Loading Aptana

Ingin Menggunakan Instagram Ads? Kenali 6 Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Ingin-Menggunakan-Instagram-Ads-Kenali-6-Manfaatnya-untuk-Bisnis-Anda

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat beberapa tahun belakangan membawa pengaruh yang besar, termasuk dalam dunia bisnis. Berbagai platform media sosial yang awalnya dibuat sebagai media komunikasi di dunia maya ternyata membawa banyak manfaat bagi pebisnis, salah satunya Instagram Ads.

Instagram Ads belakangan menjadi salah satu media promosi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan sebuah bisnis. Instagram memiliki  miliar pengguna Instagram aktif setiap bulan, dan rata-rata pengguna menelusuri platform selama 53 menit setiap hari. Dengan penggunaan seperti itu, Instagram Ads dapat membantu Anda memperluas jangkauan secara signifikan.

Namun bagaimana agar iklan yang Anda jalankan di Instagram Ads dapat berjalan secara optimal? Temukan jawabannya di artikel berikut.

Daftar isi

Apa itu Instagram Ads?

Tipe-tipe Instagram Ads

  1. Berdasarkan Placement
  2. Berdasarkan Format

Kenapa Harus Menggunakan Instagram Ads?

  1. Membangun Brand Awareness
  2. Terdapat Opsi Advanced-Targeting
  3. Meningkatkan Engagement Rate
  4. Mendorong Traffic, Leads & Sales
  5. Performa Iklan Mudah Diukur dan Dilacak
  6. Membangun Audiens dan Komunitas

Jalankan Instagram Ads Dengan Tepat Lewat Aptana

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah sebuah layanan berbayar dari Instagram yang memungkinkan Anda menampilkan konten promosi dan menjangkau audiens lebih luas. Konten berbayar ini dapat ditempatkan di berbagai fitur Instagram, mulai dari feed, story, explore, dan lainnya.

Instagram mulai menawarkan layanan berbayar ini setelah Facebook mengakuisisinya pada 2013. Tidak butuh waktu lama, pada 2015, Instagram membuka iklan untuk semua bisnis, dan pada 2017 memiliki 1 juta pengiklan di platform tersebut.

Iklan Instagram memungkinkan Anda memilih jenis iklan yang sesuai. Setiap variasi membantu Anda menjangkau pengguna Instagram secara berbeda. Anda dapat memilih satu atau menggabungkan berbagai jenis iklan untuk membuat postingan Anda unik, menarik, dan menjangkau luas.

Tipe-tipe Instagram Ads

1. Berdasarkan Placement

Instagram Ads berdasarkan penempatan dapat menjangkau target pasar dengan menempatkan iklan Anda di berbagai fitur Instagram. Berikut beberapa tipe Instagram Ads berdasarkan penempatan

a. Feed Ads

Bagian paling mendasar dari Instagram Anda adalah Feed Ads. Tipe iklan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan semua jenis atau format iklan seperti single image, carousel, video, shopping hingga collection.

Hal terbaik tentang tipe iklan ini adalah Anda hanya akan tahu bahwa postingan adalah iklan ketika mereka melihat kata "Bersponsor". Itu karena Feed Ads ini muncul di dalam feed organik platform.

b. Story Ads

Seperti namanya, iklan ini muncul di bagian Instagram Stories dan memungkinkan Anda untuk menggunakan iklan video, foto, carousel, dan koleksi.

Karena Story hanya berlangsung selama 24 jam, Story Ads populer untuk bisnis yang menawarkan strategi pemasaran eksklusif. Anda juga dapat menggunakan iklan semacam itu untuk memberikan rasa urgensi pada target pasar Anda.

Misalnya, Anda dapat memposting Story Ads  saat meluncurkan penawaran untuk waktu yang terbatas. Saat pelanggan atau pengikut melihat iklan, mereka akan bertindak cepat agar dapat memanfaatkan promo Anda.

c. Explore Ads

Tipe iklan ini akan muncul di Explore Ads dan hanya berformat iklan video dan gambar. Karena Instagram mengkurasi konten untuk setiap pengguna, Explore Ads sangat bertarget. Konten Anda akan muncul di bagian Explore pengguna yang berada dalam demografi target Anda dan minat serupa. Jadi penting untuk benar-benar mengatur penargetan audiens Anda.

d.  Reels Ads

Rels ads Instagram adalah fitur terbaru dari platform ini. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dan berbagi video pendek yang mirip dengan Instagram Story, tetapiReels akan tetap tayang selama lebih dari 24 jam.

Meskipun Anda hanya dapat menggunakan iklan video di bagian ini, Anda juga dapat membuatnya tampak seperti postingan Reels organik dengan menambahkan musik atau audio ke video berdurasi 30 detik.

2. Berdasarkan Format

a. Single Image Ads

Instagram merupakan platform media sosial yang dikenal sebagai platform berbasis gambar, jadi iklan gambar adalah yang paling umum. Forma iklan mni memungkinkan Anda untuk memasarkan layanan, produk, atau merek Anda menggunakan satu gambar.

