Loading Aptana

Bagaimana Memulai Strategi Mobile Marketing yang Tepat?

Strategi mobile marketing menggunakan mobile dalam beberapa tahun belakangan ini sering muncul dalam pembicaraan publik. Strategi marketing ini dimulai dengan menggunakan SMS, yang hingga saat ini juga masih sering digunakan. Yang menjadi pertanyaan apa sebenarnya strategi marketing menggunakan mobile ini dan kenapa hal ini menjadi penting untuk para pebisnis? Lalu bagaimana strategi yang tepat?

Mobile marketing adalah segala jenis aktivitas pemasaran yang mempromosikan produk dan layanan melalui perangkat seluler, seperti tablet dan ponsel cerdas. Mobile marketing memanfaatkan fitur teknologi seluler modern, termasuk layanan lokasi, untuk menyesuaikan kampanye pemasaran berdasarkan lokasi individu. Cakupan mobile marketing  berupa promosi yang dikirim melalui pesan teks SMS, pesan multimedia MMS, melalui aplikasi yang diunduh menggunakan push notification, melalui pemasaran dalam aplikasi atau dalam game, melalui situs web seluler, atau dengan menggunakan perangkat seluler untuk memindai kode QR dan lain sebagainya pada perangkat seluler.

Keuntungan Mobile Marketing

Berdasarkan sebuah riset, pengguna ponsel menghabiskan hampir 90% waktunya di aplikasi mobile. Hal ini membuat smartphone mendominasi saluran komunikasi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab tampilan dan jumlah konten di smartphone yang telah disederhanakan membuat para pengguna merasa lebih nyaman. Selain itu, smartphone lebih kecil dan ringan dibanding perangkat komputer, sehingga pengguna dapat dengan mudah membawanya dan melakukan transaksi dimanapun mereka berada menggunakan ponsel mereka.

Berbicara tentang online yang berhubungan dengan pemasaran, mobile marketing memang jauh lebih mudah untuk diakses para pengguna. Anda tidak memerlukan teknologi tingkat tinggi atau pengalaman teknis yang signifikan untuk memulainya. Sebagai tambahan mobile marketing lebih mudah untuk mengukur keberhasilan kampanyenya.

Dari segi biaya, mobile marketing juga terbilang hemat. Ada berbagai opsi yang Anda bisa pilih untuk menyesuaikan anggaran bisnis. Namun dampak yang diperoleh sangat signifikan jika dibanding dengan biaya yang dikeluarkan. Misalnya menggunakan iklan media sosial yang jauh lebih murah daripada memasang iklan di radio atau televisi.

Yang tak kalah penting adalah, Anda dapat menjangkau customer Anda secara real-time menggunakan mobile marketing dimanapun mereka berada. Sedangkan pemasaran melalui radio atau televisi hanya berfungsi ketika pelanggan berada di depan televisi atau menyalakan radio.

Baca Juga: Mengenal Mobile Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Tips Strategi Mobile Marketing dan Bagaimana Memulainya

1. Lakukan Riset Market

Tak ada sesuatu yang bisa berkembang dengan pesat tanda adanya riset yang dilakukan. Anda bisa melakukan riset mengenai demografi calon customer yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan melakukan riset market ini, Anda akan mendapatkan banyak informasi seperti kebutuhan customer, situs dan aplikasi yang sering mereka gunakan dan lain sebagainya yang nantinya akan membantu Anda mengembangan mobile marketing agar tepat sasaran. 

2. Buat Campaign yang  Mobile-Friendly

Mobile marketing menggunakan ponsel sebagai media pemasarannya. Sehingga semua campaign yang dibuat harus responsif terhadap ponsel atau juga biasa disebut sebagai mobile-friendly. Dengan kata lain, suatu campaign yang dijalankan, baik melalui website, push-notification dan sebagainya dioptimasi khusus untuk perangkat mobile. Dari segi ukuran, layout hingga kontennya dapat secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses.

3. Lakukan Pemasaran Berdasarkan Lokasi

Pemasaran berbasis lokasi merupakan layanan promosi yang penyebarannya dilakukan dalam lokasi yang dapat Anda targetkan. Anda bisa mengatur campaign yang dijalankan melalui beberapa platform berbasis lokasi seperti Foursquare, Gowalla dan Facebook Places. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menjalankan campaign Anda secara lebih luas, seperti menawarkan diskon potongan harga, dan lain sebagainya.

4. Eksplor Lebih Dalam

Untuk benar-benar merasakan dan memahami mobile marketing, Anda harus benar-benar mengeksplor diri lebih dalam pengalaman tersebut. Mulailah gunakan platform berbasis lokasi ke mana pun Anda pergi, check-in, gunakan berbagai aplikasi yang tersedia untuk membayar di restoran atau toko kelontong, melihat iklan, melakukan berbagai pencarian suara. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan bagaimana orang mungkin menggunakan perangkat seluler mereka untuk melakukan transaksi dan beraktivitas. Ini dapat membantu Anda merancang kampanye mobile marketing dengan lebih efisien lagi.

5. Mulailah Menjalankan Ad Campaign

Setelah melakukan eksplorasi dan Anda telah memahami cara kerja mobile marketing, tak ada yang lebih tepat selain Anda mulai menjalankannya untuk bisnis Anda sendiri. Ada berbagai cara agar kampanye mobile marketing Anda dapat dijalankan dan dibayar. Ini termasuk biaya tetap untuk menjalankan iklan selama jangka waktu tertentu, atau berdasarkan biaya per klik (CPC), biaya per seribu, atau biaya per akuisisi. Facebook, Google, Apple, Instagram, dan platform sosial lainnya semuanya menawarkan kemampuan untuk memulai kampanye mobile marketing Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Hadirnya channels mobile marketing sebagai salah satu strategi marketing menjadi angin segar untuk bisnis Anda yang ingin menjangkau konsumen secara lebih personal tapi tetap mempromosikan bisnis Anda. Masih bingung bagaimana menerapkan strategi mobile marketing yang tepat? Konsultasikan gratis sekarang di sini.

 

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan