Ada beberapa penelitian yang membuktikan jika SMS memiliki tingkat open rate hingga 98%. Selain itu, 75% orang mengungkapkan bahwa mereka senang menerima tawaran pemasaran melalui SMS. Ini berarti campaign yang Anda jalankan pada SMS blast akan memberikan tingkat keterbukaan dan respons yang lebih tinggi.
Meski saat ini media pemasaran sudah berkembang dan memiliki banyak channel, tetapi SMS masih sangat efektif untuk menjalankan promosi. Sebab jika dibandingkan dengan media promosi lain, SMS memiliki sifat yang lebih personal karena pesan yang dikirimkan akan sesuai dengan target Anda. Hal ini membuat penerimanya akan merasa jika pesan tersebut khusus ditujukan untuk mereka.
Daftar isi:
Kelebihan SMS Blast untuk Bisnis Anda
- Menjangkau Semua Jenis Handphone
- Biayanya yang Murah
- Prosesnya Cepat dan Langsung Diterima Oleh Konsumen
- Lebih Mobile-friendly
- Meningkatkan Engagement dan Conversion Konsumen
- Biaya yang Dikeluarkan
- Pengiriman yang Sukses dan Bouce Rate
- Luas Wilayan yang Bisa Dijangkau
- Ketersediaan Report dan Analytic
- Mudah Digunakan dan Terintegrasi
Pengertian SMS Blast
SMS blast merupakan pesan text yang dikirimkan ke nomor dengan jumlah besar yang menggunakan automated text messaging system. Menggunakan SMS.
SMS Blast adalah pesan teks SMS massal yang dikirim ke sejumlah besar nomor ponsel secara bersamaan melalui sistem pesan teks otomatis. Menggunakan SMS blast adalah cara sederhana dan hemat biaya untuk berkomunikasi secara real time dengan sejumlah besar pengguna ponsel. Anda dapat mengirim pesan te ke ratusan atau bahkan ribuan pelanggan SMS Anda secara bersamaan.
Kelebihan SMS Blast untuk Bisnis Anda
1. Menjangkau Semua Jenis Handphone
Salah satu keuntungan menggunakan SMS Blast sebagai media promosi dibanding, pemasaran digital lainnya adalah Anda bisa menjangkau audiens Anda di semua jenis handphone.
Baik smartphone ataupun bukan, pasti memiliki aplikasi SMS. Tidak peduli sistem operasi apa yang Anda gunakan pada handphone Anda, secara otomatis fitur SMS sudah tertanam ketika Anda membeli baru. Sehingga pesan yang Anda kirimkan dapat menjangkau calon konsumen lebih banyak.
2. Biayanya yang Murah
Jika dibandingkan dengan strategi marketing offline lainnya seperti baliho, iklan tv yang membutuhkan biaya yang besar, melalui SMS blast Anda bisa lebih menghemat biaya iklan. Biaya yang dikeluarkan saat menggunakan SMS blast biasanya jauh lebih terjangkau.
Meski biaya yang dikeluarkan terbilang murah, namun SMS blast termasuk efektif dalam hal menjalankan promsi.
3. Prosesnya Cepat dan Langsung Diterima Oleh Konsumen
SMS blast tidak membutuhkan banyak media, sehingga prosesnya dapat dilakukan dengan cepat. Pesan yang dikirim juga akan sampai ke customer dengan cepat. Setidaknya, waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah 3 menit.
Selain itu, SMS yang Anda targetkan ke konsumen Anda akan langsung diterima oleh konsumen dengan tingkat baca hingga 97% dalam pengiriman 15 menit.
4. Lebih Mobile-friendly
Tidak bisa dipungkiri jika aktivitas banyak orang saat ini ada pada handphone atau mobile phone. Oleh karena itu, mampu menghadirkan bisnis Anda sebagai mobile-friendly sangatlah penting. SMS adalah salah satu fitur yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat mobile.
Semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler mereka untuk melakukan hal-hal seperti berbelanja dan menjelajah. Anda tidak ingin kehilangan eksposur semacam itu.
5. Meningkatkan Engagement dan Conversion Konsumen
SMS tidak hanya memberi Anda pilihan untuk lebih terlibat dengan pelanggan Anda.Namun juga dapat memberi pelanggan Anda cara untuk terlibat dengan Anda.
Promosi yang dikirimkan lewat SMS membuat mereka merasa bahwa bisnis Anda lebih mudah diakses dan juga membuat bisnis Anda lebih menjadi bagian dari kehidupan mereka.
Selain itu hadirnya bisnis Anda di ponsel mereka mendorong mereka untuk mengingat Anda dan akan berdampak pada peningkatan nilai konversi pada bisnis Anda.
Tips Memilih Jasa SMS Blast
Setelah mengetahui apa itu SMS Blast dan seberapa bermanfaat untuk bisnis Anda, langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah memilih jasa SMS blast yang paling cocok dan tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggunakan sebuah layanan jasa SMS Blast, yaitu:
1. Biaya yang Dikeluarkan
Salah satu aspek terpenting yang harus Anda perhatikan ketika memilih penyedia jasa SMS blast adalah biaya. SMS Blast tergolong cara yang murah dan mudah untuk menjalankan promosi. Sehingga Anda perlu mengetahui sejak awal biaya per SMS yang akan dikenakan ketika Anda menggunakan suatu jasa SMS Blast.
Anda harus memilih penyedia layanan yang terbuka tentang biaya terkait dengan produk yang Anda gunakan. Pastikan Anda mengajukan pertanyaan sebanyak mungkin tentang biaya atau harganya. Mulai dari biaya operasi, harga massal, dan juga harga per SMS nya.
2. Pengiriman yang Sukses dan Bouce Rate
Anda harus paham jika sistem komunikasi bulk atau massal, seperti SMS mengandalkan kecepatan dan penyampaian pesan. Hal ini bergantung pada berapa banyak SMS yang perlu dikirim. Beberapa layanan pengirimannya dapat berlangsung beberapa menit bahkan hingga beberapa jam.
Selama waktu pengiriman ini, akan ada kemungkinan pesan anda mengalami bounce atau pesan Anda tidak terkirim ke penerima. Hal ini tentu saja tidak optimal dan menunjukkan layanan yang Anda gunakan akan membuang-buang budget pemasaran Anda.
Untuk menghindari ini, Anda harus meminta data statistik tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sistem suatu penyedia jasa SMS blast, serta berapa banyak pesan yang bisa dikirimkan dalam satu kali.
3. Luas Wilayan yang Bisa Dijangkau
Ketika Anda menjalankan promosi, khususnya untuk SMS Blast, Anda tentu ingin menjangkau sebanyak dan seluas mungkin audiens. Oleh karena itu, sebuah penyedia layanan SMS Blast tidak boleh membatasi layanan hanya ke wilayah tertentu saja.
Sebuah jasa SMS Blast harus bisa menjangkau ke wilayah manapun yang ingin Anda targetkan, bahkan ke luar negeri sekalipun. Sebab tidak bisa dipungkiri jika ada banyak peluang bisnis dan konsumen potensial di berbagai wilayah.
4. Ketersediaan Report dan Analytic
Report dan fitur analytic adalah dua hal yang tidak boleh terlupakan ketika Anda menjalankan sebuah campaign atau promosi. Dari fitur inilah Anda bisa mendapatkan banyak informasi, seperti kapan pesan dikirimkan, berapa banyak yang gagal, berapa banyak pesan Anda yang dibuka, hingga berapa banyak pelanggan yang membalas pesan adalah informasi penting.
Ini semua adalah metrik penting yang ingin Anda miliki dalam sistem SMS Blast. Ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakan dan menyesuaikan pesan Anda sesuai dengan itu, seperti mengetahui apakah penawaran atau pengumuman tertentu lebih baik dengan pasar Anda.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menanyakan ketersediaan report dan fitur analytic pada jasa SMS Blast yang akan Anda gunakan.
5. Mudah Digunakan dan Terintegrasi
Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika memilih jasa SMS Blast adalah layanan yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan CRM yang ada, program loyalitas, serta aplikasi dan infrastruktur lainnya.
Selain itu, kemudahan dalam menggunakannya juga menjadi hal yang tidak boleh Anda abaikan. Anda tentu tidak ingin menjalankan campaign atau promosi lewat SMS Blast dengan cara yang rumit, bukan?
Jasa SMS Blast Aptana
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang marketing dan promosi, Aptana menyediakan berbagai layanan promosi berbasis SMS untuk bisnis Anda. seperti location-based-advertising, targeted, SMS bulk dan masih banyak lagi.
Kenapa Memilih Aptana?
- Menjangkau calon konsumen yang relevan dan tepat sesuai dengan target market Anda
- Masking sender atau nama pengirim SMS dibuat sesuai brand Anda sehingga lebih kredibel dan dipercaya oleh konsumen
- Menjangkau banyak operator seluler
- Dapat dikirim dalam berbagai bentuk format, seperti teks, gambar atau video maupun pesan pop-up
- Berpengalaman dalam memberikan pelayanan extra sebagai agency yang kredibel untuk ratusan bisnis sejak 2015
- Seluruh layanan kami memiliki laporan detail dan transparan sehingga Anda dapat mengambil keputusan berbasis data
Ingin konsultasi GRATIS terlebih dahulu? Silahkan hubungi di sini.