Perlu diingat jika aspek rasio yang digunakan pada format iklan ini bisa kotak 1:1, horizontal 16:9, atau vertikal 4:5. Agar lebih maksimal, pastikan visual foto yang disajikan menonjol dan menarik serta terdapat informasi yang ingin disampaikan ke audiens sesuai dengan goal Anda.

b. Carousel Ads

Tipe iklan ini memungkinkan Anda untuk dapat mempromosikan beberapa postingan foto. Anda dapat membuat pengguna tetap terlibat pada iklan yang sama karena mereka dapat menggeser dan melihat melalui 2 gambar atau lebih. Menggunakan iklan ini bisa menjadi alternatif yang lebih praktis jika satu video atau foto saja tidak cukup.

c. Video Ads

Video memiliki tingkat penayangan yang lebih tinggi daripada media lain. Hal ini yang membuat iklan video Instagram populer untuk banyak merek. Anda dapat mengarahkan pemirsa ke platform video lain menggunakan iklan Instagram yang dapat bertindak sebagai teaser

Video ini biasanya berdurasi 30-60 detik, jadi sebaiknya ubah konten iklan Anda agar sesuai dengan tujuannya. Penayangan Anda dapat meningkat dalam beberapa menit jika promosi dilakukan dengan benar, karena pemirsa akan menyukai konten video yang menawan dan kreatif.

d. Shopping Ads

Fitur Instagram Shopping Ads 

Tipe iklan satu ini mungkin terbatas pada merek dengan Instagram Checkout yang diaktifkan. Namun fitur e-commerce terbaru ini terkenal memberikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna. Mereka tidak lagi harus keluar dari aplikasi Instagram untuk melihat dan membeli produk Anda.

Jika Anda belum memiliki fitur ini, sebagai gantinya, Anda dapat mengarahkan pengguna ke halaman deskripsi produk bisnis Anda di dalam aplikasi Instagram. Namun, Anda harus menyiapkan katalog Belanja Instagram sebelum menjalankan iklan Belanja.

e. Collection Ads

Selain di Shopping Ads, Anda juga dapat menggunakan katalog produk untuk memamerkan merek Anda melalui Colection Ads. Di sini, pengguna akan diarahkan ke etalase Pengalaman Instan Instagram, yang memungkinkan mereka membeli produk langsung dari iklan.

Collection Ads dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan, menjelajahi, dan membeli produk dan layanan Anda dari perangkat seluler mereka.

Baca juga: Social Media Ad 101: Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Kenapa Harus Menggunakan Instagram Ads?

1. Membangun Brand Awareness

Sudah menjadi rahasia umum jika Instagram Ads memainkan peranan penting bagi banyak perusahaan, terutama dalam hal meningkatkan brand awareness, dan bisnis online. Bahkan banyak pebisnis yang memulai bisnis baru hanya dari pengikutnya saja.

Instagram Ads memiliki berbagai fitur dan opsi iklannya untuk menjangkau audiens yang luas, dan meningkatkan brand awareness. Saat menjalankan iklan di Instagram, ada banyak objective atau goal campaign yang dapat dipilih, namun brand awareness harus selalu menjadi objective pertama yang digunakan. Terlebih jika bisnis Anda baru berkembang atau baru memulai beralih ke digital.

2. Terdapat Opsi Advanced-Targeting

Sebagai bagian dari ekosistem Meta, Instagram memiliki akses untuk menjalankan opsi Advanced Targeting untuk menjalankan iklan. Dengan kata lain, Instagram Ads telah memiliki kemampuan yangs ama dengan Facebook untuk menargetkan audiens secara lebih baik. Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mengiklankan kepada orang berdasarkan lokasi, perilaku, minat, dan usia, mirip dengan apa yang ditawarkan iklan Facebook.

Saat Anda menggunakan opsi Advanced Targeting, Anda dapat menargetkan audiens tertentu yang telah memiliki kecenderungan untuk membeli produk Anda.

Opsi pernargetan ini juga bahkan mmeungkinkan Anda untuk melakukan retargeting atau remarketing kepada audiens yang telah mengetahui atau melihat bisnis dan produk Anda. Mereka mungkin juga orang yang belum melakukan pembelian tetapi telah mengunjungi situs web Anda.

3. Meningkatkan Engagement Rate

Instagram saat ini menjadi salah satu platform social media yang paling populer. Hal ini terbukti dengan tingginya Engagement Rate atau keterlibatan pengguna. Sebuah studi dari Yotpo, salah satu platform ecommerce, menemukan jika orang-orang terlibat dengan konten bermerek di Instagram 58 kali lebih banyak daripada di Facebook, dan 120 kali lebih banyak daripada Twitter.

