Loading Aptana

Apa itu Google Ads? Kenali Pengertian dan Keuntungannya untuk Bisnis Anda

Apa-itu-Google-Ads-Kenali-Pengertian-dan-Keuntungannya-untuk-Bisnis-Anda

Tahukah Anda, terdapat 3,8 juta pencarian setiap menitnya di Google. Meskipun saat ini terdapat banyak mesin pencari lainnya seperti Bing, Yandex, Baidu, dan yang lainnya, Google sejauh ini masih merupakan pemimpin dalam hal pencarian mesin pencari. Setidaknya, sekitar 90,46% pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia di miliki oleh Google

Orang-orang banyak melakukan pencarian pada Google untuk mencari berbagai informasi, produk, dan hal-hal lainnya. Jika Anda mempertimbangkan untuk membelanjakan sejumlah uang untuk iklan agar dapat menjangkau audiens target Anda, sebaiknya Anda membelanjakannya di tempat yang tepat, yaitu Google Ads.

Daftar Isi

Pengertian Google Ads

Jenis-jenis Google Ads

  1. Google Search Ads
  2. Google Display Ads
  3. Google Video Ads
  4. Google Shopping Ads
  5. Google App Ads

Keuntungan Menggunakan Google Ads

  1. Menjangkau Audiens Lebih Besar
  2. Menargetkan Audiens yang Tepat dan Spesifik
  3. Campaign Dapat Dikontrol dan Dioptimasi Sendiri
  4. Budget Dapat Dikontrol
  5. Meningkatkan Brand Awareness
  6. Meningkatkan Conversion
  7. Campaign Dapat Dimonitor dan Diukur

Berapa Biaya Google Ads?

Kesimpulan

Pengertian Google Ads

Google Ads adalah sebuah platform dari Google yang menawarkan iklan berbayar untuk setiap bisnis atau pengguna Google yang ingin mengiklankan produknya. Platform ini memungkinkan Anda membuat iklan online untuk menjangkau audiens yang tertarik dengan produk atau layanan Anda di semua channel Google.

Faktanya, saat ini orang-orang menggunakan Google untuk mencari apapun di Google. Setiap pencarian yang dilakukan pengguna ini menawarkan peluang bagi Anda untuk menampilkan bisnis atau produk yang Anda tawarkan di lebih banyak pengguna.

Cara kerja Google Ads berdasarkan Pay per Click (PPC). Artinya, Anda harus membayar setiap kali pengunjung mengklik iklan Anda yang muncul..

Jenis-jenis Google Ads

Google merupakan sebuah perusahaan raksasa global yang berfokus pada jasa dan produk internet. Google memiliki berbagai produk atau channel, mulai dari pencarian, website, perangkat lunak hingga periklanan di berbagai situs. Lewat Google Ads, Anda bisa menjangkau berbagai channel Google untuk menjalankan iklan Anda. Beberapa jenis-jenis Google Ads antara lain:

1. Google Search Ads

Google Search Ads merupakan iklan teks yang muncul di halaman hasil mesin pencari Google (SERP). Ketika Anda menjalankan iklan pada jenis Google Ads ini, iklan Anda akan muncul di bagian atas pada hasil penelusuran organik atau di bagian paling bawah halaman pertama hasil pencarian. Apakah kampanye iklan Anda ditampilkan di bagian atas atau bawah SERP tergantung pada harga tawaran Anda. Semakin banyak Anda menawar, semakin baik visibilitas yang Anda dapatkan.

Jenis Google Ads ini bekerja dengan menargetkan kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna atau biasa disebut sebagai search intent. Sehingga Anda dapat menjangkau pembeli saat mereka menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Google Display Ads

Sesuai namanya, Google Display Ads merupakan iklan google berbasis visual gambar. Berbeda dengan Google Search Ads yang berbasis text dan berdasarkan target keyword, Google Display Ads memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang potensial untuk tertarik dengan produk Anda namun tidak melakukan aktivitas pencarian pada Google Search.

Pada Google Display Ads, iklan Anda akan ditayangkan pada seluruh channel Google. Anda biasanya dapat melihat Display Ads saat menjelajahi website favorit. Mereka juga dapat muncul di akun Gmail, aplikasi, atau video Anda tetapi dalam berbentuk gambar. 

Google Display Ads dapat membantu Anda memperkenalkan bisnis Anda kepada audiens target tertentu yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda jual tetapi belum berniat untuk mencarinya di google.Selain itu , menggunakan Google Display Ads dapat mendorong traffic situs, prospek bahkan hingga penjualan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dibandingkan hanya menggunakan iklan penelusuran. 

3. Google Video Ads

Jenis iklan satu ini mungkin menjadi salah satu iklan yang paling sering kita jumpai, terutama ketika mengakses Youtube. Seperti yang kita tahu, Youtube merupakan salah satu dari sekian banyak channel yang dimiliki Google, yang juga bekerja seperti mesin pencari khusus untuk video. Sehingga, Anda dapat menargetkan calon pelanggan Anda di YouTube berdasarkan apa yang mereka tonton. Dan dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, Anda memiliki cukup banyak audiens untuk ditargetkan.

Meskipun video ads Anda di-hosting di Youtube, tetapi iklan Anda dapat muncul di Youtube dan di seluruh website dan aplikasi yang berjalan di Google Video Partner, bergantung pada format iklan dan setelan campaign yang Anda pilih. Selain itu, penempatan video ads Anda juga dapat dipilih, bisa ditempatkan pada sebelum video utama, di pertengahan atau setelah video utama selesai.

4. Google Shopping Ads

Google Ads - google shopping ads

Pernahkah Anda melakukan pencarian produk atau barang di Google dan menemukan hasil pencarian seperti gambar di bawah di atas? Ini merupakan contoh dari Google Shopping Ads.

Google Shopping Ads merupakan iklan berbasis produk. Mereka ditampilkan secara khusus untuk pencarian produk di Google. Berbeda dengan hasil penelusuran Google Search Ads, Google Shopping Ads menampilkan gambar produk beserta judul produk, harga, nama toko, dan ulasannya. Pada dasarnya, mereka memberi pembeli informasi produk penting bahkan sebelum mereka mengunjungi toko online.

Jenis Google Ads ini paling baik digunakan untuk meningkatkan lalu lintas ke toko e-commerce Anda dan meningkatkan penjualan. Sebab, Iklan yang menarik secara visual biasanya akan berkinerja lebih baik daripada iklan penelusuran biasa.

5. Google App Ads

Apakah bisnis Anda memiliki aplikasi seluler? Melalui Google App Ads, Anda dapat mempromosikannya dengan campaign app di seluruh properti terbesar Google, termasuk Google Play, YouTube, Penelusuran, dan Google Display Network.

Jenis Google Ads satu ini cukup berbeda dari yang lainnya. Anda tidak perlu  membuat iklan individual untuk kampanye Aplikasi. Sebaliknya, iklan Anda akan secara otomatis dirancang untuk Anda.

Anda hanya perlu memasukan beberapa copy text, starting bid atau penawaran awal, anggara hingga bahasi dan lokasi untuk campaign Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa aset HTML5 jika relevan dengan bisnis Anda. Kemudian, Google Ads akan mengadaptasi info ini untuk berbagai iklan di berbagai format dan jaringan.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Google Ads memungkinkan Anda memanfaatkan berbagai iklan online, mulai dari menampilkan iklan Anda kepada orang yang tepat, di tempat yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google Ads

1. Menjangkau Audiens Lebih Besar

Google menawarkan berbagai channelnya untuk Anda dapat menjalankan iklan. Selain itu dengan pengguna Google yang mencapai lebih dari 4 miliar orang di seluruh dunia, Anda dapat menjangkau audiens lebih besar dari yang sebelumnya. Dengan menjangkau audiens yang lebih besar, kesempatan Anda untuk mendatangkan potensial customer juga akan lebih besar.

2. Menargetkan Audiens yang Tepat dan Spesifik

Menjalankan campaign di Google Ads tidak hanya membuat Anda dapat menjangkau audiens yang besar, tetapi juga audiens yang tepat. Google Ads secara khusus memiliki fitur untuk Anda dapat menargetkan audiens yang tepat dan spesifik. Mulai dari demografi, ketertarikan, aktivitas, dan lain sebagainya. 

3. Campaign Dapat Dikontrol dan Dioptimasi Sendiri

Alasan lain kenapa Google Ads sangat menguntungkan untuk bisnis Anda, karena iklan dapat dikontrol dan dioptimasi sesuai dengan goal yang ingin dicapai. Dengan Google Ads, Anda dapat membuat dan menjalankan campaign untuk setiap prospek di setiap customer journey dan marketing funnel yang Anda miliki. Selain itu, campaign juga dapat disesuaikan dengan creative dan content yang ingin Anda jalankan.

4. Budget Dapat Dikontrol

Selain Anda dapat mengontrol campaign Anda untuk menyesuaikan goal, Anda juga dapat mengontrol biaya yang keluar. Google Ads mengatasi Google Ads mengatasi masalah pemborosan pengeluaran dengan memberi Anda kendali penuh atas bagaimana uang Anda akan dibelanjakan. Anda dapat menargetkan kata kunci tertentu, menetapkan jumlah tawaran, dan menetapkan batas anggaran harian. Lebih penting lagi, Anda hanya dikenakan biaya ketika iklan diklik.

google ads

5. Meningkatkan Brand Awareness

Kebanyakan orang ketika mendengar istilah Google Ads berfikir hanya untuk meningkatkan traffic melalui PPC di halaman hasil mesin pencari. Namun Google Ads sebenarnya lebih fleksibel dari itu. Seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat menjalankan campaign sendiri dan menyesuaikan dengan goal yang ingin dicapai, termasuk meningkatkan brand awareness.

Melalui berbagai channel dari Google Ads, bahkan calon customer yang tidak melakukan klik akan tetap melihat brand Anda, apa yang Anda tawarkan dan yang lainnya menyangkut bisnis Anda. Anda bahkan memprioritaskan brand awareness dengan memilih untuk menampilkan iklan Anda kepada lebih banyak orang.

6. Meningkatkan Conversion

Tujuan utama dari sebuah bisnis melakukan campaign atau menjalankan iklan adalah agar dapat meningkatkan nilai konversi atau penjualan. Melalui Google Ads, Anda akan mendapatkan hal tersebut.

Google Ads bekerja dengan memberikan Anda hasil terbaik sesuai dengan strategi yang Anda jalankan. Semakin baik strategi yang dijalankan, hasil yang akan dicapai juga akan semakin bagus. Dengan kata lain, semakin banyak audiens yang dapat Anda jangkau, potensial customer yang akan melakukan konversi juga akan semakin besar.

7. Campaign Dapat Dimonitor dan Diukur

Hal yang tidak kalah penting yang akan Anda dapatkan ketika menjalankan iklan lewat Google Ads adalah, campaign yang dijalankan dapat monitor dan diukur tingkat keberhasilannya. Google Ads menawarkan alat untuk mengelola dan memantau akun iklan Anda dengan mudah. Alat ini membantu Anda untuk melihat sejauh mana iklan yang dijalankan tayang. Alat ini dapat membantu Anda mengevaluasi campaign yang sedang atau telah lewat dan memberikan insight seputar apa yang harus diperbaiki untuk campaign selanjutnya.

Berapa Biaya Google Ads?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengeluaran biaya anggaran Google Ads dihitung berdasarkan berapa klik yang didapatkan. Biaya rata-rata untuk beriklan di Google bergantung pada faktor-faktor seperti industri Anda, penargetan kampanye, dan jaringan iklan. Tidak ada satu jawaban untuk semua pertanyaan umum, “Berapa biaya Google Ads?” Itu karena Google Ads adalah platform iklan yang benar-benar dapat disesuaikan.

Anda memiliki kontrol sepenuhnya atas berapa banyak yang Anda belanjakan dan kapan Anda membelanjakannya, dan Anda dapat menambah atau mengurangi pembelanjaan iklan Anda secara real-time sesuai keinginan Anda. Itulah mengapa fleksibilitas harga Google Ads adalah salah satu manfaat terbesarnya.

Hanya saja, secara umum perusahaan besar  menjalankan campaign di Google Ads dengan rata-rata biaya 50 hingga lebih dari 100 juta perbulannya. Ini membuat hasil yang didapatkan juga lebih maksimal.

Kesimpulan

Google Ads menjadi salah satu platform iklan yang sangat menguntungkan untuk pebisnis saat ini. Sebab, Google Ads memungkinkan Anda untuk mengenalkan dan mempromosikan produk dan layanan Anda saat pengguna menelusuri kata kunci yang relevan. Jika dilakukan dengan benar, ini berpotensi meningkatkan prospek dan penjualan. Namun jika Anda belum memahami bagaimana cara kerja Google Ads, Anda dapat mempercayakan campaign Anda melalui Aptana. 

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing, kami  menyediakan layanan promosi berbasis mobile dengan hasil yang lebih efektif dan terukur, salah satunya Google Ads. Melalui pendekatan berdasarkan data, campaign dijalankan dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda dan target audiens yang potensial, sehingga hasil yang dicapai lebih maksimal.

Konsultasi GRATIS sekarang di sini.

Cari tahu bagaimana Aptana membantu
promosi anda

Jadwalkan Demo Layanan