Loading Aptana

Membuat Promosi Menarik Dengan Kupon Digital

Di era digital saat ini, strategi promosi semakin beragam dan menarik, sehingga persaingan untuk menarik pelanggan mau tidak mau juga harus melalui channel digital. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kupon digital.

Beberapa tahun belakangan, tren penggunaan kupon digital memang sangat meningkat. Sebuah studi eMarketer yang dilakukan beberapa tahun yang lalu menemukan jika sebanyak 52% pengguna internet di Amerika, atau sekitar 102,5 juta orang menukarkan kupon digital mereka di tahun 2013. Angka itu kemudian meningkat di tahun 2014 yang mencapai hampir 111 juta, atau sekitar 55% dari populasi.

Apa itu Kupon Digital?

Kupon digital merupakan salah satu strategi marketing yang menawarkan diskon, promosi atau penawaran lainnya kepada pelanggan atau calon pelanggan melalui channel online yang berbentuk voucher atau kupon. 

Munculnya tren kupon digital ini dapat membantu meningkatkan revenue bisnis Anda, khususnya yang bergerak di bidang bisnis online, karena prosesnya yang sangat mudah, baik dari sisi pebisnis maupun end-user. Secara umum pemberian kupon digital kepada pelanggan bertujuan untuk mendorong mereka melakukan transaksi karena beragamnya penawaran yang diberikan melalui kupon digital tersebut.

Jenis-jenis Kupon Digital yang Bisa Ditawarkan

1. Kupon yang Bisa Diundh

Jenis kupon ini bisa diakses oleh pelanggan dimanapun mereka berada. Mereka hanya mengunduhnya dari website perusahaan Anda, atau bisa juga mereka mendapatkannya melalui email atau media sosial. Kebanyakan kupon ini dapat juga diakses melalui ponsel pelanggan. 

2. Kupon Mobile

Biasanya kupon ini digunakan oleh e-commerce yang telah mengintegrasikan aplikasi seluler ke dalam operasinya dengan menawarkan kupon khusus seluler untuk mendorong penjualan lebih lanjut.

3. Kode Kupon

Meningkatnya popularitas e-commerces beberapa tahun belakangan ini menjadi pemicu  munculnya kupon digital berbentuk kode kupon. Bentuk kupon ini lebih cepat daripada mengunduh kupon dan lebih mudah diselesaikan pelanggan di tempat penjualan. Biasanya, kode-kode kupon ini terdiri dari kombinasi angka dan huruf unik merek.

4. Diskon Otomatis

Diskon yang diterapkan secara otomatis saat checkout semakin populer karena konsumen tidak perlu melakukan apa pun untuk menerima diskon. Ini bekerja dengan baik untuk perusahaan e-commerce karena retail online menarik pelanggan dengan tawaran diskon.

 

 

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Kupon Digital?

1. Jenis Kupon Digital

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggunakan kupon digital sebagai strategi marketing Anda adalah jenisnya. Anda bisa memilih ingin menerapkan jenis kupon yang sesuai dengan bisnis Anda, target pelanggan hingga model diskon atau penawaran yang akan Anda berikan melalui kupon digital tersebut.

2. Syarat Kupon Digital

Pemberian syarat dengan jelas dan tidak ribet akan semakin membuat pelanggan ingin menggunakan kupon digital tersebut. Misalnya, untuk mendapatkan diskon dari kupon digital tersebut pelanggan harus melakukan transaksi sebesar nominal tertentu, atau dalam periode waktu tertentu. Jangan lupa untuk menyertakan masa berlaku penggunaan kupon digital tersebut.

3. Brand Recognition

Selain faktor-faktor dalam voucher itu sendiri, Anda juga perlu memperhatikan seperti apa reputasi brand image bisnis Anda dikenal oleh kalangan umum. Hal ini juga menentukan sukses tidaknya penggunaan kupon digital sebagai strategi marketing Anda. Sederhananya, jika ada bisnis yang belum dikenal banyak orang, atau mungkin punya reputasi yang kurang baik, keinginan pelanggan untuk menggunakan kupon digital Anda pasti berkurang, meskipun kupon yang Anda tawarkan cukup besar.

4. Tracking Analytics and Measurement

Jika Anda memulai menjalankan kupon digital secara masif tanpa melakukan pemantauan, Anda tidak akan bisa mengukur sukses tidaknya kupon digital Anda. Oleh karena itu, setiap pemberian kupon digital harus menggunakan tools analytics and measurement untuk membantu Anda melihat siapa saja yang menggunakan kupon digital tersebut, kapan dan dimana mereka melakukannya. Data dari tracking ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika ingin menggunakan kupon digital  selanjutnya agar lebih optimal.

 

Benefit Menggunakan Kupon Digital di Aptana

 

Penggunaan kupon digital memiliki banyak manfaat, baik dari sisi pebisnis maupun end-user. Dari sisi end-user, tentu sangat menarik perhatikan karena penawaran yang diberikan melalui kupon digital biasanya sangat besar dibanding penawaran melalui channel lainnya. Selain itu juga saat mengakses ataupun penukarannya terbilang cukup mudah.

Sementara dari sisi pebisnis, kupon digital jelas memberikan revenue yang cukup tinggi karena penawarannya terlihat lebih menggiurkan bagi pelanggan. Smentara biaya yang dikeluarkan oleh Anda terbilang hemat dan efisien karena disebarkan melalui digital. 

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan kupon digital di Aptana adalah, Anda dapat menyambungkan dan mengintegrasikan dengan channel bisnis yang Anda dimiliki. Ada juga fitur analytics and measurement yang akan mengontrol dan mengukur penyebaran kupon digital Anda, sehingga Anda dapat mengetahui channel yang paling efektif dari promosi Anda.

Ingin konsultasi gratis? Klik di sini sekarang.

Punya pertanyaan tentang layanan kami?

Konsultasi Gratis