Masih dari laporan yang sama, tingkat keterlibatan paling tinggi untuk postingan di Instagram adalah postingan foto, kemudian diikuti oleh carousel, lalu video. Hal ini tentu saja menurut konten yang dipromosikan, industri Anda, dan penargetan audiens. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui lebih dulu kebutuhan bisnis Anda. Namun yang pasti gambar dan video produk Anda menarik secara visual dan sesuai merek sehingga dapat membantu mendorong lebih banyak pembelian.

Salah satu cara untuk memulai meningkatkan Engagement Rate adalah dengan memanfaatkan konten buatan pengguna atau User Generate Content (UGC). Jika Anda a Anda belum memiliki konten UGC, mulailah tren hashtag untuk mendorong pengikut Anda berkontribusi dan membagikannya. Selain itu, ajukan pertanyaan di postingan Anda, lalu sisihkan anggaran iklan untuk memperluas jangkauan dan visibilitas nya ke audiens baru.

4. Mendorong Traffic, Leads & Sales

Instagram Ads tidak hanya bertujuan untuk membangun brand awareness saja. Ketika bisnis atau produk Anda sudah cukup kuat, Anda dapat menggunakan Instagram Ads untuk memungkinkan pengguna langsung membeli produk tanpa meninggalkan platform.

Selain itu, Anda juga dapat dapat menggunakan Instagram Ads untuk mendatangkan traffic ke website Anda lewat CTA yang langsung mengarahkan audiens ke situs Anda. Ketika pengguna mengklik tombol, itu dapat mengarahkan mereka ke situs web Anda, di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

Instagram Ada menawarkan Anda untuk menjalankan iklan sesuai dengan objective atau goal yang ingin dicapai. Masing-masing objective ini memiliki CTA yang mengarahkan ke website, mengunjungi profil, atau mengisi form, dan yang lainnya.

5. Performa Iklan Mudah Diukur dan Dilacak

Fitur insight instagram ads 

Mengetahui kinerja dan performa iklan sangat penting agar Anda tahu seberapa efektif iklan yang Anda jalankan. Instagram menyediakan fitur Instagram Insight yang sangat mudah untuk dibaca sebagai fitur awal, bahan untuk Anda yang baru terjun di Instagram Ads.

Untuk melihat insight Instagram Ads secara lebih advanced, Anda dapat menggunakan Meta Ads Manager untuk menganalisis dan mengoptimalkan kinerja Anda.

Selain perfroma iklan, Instagram Ads juga memungkinkan Anda melihat ROI yang jelas. Anda dapat memeriksa biaya per hasil pada setiap kampanye yang Anda jalankan, termasuk klik tautan untuk menghasilkan konversi.

Mengetahui poin data ini akan membantu Anda mengukur kesuksesan Anda karena Anda dapat melihat berapa banyak biaya untuk mencapai hasil tersebut. Terlebih lagi, Anda dapat menguraikan hasil untuk mengetahui dari mana atau dari siapa mereka berasal: perangkat mana, wilayah mana, rentang usia mana, jenis kelamin mana, dll.

6. Membangun Audiens dan Komunitas

Audiens menjadi salah satu hal utama dari Instagram Ads. Saat ini, sebuah bisnis dapat mencapai lebih banyak dan mengumpulkan data audiens secara langsung lewat Instagram Ads. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan iklan atau membangun audiens atau komunitas yang terlibat dengan bisnis dan merek Anda tanpa batas.

Bukan rahasia lagi bahwa merek yang memiliki pengikut memiliki peluang sukses yang lebih tinggi, apa pun metrik yang ditargetkan saat audiens target menggunakan Instagram.

Menjalankan Instagram Ads, berarti Anda perlu menambah jumlah pengikut Anda terlebih dahulu. Hasilnya, Anda dapat membangun audiens Anda, yang berarti Anda dapat membuat lebih banyak Instagrammer terlibat dengan konten Anda. Semakin banyak keterlibatan yang Anda terima dapat meningkatkan peluang menciptakan lebih banyak pelanggan yang membeli karena mereka menjadi lebih akrab dengan merek Anda.

Jalankan Instagram Ads Dengan Tepat Lewat Aptana

Social Media Marketing menjadi sangat penting saat ini. Itu sebabnya menggunakan Instagram Ads dapat memperkuat strategi digital marketing Anda Anda dapat menggunakannya untuk menargetkan audiens tertentu, terlibat dengan mereka, dan meningkatkan brand awareness.

Namun untuk menjalankannya dengan optimal, Anda perlu sesorang yang benar-benar ahli dalam menjalankan Instagram Ads. Jika Anda belum memiliki orang ahli tersebut, Anda bisa menggunakan Aptana

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing, Aptana telah terbukti dapat membantu ratusan pebisnis untuk selalu saling terhubung dengan customernya lewat beragam media promosi dan advertising, termasuk Instagram Ads.

Dengan penargetan yang sesuai dengan kebutuhan dan dijalankan oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya, promosi Anda akan ditargetkan kepada orang-orang yang potensial

Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan