Loading Aptana

Kode OTP: Pengertian, Kegunaan dan Contohnya

Kode-OTP-Pengertian-Kegunaan-dan-Contohnya

Kode OTP adalah sebuah kode pengaman yang diberikan kepada pengguna saat akan melakukan login pada aplikasi atau sistem tertentu. Kode OTP ini digunakan untuk mengamankan sebuah akun pengguna agar pemilik kode yang hanya bisa melakukan login/masuk kes sistem. Agar lebih memahami, berikut penjelasan hingga contoh kode OTP untuk Anda

Daftar isi

Apa itu Kode OTP?

Jenis-jenis Kode OTP

  1. SMS OTP
  2. Missed Call OTP
  3. Email OTP
  4. Whatsapp OTP

Kelebihan Kode OTP untuk Bisnis Anda

  1. Mudah Digunakan
  2. Lebih Aman
  3. Dapat Perlindungan Ekstra Saat Transaksi
  4. Terhindar Dari Password yang Lemah
  5. Sulit Ditebak

Cara Kerja Kode OTP

Contoh Kode OTP

Tingkatkan Keamanan Pelanggan Melalui Kode OTP Aptana

Apa itu Kode OTP?

Kode OTP atau On Time Password merupakan sebuah kode rahasia sementara yang hanya dapat digunakan satu kali saja. Kode rahasia ini berubah setiap 30 atau 60 detik, tergantung bagaimana token dikonfigurasi.

Tidak seperti kata sandi tradisional yang tetap statis atau kedaluwarsa setiap 30 hingga 60 hari, kode OTP ini digunakan untuk satu transaksi atau sesi login saja. Dengan kata lain. kode OTP dapat menggantikan informasi login autentikasi atau dapat digunakan sebagai tambahan untuk menambahkan lapisan keamanan lainnya.

Umumnya, kode OTP ini berisi string karakter numerik atau alfanumerik yang dibuat secara otomatis yang mengautentikasi pe ngguna untuk satu transaksi atau sesi login.

Jenis-jenis Kode OTP

1. SMS OTP

SMS OTP merupakan kode OTP yang dikirimkan lewat pesan singkat ke handphone pengguna.  SMS OTP bisa dibilang adalah salah satu cikal bakal dari kode OTP yang masih digunakan hingga saat ini. SMS OTP sangat mudah digunakan karena tidak membutuhkan data internet. Bahkan beberapa perusahaan yang menggunakan kode OTP SMS sebagai verifikasi keamanan tidak membutuhkan pulsa. 

2. Missed Call OTP

Missed Call OTP adalah langkah verifikasi dengan menggunakan panggilan telepon untuk mengirimkan kode OTP. Cara kerjanya yaitu pengguna akan dikirimkan kode OTP melalui panggilan telepon yang tidak perlu diangkat. Kode OTP yang dikirimkan merupakan nomor beberapa digit dari penelpon.

Baca juga: Kenali Cara Kerja dan Kegunaan Missed Call OTP

3. Email OTP

Sesuai namanya, Email OTP merupakan kode OTP yang dikirimkan ke email pengguna yang sudah didaftarkan. Kode OTP ini tidak hanya berisi kode berupa angka saja, tetapi email yang diterima juga berisi tautan link yang dapat diklik dan mengarahkan pengguna langsung ke halaman verifikasi.

4. Whatsapp OTP

Seiring perkembangan teknologi, kode OTP juga ikut berkembang melalui Whatsapp OTP. Melalui Whatsapp OTP, pengguna akan secara otomatis mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui Whatsapp. Pengguna  tidak lagi bergantung pada provider telekomunikasi, tetapi melalui data internet. 

Kelebihan Kode OTP untuk Bisnis Anda

1. Mudah Digunakan

Umumnya, kode OTP akan dikirimkan melalui pesan singkat SMS, Whatsapp ataupun Missed Call OTP. Hal ini membuat kode OTP mudah digunakan dan diakses oleh pengguna karena mereka sudah familiar. Selain itu, pengguna juga tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk menerima ataupun mengakses kode OTP.

2. Lebih Aman

Sesuai dengan namanya OTP atau One Time-Password, jadi kode OTP ini bersifat sementara dan hanya dapat digunakan satu kali saja. Ditambah dengan durasinya yang hanya 30-60 detik membuat kode OTP menjadi lebih aman untuk digunakan

3. Dapat Perlindungan Ekstra Saat Transaksi

kode otp untuk keamanan transaksi

Kode OTP umumnya memang hanya terbatas pada beberapa kepentingan yang sifatnya transaksional. Misalnya login akun jual beli, akun bank, pinjaman uang online, dan sebagainya. Dengan menggunakan kode OTP untuk autentifikasi, pengguna akan mendapatkan perlindungan ekstra saat transaksi karena kerahasiaannya dan keamanannya.

4. Terhindar Dari Password yang Lemah

Kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh orang adalah mengatur password yang lemah. Hal ini membuat akun digital atau sistem tertentu pengguna dapat dengan mudah dibobol. Menggunakan kode OTP termasuk dalam langkah autentikasi dua faktor. Dalam artian, pengguna harus melakukan verifikasi untuk mendapatkan akses ke sebuah akun digital atau sistem tertentu. Sehingga kode OTP akan membantu pengguna terhindar dari upaya login yang dilakukan oleh orang lain. 

5. Sulit Ditebak

Kode OTP merupakan langkah verifikasi yang aman karena dibuat menggunakan algoritma khusus yang rumit. Selain itu, waktu verifikasi kode OTP juga sangat singkat. Hal ini membuat peretas akan kesulitan untuk menebak kemungkinan kode yang hanya memiliki empat hingga enam digit tersebut. 

Cara Kerja Kode OTP

Cara kerja kode OTP cukup sederhana, otomatis dan hanya membutuhkan beberapa menit atau bahkan beberapa detik saja.  Perlu diketahui jika kode OTP bisa bekerja karena terdapat atau melewati dua komponen penunjang yaitu OTP generator dan authentication server.

  1. Komponen pertama yaitu OTP generator. Komponen ini akan mengirimkan kode OTP unik kepada pengguna yang ingin melakukan log in ke akun digital atau sistem tertentu. Kode yang dikirimkan biasanya berisi empat hingga enam digit angka acak yang hanya berlaku dalam hitungan menit atau detik saja. Setelah mendapatkan kode ini, pengguna kemudian diminta untuk memasukan kode OTP yang sudah dikirimkan agar segera diverifikasi oleh server.
  2. Komponen kedua dari sisi server atau authentication server. Pada komponen atau tahap kedua ini,server autentifikasi bertugas untuk melakukan verifikasi kode OTP yang sudah dikirimkan ke pengguna melalui OTP generator. Authentication server selanjutnya akan menerima permintaan verifikasi dari pengguna yang telah memasukkan kode OTP yang diberikan. Setelah proses ini selesai, server kemudian meresponnya dengan melakukan verifikasi jika kode OTP yang dimasukan sesuai.

Perlu diingat jika pengguna kehabisan waktu untuk memasukan kode OTP, maka akan secara otomatis hangus dan tidak bisa digunakan lagi. Akan tetapi pengguna dapat meminta kembali kode OTP baru untuk melakukan verifikasi.

Untuk memudahkan pengguna menginput kode OTP, saat ini sudah banyak aplikasi yang secara otomatis memasukan kode OTP, dengan catatan nomor handphone berada pada device yang sama. Artinya, ketika  OTP dikirimkan ke nomor pengguna, makan aplikasi pada handphone akan mendeteksi kode tersebut dan memasukkannya langsung secara otomatis.

Contoh Kode OTP

Kode OTP banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, terutama pada industri perbankan. Hal ini karena kode OTP yang sangat bersifat rahasia dan juga aman untuk pengguna melakukan berbagai macam transaksi.

contoh kode otp

Sebagai contoh pada Bank Indonesia (BI) ataupun bank lainnya yang menerapkan kode OTP sebagai langkah pengamanan transaksi, khususnya pada transaksi online. Seiring perkembangan teknologi dan peminat transaksi online yang juga ikut bertumbuh, penggunaan kode OTP pada industri perbankan juga ikut terus meluas. 

Begitupun pada industri e-commerce yang banyak menggunakan kode OTP sebagai langkah keamanan. Misalnya ketika pengguna bertransaksi online menggunakan aplikasi ecommerce yang sifatnya sangat sensitif. Aplikasi tersebut akan mengirimkan kode OTP ke nomor atau email yang sudah didaftarkan pada aplikasi tersebut.

Tingkatkan Keamanan Pelanggan Melalui Kode OTP Aptana

Aptana merupakan perusahaan digital marketing yang telah melayani ratusan bisnis sejak 2015 dengan berbagai layanan promosi dan advertising. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing, kami membantu mitra bisnis kami untuk selalu terhubung dengan pelanggannya, termasuk dalam hal menjaga keamanan pelanggan melalui layanan kode OTP seperti SMS OTP dan Missed Call OTP.

Layanan kode OTP Aptana memudahkan Anda untuk mengirim kode verifikasi secara cepat dan aman kepada pelanggan.

Berikut beberapa kelebihan Kode OTP Aptana:

  1. Validasi nomor telepon akan lebih efektif karena sistem kode OTP Aptana akan mengingatkan user untuk memasukkan nomor telepon yang aktif agar proses verifikasi dapat berjalan
  2. Budget lebih terukur karena biaya hanya dikenakan untuk setiap success delivery report saja
  3. Lebih mudah melakukan Integrasi data dengan menggunakan sistem API
  4. Tersedia di semua operator besar seperti Telkomsel, Indosat Tri , XL, dan Axis
  5. Sistem keamanan tingkat tinggi dengan penggunaan fitur dynamic password
  6. Terdapat real time report yang membuat hasil dapat diketahui lebih cepat dan transparan
  7. Terdapat dashboard interaktif sehingga membuat prosesnya lebih gampang dan mudah

Ingin konsultasi lebih lanjut? Klik di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan