Loading Aptana

Jangan Salah! Begini Cara Beriklan Di Facebook Ads Dengan Tepat

Jangan-Salah-Begini-Cara-Beriklan-Di-Facebook-Ads-Dengan-Tepat

Facebook Ads saat ini tidak hanya digunakan sebagai media bersosialisasi di dunia kaya saja. Seiring perkembangannya, banyak pebisnis yang  telah menjadikan Facebook Ads sebagai salah satu strategi marketing. Akan tetapi, belum banyak pebisnis yang paham cara beriklan di Facebook Ads dengan tepat.

Artikel ini akan membahas apa saja langkah-langkah atau cara beriklan di Facebook Ads dengan tepat, hingga tipe-tipe iklan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Pengertian Facebook Ads

Tipe-tipe Iklan di Facebook Ads

  1. Tipe Iklan Berdasarkan Format
  2. Tipe Iklan Berdasarkan Penempatan

Langkah-langkah Beriklan di Facebook Ads

  1. Buat Akun Ads
  2. Buka Pengelola Iklan Facebook
  3. Mulai Membuat Iklan

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads adalah sebuah platform periklanan dari jejaring sosial dari Facebook yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui publikasi atau iklan teks, gambar, hingga video.

Menjalankan iklan di Facebook Ads lebih sederhana dibandingkan dengan iklan mesin pencari. Hal ini membuat Facebook Ads menjadi channel yang banyak digunakan oleh pebisnis, baik UMKM maupun startup hingga big company untuk melakukan promosi. 

Tipe-tipe Iklan di Facebook Ads

Facebook Ads menyediakan beragam fitur ads dengan berbagai format.. Penting untuk Anda ketahui tipe-tipe iklan yang ada di Facebook agar Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dengan format iklan yang ingin dijalankan serta penempatanya

1. Tipe Iklan Berdasarkan Format

a. Image Ads

Tipe yang pertama adalah image ads yang merupakan tipe iklan yang paling dasar dari Facebook Ads. Pada tipe ini Anda menggunakan single picture untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand Anda, 

Facebook menawarkan Anda menggunakan gambar tunggal untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand Anda. tipe iklan ini dapat digunakan di berbagai jenis iklan, penempatan, dan rasio tinggi lebar. 

b. Video Ads

Iklan video di Facebook memungkinkan Anda menggunakan satu video untuk menampilkan produk, layanan, atau brand Anda. Tipe iklan ini sangat cocok untuk mengiklankan demo produk, tutorial dan review karena sifatnya yang menampilkan elemen bergerak

Video ads bisa berdurasi hingga 240 menit. Namun bukan berarti  Anda harus menggunakan waktu tersebut Video yang lebih pendek biasanya lebih menarik. Facebook merekomendasikan untuk tetap menggunakan video di bawah 15 hingga 30 detik.

c. Carousel Ads

Iklan carousel adalah sebuah iklan Facebook yang memunkikan Anda menampilkan gambar atau video hingga 10 dalam satu konten. Masing-masing slide memiliki judul, deskripsi, hingga CTA atau link sendiri.

Tipe iklan ini sangat cocok digunakan untuk menampilkan sejumlah produk yang berbeda. Meski berada pada postingan yang sama, setiap gambar dapat memiliki landing page nya sendiri

d. Instant Experience Ads

Instant Experience Ads, atau yang sebelumnya dikenal sebagai Canvas Ads merupakan iklan interaktif khusus seluler yang memungkinan pengguna terlibat dengan konten yang Anda promosikan di Facebook.

Tipe ads ini memungkikan pengguna untuk mengetuk melalui tampilan carousel gambar, menggeser layar ke arah berbeda. Selain itu konten Ands juga dapat diperbesar atau diperkecil

 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Facebook menyarankan untuk menggunakan 5-7 gambar dan video di setiap konten iklan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan template siap pakai agar dapat menghemat waktu.

Baca juga: Social Media Ads 101: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

2. Tipe Iklan Berdasarkan Penempatan

a. Feed

Tipe iklan Feed ini merupakan penempatan ads yang paling dasar di Facebook. Iklan Anda akan muncul di beranda atau feed pengguna. Dalam menjalankan ads ini, Anda memiliki opsi untuk menentukan apakah iklan Anda masuk ke desktop, seluler, atau keduanya.

Iklan Feed ini biasanya memiliki Click Through Rate (CTR) yang lebih tinggi dan biaya per konvers lebih rendah. Selain itu, penempatan iklan di feed juga lebih baik untuk memikat orang yang belum mengenal produk atau brand Anda.

b. Story

Tipe iklan ini menempatkan ads di antara Story orang-orang di Facebook. Story Ads dapat berupa gambar, carousel hingga video. Anda dapat menggunakan berbagai format ads pada Story untuk menampilkan produk, layanan atau brand Anda. Sertakan gerakan dan suara untuk menarik perhatian dengan cepat dan menampilkan fitur unik produk atau menceritakan kisah merek Anda.

Penempatan ads ini menghasilkan tingkat keterlibatan awal yang tinggi dan merupakan cara terbaik untuk mendorong brand awareness. Sebab iklan ini memiliki format foto atau video vertikal layar penuh khusus seluler yang memungkinkan Anda memaksimalkan bidang layar tanpa mengharapkan pemirsa mengalihkan layarnya.

c. Messenger

Messenger Ads dikirimkan ke fitur messenger pengguna sehingga iklannya terlihat lebih personal karena seperti pesan biasa.  Saat pengguna mengklik iklan di kotak masuk mereka, mereka melihat tampilan mendetail dengan tombol CTA yang ditentukan dalam Messenger.

Pada tipe iklan ini, Anda dapat menargetkannya ke pengguna yang sudah memiliki percakapan dengan dan sudah tertarik dengan merek Anda. Mereka juga memberi Anda kemampuan untuk mengirim pesan promosi kapan saja, bahkan di luar jendela 24 jam biasa setelah pengguna terlibat dengan chatbot Anda.

d. Marketplace

Marketplace merupakan tempat yang disediakan Facebook dimana pengguna bisa menemukan, membeli dan menjual produk. Pengguna bisa menelusuri penawaran, mencari item yang dijual dan sekitar mereka, atau menemukan produk yang bisa dikirimkan.

Marketplace merupakan tempat yang disediakan Facebook dimana pengguna bisa menemukan, membeli dan menjual produk. Pengguna bisa menelusuri penawaran, mencari item yang dijual dan sekitar mereka, atau menemukan produk yang bisa dikirimkan.

Penempatan iklan di Marketplace Facebook dapat meningkatkan conversion sebab tipe iklan ini menargetkan pengguna yang sudah memiliki intent untuk membeli  bukan mereka yang hanya memiliki minat umum pada suatu produk atau layanan. Selain itu, sebagian besar produk pasar dibeli dan dijual secara lokal, jadi ini adalah penempatan iklan yang ideal untuk layanan lokal dan bisnis fisik.

e. Search Result

Setiap harinya ada jutaan pencarian di Facebook Search. Pencarian ini dapat menjadi peluang bagi Anda untuk menjangkau dan terhubung dengan audiens. Anda dapat menggunakan format single image, carousel hingga video untuk ads tipe ini.

Karena iklan tipe ini muncul di hasil pencarian Facebook, termasuk pencarian Marketplace, maka kesempatan audiens yang sudah tertarik untuk melihat iklan Anda akan semakin besar. Hal ini juga akan memperbesar audiens untuk melakukan konversi.

f. In-stream Videos

Facebook In-stream Video ads memungkinkan Anda menayangkan iklan video atau gambar kepada orang-orang yang menonton video di Facebook dari penerbit yang sudah dikenal dan pembuat konten digital pertama.

Selain itu, iklan Anda juga dapat muncul di live stream Facebook dari grup tertentu dari mitra game, hiburan, dan olahraga yang disetujui. Tapi perlu diingat jika iklan ini hanya muncul di perangkat seluler dan hanya setelah 60 detik dari konten video utama.

g. Instant Articles Ads

Instant Articles Ads Facebook merupakan tipe iklan yang dioptimalkan khusus untuk perangkat seluler. Dalam artian, tipe iklan ini dapat disajikan dalam format besar khusus seluler (pada dasarnya seluruh halaman web) yang menampilkan artikel yang memuat cepat dengan gambar dan video.

Iklan Anda akan ditampilkan langsung pada beranda seluler, dan memungkinkan konten ditampilkan tanpa membawa pengguna ke situs web atau aplikasi eksterna. Tipe iklan ini juga lebih murah daripada penempatan lainnya.

Langkah-langkah Beriklan di Facebook Ads

1. Buat Akun Ads

Langkah pertama beriklan di Facebook Ads adalah dengan membuat akun ads itu sendiri. Akun ini berbeda dengan akun personal pada umumnya. Saat Anda mendaftar pertama kali ke Facebook, Anda diberikan ID akun iklan pribadi secara default. Anda dapat melihat ID ini dengan membuka Pengelola Iklan dan melihat di pojok kiri atas.

Untuk menggunakan Pengelola Iklan Facebook, Anda memerlukan metode pembayaran terverifikasi dan juga Halaman Facebook atau menjadi admin, editor, atau pengiklan di halaman orang lain.

Jika Anda tidak memiliki Halaman untuk bisnis Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah Facebook untuk menyiapkannya. Setiap Halaman yang Anda buat akan secara otomatis diberikan akun iklan.

Jika ada Halaman yang ingin Anda iklankan yang dibuat oleh orang lain, Anda perlu meminta admin Halaman untuk menetapkan Anda sebagai admin, editor, atau peran pengiklan di Halaman tersebut.

Jika Anda sudah memiliki akun iklan untuk Halaman Anda tetapi ingin membuat yang baru, Anda harus memiliki akun Pengelola Bisnis. Setelah mendaftar ke Pengelola Bisnis, Anda dapat membuat akun iklan baru.

2. Buka Pengelola Iklan Facebook

Semua kampanye iklan Facebook dijalankan melalui alat Pengelola Iklan Facebook.. Langkah-langkah ini untuk menggunakannya di komputer desktop atau laptop.

Cara termudah untuk menemukan Pengelola Iklan Facebook adalah dengan mengklik dan menandai tautan langsung ini. Anda akan dibawa langsung ke Pengelola Iklan Facebook untuk akun iklan pribadi Anda. Jika Anda mengelola lebih dari satu akun iklan, gunakan menu drop-down akun untuk memilih akun yang tepat.

Untuk menavigasi ke Pengelola Iklan langsung dari halaman bisnis Anda, arahkan ke bilah sisi kiri dan klik panah tarik-turun "Pusat Iklan" dari halaman Facebook mana pun, lalu pilih "Semua Iklan" dari tarik-turun. Di bagian bawah halaman itu, ada opsi untuk mengklik "Pengelola Iklan".

Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Akun Iklan Facebook Anda, di mana akan ada ikhtisar singkat tentang akun iklan Anda. Jika Anda memiliki akses ke lebih dari satu akun iklan, pilih akun tempat Anda ingin menjalankan iklan.

Jika Anda lebih suka menggunakan perangkat seluler, ada aplikasi Pengelola Iklan Facebook yang tersedia untuk Apple dan Android.

3. Mulai Membuat Iklan

Setelah Anda melakukan dua langkah utama di atas, sekarang saatnya membuat iklan Facebook Anda. Anda dapat menggunakan postingan yang sudah ada atau memulai dari awal.

Di tahap ini, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut sebelum iklan Anda ditayangkan:

a. Menentukan Objective Campaign

Facebbok menawarkan 6 objective pemasaran berdasarkan apa yang ingin dicapai

Facebook menawarkan 6 objective pemasaran utamaberdasarkan apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh iklan Anda.

  • Awareness: Perkenalkan merek Anda ke audiens baru. Goal ini sangat bagus untuk menjangkau orang banyak, brand awareness, video views, hingga kunjungan toko offline
  • Traffic: Arahkan lalu lintas ke halaman web, aplikasi, atau percakapan Facebook Messenger tertentu.
  • Engagement: Jangkau khalayak luas untuk meningkatkan jumlah keterlibatan postingan atau pengikut Halaman, tingkatkan kehadiran di acara Anda, atau dorong orang untuk mengklaim penawaran khusus.
  • Lead Generation: Dapatkan prospek baru ke dalam saluran penjualan Anda.
  • App Install: Minta orang untuk memasang aplikasi Anda.
  • Sales Ajak orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs web Anda (seperti berlangganan daftar Anda atau membeli produk Anda), dengan aplikasi Anda, atau di Facebook Messenger.

b. Beri Nama Campaign

Berikan nama campaign pada Facebook Ads Anda

Setelah menentukan objective, langkah selanjutnya adalah memberikan nama campaign Facebook Ads Anda. Di sini, Anda juga akan diminta untuk menyatakan apakah iklan Anda cocok dengan kategori khusus seperti kredit atau politik. Selain itu Anda juga dapat memilih A/B test. a/B test ini memungkinkan Anda untuk menjalankan iklan dengan versi berbeda setelah dipublikasikan.

Scroll-down sedikit lebih jauh untuk memilih apakah akan mengaktifkan Anggaran Kampanye Keuntungan. Anda ini dapat digunakan jika Anda ingin menjalankan beberapa set iklan. Namun jika belum membutuhkan, anda dapat menonaktifkannya.

c. Tentukan Ad Set, Budget Hingga Jadwal Tayang Iklan

tentukan ad set, budget, hingga jadwal tayang

Seperti yang terlihat di gambar, di bagian atas terdapat pilihan untuk memberikan nama dan memilih Page mana yang akan dipromosikan. Setelah itu, Anda menentukan berapa banyak anggaran yang akan dibelanjakan pada campaign. Anda dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup.  Tahap selanjutnya adalah menentukan kapan campaign akan mulai berjalan, dan berhenti

tentukan biaya ads

Pilihan untuk menentukan jadwal ini merupakan salah satu cara yang paling efisien untuk membelanjakan anggaran Anda. Sebab, Anda memiliki pilihan untuk menayangkan iklan Anda kapanpun. 

d. Targetkan Audiens dan Penempatan Iklan

targetkan audiens dan penempatan iklan

Masih pada tahap ad set, scroll-down untuk mulai membangun audiens target untuk iklan Anda. Anda bisa memulai dengan memilih target lokasi, usia, jenis kelamin, dan bahasa Anda. Setelah itu, Anda bahkan dapat memilih untuk menyertakan atau mengecualikan kota dengan ukuran tertentu. Anda juga memiliki pilihan untuk dapat memprioritaskan orang yang baru-baru ini menunjukkan minat pada produk atau layanan yang Anda jual.

Setelah menetapkan audiens, scroll down untuk memilih di mana iklan Anda akan muncul. akan tetapi jika Anda baru mengenal Facebook Ads, pilihan paling mudah adalah menggunakan Penempatan Advantage.

advantage placement facebook ads 

Saat Anda memilih opsi ini, Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan Anda di fitur-fitur Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Setelah Anda telah memiliki lebih banyak pengalaman, Anda mungkin ingin memilih Penempatan Manual. Opsi ini memungkinkan Anda dapat mengontrol penuh dimana iklan Anda akan ditempatkan. Semakin banyak penempatan yang Anda pilih, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk menjangkau audiens target Anda.

e. Buat atau Pilih Konten yang Ingin Diiklankan

Tahapan ini menjadi tahapan terakhir sebelum Anda benar-benar menayangkan iklan Anda. Di tahap ini Anda menentukan konten yang ingin dipublikasikan. 

pilh konten yang ingin diiklamkan pada facebook ads

Di tahap ini Anda akan ditawarkan ingin menggunakan konten yang sudah ada atau tidak. Selain itu Anda juga dapat memilih format konten single image or video, carousel  hingga collection. Format konten yang tersedia ini akan bervariasi berdasarkan tujuan kampanye yang Anda pilih di awal proses ini.

Setelah semua tahapan selesai, Anda kemudian sudah bisa mempublikasikan iklan Anda.

Jalankan Facebook Ads dengan Mudah Lewat Aptana

Menjalankan iklan di Facebook Ads memang tidak semudah kelihatannya. Anda perlu benar-benar memahami bagaimana cara kerja Facebook Ads itu sendiri agar dapat berjalan dengan maksimal.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin beriklan di Facebook Ads tetapi belum paham cara yang tepat. Aptana hadir untuk membantu Anda.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Digital Marketing, Aptana telah berpengalaman membantu para pebisnis untuk selalu saling terhubung dengan customer melalui berbagai media pemasaran, termasuk Facebook Ads.

Terlebih saat ini kami secara resmi telah menjadi Meta Business Partner, sehingga kami memiliki akses ke berbagai manfaat yang dirancang khusus oleh Meta Facebook untuk meningkatkan perkembangan dan kinerja kami agar dapat selalu membantu dan menyelesaikan masalah promosi Anda, khususnya di ruang lingkup Meta Facebook.

Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan