akan tetapi Whatsapp Bisnis juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda melalui fitur katalog. Anda dapat memasang foto produk atau layanan Anda pada katalog Whatsapp Bisnis. Selain itu, Anda juga dapat melengkapinya dengan deskripsi dan harga produk. Sehingga sangat memudahkan para pelanggan untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

3. Dapat Digunakan Dua Admin atau Lebih Secara Bersamaan

Umumnya, pebisnis memiliki dua atau lebih admin cs yang secara bergantian bekerja karena banyaknya pelanggan. Untungnya, Whatsapp Bisnis memungkinkan satu nomor digunakan oleh dua perangkat. Artinya, nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh banyak admin CS dari berbagai device yang berbeda. Dengan begini, komunikasi antara bisnis dan pelanggan akan semakin menjadi lebih efektif dan efisien.

Jika Anda membutuhkan lebih dari dua admin, Whatsapp juga menyediakan yang namanya Whatsapp Bisnis API. Whatsapp Bisnis API ini bahkan dapat diintegrasikan dengan channel media sosial Anda.

4. Komunikasi dengan Customer Jadi Lebih Efektif dan Efisien

Dengan berbagai fitur unggulan yang disediakan oleh Whatsapp Bisnis, makan komunikasi Anda dengan customer akan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, dari sisi bisnis, Anda juga dapat mengetahui obrolan mana yang efektif dan yang tidak efektif. Agar dapat Anda evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Setelah mengetahui apa itu Whatsapp Bisnis, fitur-fitur hingga kelebihannya, berikut langkah-langkah yang tepat untuk cara membuat Whatsapp Bisnis:

  1. Unduh lalu buka aplikasi WhatsApp Business: Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama telepon Anda.
  2. Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.
  3. Daftar: Pilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara, lalu masukkan nomor telepon Anda dalam format nomor telepon internasional. Ketuk Selesai atau Lanjut, lalu ketuk Oke untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang Anda terima. Pelajari cara mendaftarkan nomor telepon Anda di artikel ini.
  4. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon Anda dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Anda juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon Anda.
  5. Buat akun: Masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.
  6. Buat profil bisnis Anda: Ketuk JELAJAHI > Profil bisnis. Di sini, Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.
  7. Mulai chat. Profil bisnis Anda sekarang telah disetel. Ketuk ikon pesan, lalu cari atau pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan. Kemudian ketik pesan di bidang teks lalu kirimkan.

Gunakan Whatsapp Bisnis API dengan Mudah Lewat Aptana

Layanan Whatsapp Bisnis API dari Aptana merupakan salah satu layanan digital marketing yang membantu bisnis Anda memberikan layanan yang efektif dan efisien kepada pelanggan. 

Berikut fitur Whatsapp Bisnis API kami

  • Satu dashboard untuk semua interaksi yang memberikan Anda kemudahan dalam berkomunikasi dan mengelola data konsumen
  • Integrasi channel ke berbagai channel digital marketing yang Anda miliki
  • Fitur widget aplikasi SDK yang memudahkan Anda memantau interaksi pelanggan melalui mobile phone
  • Otomasi customer service dengan fitur chatbot
  • Laporan terperinci terkait performa setiap customer service bisnis Anda.

Ingin menggunakan Whatsapp Bisnis API? Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan